6 Jenis Makanan yang Harus Dihindari saat Jerawat

Apa saja makanan yang harus dihindari saat jerawat? Pada umumnya, jerawat disebabkan penyumbatan pori-pori oleh bakteri, sel kulit mati dan minyak berlebih. Namun, masih banyak orang yang percaya bahwa ada jenis makanan yang menjadi penyebab jerawat.

Sebenarnya konsumsi makanan saja tidaklah memicu timbulnya jerawat atau mencegah jerawat. Kombinasi dari gaya hidup, gen dan makanan yang dikonsumsi lah yang berperan dalam munculnya jerawat. Lantas, makanan apa saja yang bisa menimbulkan jerawat?

6 Makanan yang Harus Dihindari saat Jerawat

Membahas tentang jerawat, ada banyak sekali faktor penyebab timbulnya jerawat. Bukan dari faktor kebersihan kulit, stress atau produk skincare yang digunakan saja. Tetapi, jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari juga menjadi faktor timbulnya jerawat.

Nah, beberapa makanan di bawah ini lebih baik dihindari ketimbang malah memunculkan jerawat yang mengganggu.

1. Kacang   

Makanan penyebab jerawat yang pertama adalah produk kacang-kacangan. Hal ini memang tidak berlaku bagi setiap orang, tapi kacang dapat merangsang minyak berlebih sehingga timbul jerawat. Bagi sebagian orang, kacang adalah makanan yang wajib dihindari.

Kacang yang dimaksud adalah kacang tanah karena kacang tanah merupakan kacang yang paling umum ditemukan dalam makanan. Walau begitu, banyak juga orang yang sensitif terhadap jenis kacang lainnya.

2. Produk Susu

Susu dan produk olahan susu merupakan salah satu jenis makanan yang harus dihindari saat jerawat. Kenapa? Hasil penelitian menyatakan bahwa orang yang mengkonsumsi produk olahan susu sedikit lebih banyak cenderung mengalami jerawat.

Belum jelas bagaimana susu bisa berpengaruh dalam timbulnya jerawat. Hanya saja susu diketahui dapat meningkatkan kadar insulin, terlepas dari pengaruhnya terhadap gula darah, yang bisa memperburuk keparahan jerawat di kulit wajah.

Baca Juga :  Berapa Lama Jerawat Akan Kempes? Bisa Dikontrol

3. Makanan Berminyak   

Diketahui, makanan berminyak dengan teknik deep frying dapat memicu munculnya jerawat. Salah satunya dapat ditemukan pada jenis pizza tertentu.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian dalam jurnal Dermatology Practical & Conceptual, hasilnya menunjukkan bahwa 71 persen partisipan mengira makanan yang digoreng atau berminyak dapat menyebabkan jerawat.

Sementara lainnya mengira bahwa minuman coklat, soda dan susu adalah pemicunya.

4. Fast Food

Makanan yang harus dihindari saat jerawat berikutnya adalah fast food. Meskipun belum jelas kenapa fast food dapat meningkatkan timbulnya jerawat di wajah. Namun, penelitian menemukan bahwa fast food dapat mengubah kadar hormon hingga menyebabkan jerawat.

Tidak hanya itu, kebanyakan makanan cepat saji mengandung banyak minyak. Semakin banyak makanan berminyak yang dikonsumsi, semakin besar kemungkinan kandungan lemak dalam sebum juga lebih tinggi hingga menyebabkan jerawat.

5. Alkohol   

Walaupun alkohol belum terbukti berdampak langsung pada jerawat, tapi biasanya alkohol menciptakan keseimbangan kadar estrogen dan testosteron. Hal satu ini merupakan faktor utama dalam tingkat keparahan jerawat pada kulit wajah.

Selain itu, alkohol dapat meningkatkan produksi urin, yang berarti tubuh akan kehilangan cairan dan membuat kulit terasa kering. Ketika kulit kering, kadar hormon meningkatkan dan kulit menghasilkan zat sebum yang menyumbat pori-pori.

6. Telur   

Telur adalah salah satu sumber protein yang sangat mudah didapat, sayang telur termasuk makanan yang bisa menyebabkan jerawat. Inilah mengapa telur tidak dapat disarankan untuk semua orang.

Sebagian orang justru merasakan reaksi seperti jerawat bahkan bisul setelah makan telur. Jadi, kamu harus mengatur agar tidak terlalu sering makan makanan yang dapat memunculkan jerawat seperti telur.

Baca Juga :  Jerawat di Payudara Tanda Apa? Kanker Atau Bukan

Pastinya sekarang kamu tahu apa saja jenis makanan yang harus dihindari saat jerawat. Sekian dan semoga tips Sapasehat kali ini bermanfaat.

About admin

Check Also

ciri jerawat begadang

Ciri Jerawat Begadang, Inilah Cara Mengatasinya

Apa itu ciri jerawat begadang? Tahukah kamu, bahaya begadang atau kurang tidur ternyata tak hanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published.