4 Alasan Kenapa Bulu Ketiak Cepat Tumbuh

Keberadaan bulu ketiak sering membuat tidak percaya diri. Banyak cara yang sudah dilakukan untuk menghilangkan bulu ketiak. Akan tetapi, bulu ketiak cepat sekali tumbuh kembali. Kenapa bulu ketiak cepat tumbuh? Tentunya ada alasan bulu ketiak cepat tumbuh kembali.

Proses Pertumbuhan Bulu Ketiak

Agar mengetahui alasan kenapa bulu ketiak cepat tumbuh, tentunya Anda harus memahami proses pertumbuhannya.

Munculnya bulu ketiak adalah salah satu tanda pubertas yang terjadi pada remaja pada umumnya. Pada awalnya, bulu ketiak akan tumbuh dengan tekstur halus dan beukuran pendek. Seiring berjalannya waktu, pada umumnya bulu ketiak ini akan semakin lebat dan panjang.

Selain pertumbuhan bulu ketiak, kelenjar apokrin yang memproduksi keringat pada area ketiak juga ikut mengalami perkembangan. Akibatnya, keringat yang bercampur dengan bakteri di sela-sela rambut ketiak bisa menyebabkan bau badan jika tidak dibersihkan secara teraktur.

Salah satu cara yang biasa dilakukan untuk menjaga kebersihan ketiak adalah dengan menghilangkan atau mencukur bulu ketiak. Namun, setelah dicukur bulu ketiak ini cepat sekali tumbuh. Kenapa bulu ketiak cepat tumbuh? Tentu Anda perlu mengetahui alasannya.

Alasan Bulu Ketiak Cepat Tumbuh

Beberapa alasan kenapa bulu ketiak cepat tumbuh adalah sebagai berikut:

1. Mencukur

Apakah mencukur bulu ketiak dapat melebatkan? Setelah dicukur, bulu ketiak akan tampak tumbuh lebih cepat.

Hal tersebut dikarenakan potongan pada helai bulu-bulu ketiak dekat dengan permukaan kulit. Sehingga, bulu akan tumbuh langsung dari permukaan, akibatnya bulu tersebut akan tampak lebih cepat tumbuh.

Jika cara menghilangkan bulu ketiak dengan mencabut, misalnya menggunakan teknik waxing, maka bulu tersebut akan tercabut mulai dari akarnya, bukan dipangkas seperti halnya mencukur.

Bulu yang tercabut dari akarnya akan memerlukan waktu lebih lama untuk tumbuh lagi ke permukaan kulit karena pertumbuhan dimulai lagi dari folikel.

Baca Juga :  Cara Membersihkan Bulu Ketiak dengan Aman

2. Ketidakseimbangan Hormon

Bulu atau rambut yang tumbuh lebih cepat di bagian tubuh manapun biasanya disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan hormon androgen. Kondisi ini merupakan hal yang alami pada tubuh pria ataupun wanita, namun jumlahnya berbeda.

Jika kadar hormon testosterone naik, maka akan berakibat pada pertumbuhan rambut yang lebih cepat dan banyak.

3. Gejala PCOS

Kenapa wanita memiliki bulu ketiak? Salah satu alasannya kemungkinan karena adanya PCOS.

Polycystic ovary syndrome  (PCOS) merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh adanya ketiakseimbangan hormon reproduksi pada wanita usia subur. Sindrom ini pada umumnya akan menimbulkan masalah pada ovarium yang bertugas menghasilkan telur setiap bulan.

Wanita yang mengalami PCOS ini kemungkinan akan mengalami beberapa gejala, salah satunya adalah pertumbuhan rambut yang cepat, termasuk pertumbuhan bulu ketiak perempuan. Namun, setiap wanita bisa saja mengalami gejala yang berbeda.

4. Tumor 

Sebenarnya penyebab yang satu ini jarang sekali terjadi. Namun, jika bulu ketiak tiba-tiba tumbuh lebih cepat dan lebar, disertai dengan peningkatan kadar testosterone dan hormon DHEAS, maka ada kemungkinan tumbuhnya tumor.

Pemeriksaan tersebut hanya bisa diketahui melalui tes darah. Hormon DHEAS yang meningkat tersebut menjadi penyebab bulu cepat tumbuh. Biasanya pada kasus seperti ini, tumor terjadi di kelenjar adrenal atau ovarium.

Perlu diingat bahwa pertumbuhan bulu ketiak yang cepat tidak selalu berarti terjadi gangguan kesehatan. Namun, jika dirasa mengganggu atau tidak normal, maka ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter.

Pada umumnya, bulu ketiak yang lebat diturunkan dari orang tua. Secara umum, pertumbuhan rambut ketiak rata-rata 0,27 mm per hari. Namun, bisa jadi berbeda pada masing-masing orang karena disebabkan banyak faktor. Itulah penjelasan kenapa bulu ketiak cepat tumbuh.

Baca Juga :  Ketiak Gatal, Penyebab dan Cara Mengatasinya

About admin

Check Also

pencukur bulu ketiak

Pencukur Bulu Ketiak : Tips Memilih Alat yang Baik!

Memilih alat pencukur bulu ketiak yang tepat sangat dibutuhkan. Jika Anda menggunakan alat pencukur bulu …

Leave a Reply

Your email address will not be published.