4 Cara Agar Ketiak Tetap Kering Sepanjang Hari

Setelah beraktivitas dan ditambah dengan cuaca yang panas sering membuat keringat banyak keluar. Salah satu bagian yang sering berkeringat adalah ketiak. Tentunya situasi ini membuat Anda tidak nyaman. oleh karena itu Anda perlu mengetaui cara agar ketiak tetap kering.

Cara Agar Ketiak Tetap Kering

Agar setelah beraktivitas ketiak tidak basah, Anda bisa melakukan cara agar ketiak tetap kering berikut.

1. Menggunakan Antiperspiran

Cara agar ketiak tetap kering yang sudah diketahui banyak orang adalah dengan menggunakan antiperspirant atau deodorant. Tahukah Anda jika keduanya memiliki fungsi yang berbeda?

Pada umumnya deodorant digunakan untuk mengatasi bau badan dengan efek harum yang ditimbulkan produk ini. Sedangkan antiperspirant lebih digunakan untuk menyetop keluarnya keringat.

Jika ingin mencegah ketiak basah, Anda bisa menghentikan penggunaan deodorant dan beralih menggunakan antiperspirant. Penggunaan antiperspirant ini terutama setelah mandi. Antiperspirant mampu membunuh bakteri penyebab bau badan.

Selain itu, obat ketiak basah ini juga bisa menghalangi produksi keringat berlebih dari kelenjar keringat di ketiak. Perlu diingat jika antiprespiran hanya bekerja sementara waktu saja, sehingga Anda perlu mengulangi penggunaannya.

2. Minum Air Putih

Meskipun sering disepelekan, faktanya minum air putih dalam jumlah yang cukup adalah cara agar ketiak tidak basah yang efektif. Hal ini dikarenakan tubuh memperoleh cairan dalam jumlah yang cukup, sehingga suhu tubuh akan menurun dan menjadi lebih dingin.

Kondisi ini tentunya akan membantu kelenjar keringat untuk menghasilkan keringat dalam jumlah normal, atau tidak terlalu banyak. Patuhi anjuran jumlah konsumsi minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan setiap harinya.

3. Mencukur Bulu Ketiak

Mencukur bulu ketiak secara rutin bisa menjadi cara agar ketiak tetap kering yang perlu Anda coba. Berdasarkan penenlitian, mencukur  bulu ketiak dapat mengurangi aroma tidak sedap pada ketiak.

Baca Juga :  5 Cara Mengecilkan Pori-pori Ketiak Secara Alami

Selain itu, penggunaan antiperspiran untuk mengurangi produksi keringat akan lebih maksimal jika Anda rutin mencukur bulu ketiak. Mengkombinasikan keduanya merupakan cara agar ketiak kering sepanjang hari.

Apakah bulu ketiak penyebab ketiak basah? Semua jenis rambut pada dasarnya memiliki kelembaban alami. Itulah sebabnya bulu ketiak yang lembab akan memperparah ketiak basah.

Pastikan Anda selalu menggunakan pelembab atau krim khusus cukur terlebih dahulu ketika Akan mencukur ketiak. Tindakan ini dilakukan untuk mencegak ketiak baud an basah. Selain itu, cara ini juga efektif agar ketiak tidak hiram setelah dicukur.

Setelah mencukur bulu ketiak, jangan langsung mengggunakan antiperspirant. Ada baiknya untuk memberikan jeda beberapa jam. Hal ini dikarenakan produk antiperspirant berisiko mengiritasi kulit yang baru saja dicukur.

4. Menggunakan Baju Berbahan Katun

Cara mencegah sekaligus mengurangi keringat di ketiak adalah dengan menggunakan baju berbahan dasar katun. Baju berbahan katun akan mudah menyerap keringat. Selain itu, baju ini cenderung lebih dingin saat digunakan, sehingga tidak memicu keringat banyak keluar.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pakaian yang longgar. Cara ini dilakukan dilakukan agar ada celah untuk udara masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian tubuh tidak mudah merasa panas.

Secara tidak langsung, ini akan membantu ketiak Anda tetap kering. Selain itu, Anda juga perlu menghindari beberapa makanan yang dapat memicu produksi keringat berlebih.

Makanan Pemicu Keringat

Makanan yang Anda konsumsi bisa mempengaruhi jumlah produksi keringat. Beberapa makanan pemicu keringat antara lain:

  • Makanan pedas
  • Makanan olahan
  • Bahan yang memiliki lemak tinggi
  • Semua jenis bawang
  • Minuman berkafein

Demikan pembahasan Sapasehat mengenai cara agar ketiak tetap kering dan beberapa makanan yang perlu Anda hindari karena dapat memicu keringat lebih banyak.

Baca Juga :  Ketiak Terasa Nyeri, Ini Dia Penyebabnya

About admin

Check Also

jamur pada ketiak

Jamur Pada Ketiak : Gejala, Pencegahan, dan Cara Atasi

Ketiak yang terasa gatal tentunya membuat membuat tidak nyaman, terlebih saat berada di keramaian. Anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published.