7 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Bekas Jerawat

Adanya pori-pori wajah yang besar memang membuat tidak percaya diri. Terlebih bagi kamu yang kulit wajahnya mudah berjerawat. Nah, maka dari itu kamu perlu tahu bagaimana cara mengecilkan pori-pori wajah bekas jerawat dengan mudah, cepat dan efektif.

Pori-pori besar yang ada di kulit wajah dapat disebabkan oleh bekas jerawat. Jika tidak langsung diobati, maka pori-pori tersebut akan membesar dan bisa sulit dihilangkan. Lalu bagaimana cara mengobati pori? Simak tips-tipsnya pada artikel berikut ini.

7 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Bekas Jerawat

Bagaimana jadinya jika pori-pori membesar dan membuat tekstur kulit menjadi kasar? Jangan khawatir, ada berbagai metode atau cara menghilangkan pori-pori yang bisa kamu ikuti dengan mudah. Apa saja?

1. Lakukan Eksfoliasi Secara Rutin

Menumpuknya sel kulit mati pada kulit wajah bisa sangat memperburuk kondisi pori-pori. Sebaiknya, melakukan scrubbing secara rutin untuk mengeksfoliasi sel kulit mati dan membuat permukaan kulit lebih halus sehingga pori-pori tampak mengecil.

2. Es Batu

Tahukah kamu, es batu ternyata memiliki manfaat mengecilkan pori-pori wajah secara alami dan hasilnya pun terbilang instan dan bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama alias permanen. Hal ini karena sifat es batu yang dapat mendinginkan pori-pori.

3. Kulit Jeruk dan Pepaya

Cara mengecilkan pori-pori wajah bekas jerawat juga bisa menggunakan kulit jeruk. Karena kulit jeruk lebih banyak menyimpan  vitamin C dibandingkan buahnya. Kulit jeruk juga dapat digunakan sebagai masker wajah yang bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori.

Selanjutnya, buah pepaya juga dikenal kaya enzim papain yang dapat membantu regenerasi kulit. Ada pula kandungan vitamin A, C dan E yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, kandungan ini juga bisa membantu menutrisi dan melembabkan kulit.

Baca Juga :  Apakah Bawang Putih Bisa Menghilangkan Jerawat? Ini Jawabannya

4. Pilih Make-up Berbahan Ringan

Kamu harus selalu berhati-hati dalam memilih produk kecantikan, sebaiknya hindari make up yang bersifat comedogenic karena dapat memblokir pori di wajahmu.

Bukan berarti kamu tidak boleh menggunakan foundation, tapi kamu bisa menggantinya dengan CC Cream atau cushion yang lebih ringan. Namun, bila kamu merasa tak percaya diri dan ingin hadir pada acara besar, pilihlah foundation yang berbahan dasar air.

5. Kentang

Cara mengecilkan pori-pori wajah bekas jerawat secara cepat lainnya adalah dengan menggunakan kentang. Kentang diketahui mempunyai kaya mineral yang dapat menjadi antibiotik alami. Sifat antibiotik ini dapat memperlambat penuaan pada kulit wajah.

Kentang juga dapat membantu regenerasi kulit serta menghilangkan sel kulit mati pada wajah. Maka tidak heran jika pori-pori wajah akan mengecil saat memakainya.

6. Putih Telur   

Nyatanya putih telur memiliki banyak manfaat bagi perawatan kulit wajah, salah satunya untuk meringkas pori. Putih telur juga dapat menyerap minyak berlebih serta mengangkat kotoran di wajah, membuat pori-pori menjadi bersih dan kembali mengecil.

Tidak hanya itu, pada kandungan putih telur juga terdapat banyak protein serta sumber mikronutrien yang berguna bagi kulit wajah

7. Pakai Masker Wajah   

Minyak berlebih dan kotoran yang menumpuk dapat menjadikan pori-pori wajah terlihat lebih besar. Karena itu penting bagi kamu memakai masker untuk mengecilkan pori-pori secara rutin.

Selain sheet mask yang kaya akan pelembab, kamu juga perlu menggunakan masker yang mengandung anti-inflamasi dan sulfur pengangkat minyak.

Demikian berbagai langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi cara mengecilkan pori-pori wajah bekas jerawat. Agar hasilnya terlihat lebih cepat, sebaiknya dilakukan secara konsisten dan rutin. Sekian dari Sapasehat, semoga membantu dan sampai jumpa.

Baca Juga :  Ciri-Ciri Jerawat Breakout dan Cara Mengatasinya

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published.