7 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Pada Anak

Pada umumnya anak-anak yang memasuki masa pubertas akan mengalami bau ketiak. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan masalah ini terjadi pada usia yang lebih muda. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara menghilangkan bau ketiak pada anak.

7 Cara Menghilangkan Bau Ketiak pada Anak

Ketiak menjadi salah satu bagian tubuh yang paling sering dihinggapi bakteri. Pada bagian ini sering muncul bau tidak sedap jika tidak dibersihkan secara berkala.

Namun, tidak semua anak menyadari bau badannya sendiri. Oleh karena itu orang tua perlu mengambil tindakan dan melakukan berbagai cara menghilangkan bau ketiak pada anak.

1. Mandi Secara Teratur 

Pada umumnya, anak-anak sering melakukan berbagai aktifitas fisik yang memicu keluarnya keringat. Kondisi tersebut bisa menyebabkan penumpukan bakteri di berbagai bagian tubuh, terutama ketiak. Akibatnya muncul bau tidak sedap di badan anak.

Anak-anak harus diajarkan untuk mandi secara rutin sejak dini. Selain itu, tuntunlah mereka untuk membersihkan bagian ketiak menggunakan sabun untuk menghilangkan bau badan pada anak.

Jangan lupa ingatkan anak-anak untuk membersihkan area lain, seperti sealngkangan, panggul, punggung, hingga kaki. Tindakan tersebut dilakukan karena bagian-bagian tubuh tersebut sering dihinggapi bakteri.

2. Mencuci Pakaian Secara Rutin

Cara menghilangkan bau ketiak pada anak yang sangat efektif adalah dengan mencuci pakaian anak secara rutin. Baju yang kotor bisa dihinggapi oleh bakteri yang bisa pindah ke ketiak anak. Dengan mencuci baju dengan bersih, Anda bisa mencegah hal tersebut.

Selain itu, ajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan pakaian dengan rutin mengganti pakaian setiap hari.

3. Memperkenalkan Anak dengan Deodoran

Anak-anak yang mulai beranjak dewasa perlu diperkenalkan dengan deodorant, antiperspirant atau bedak untuk bau badan anak. Hal tersebut sebaiknya tidak Anda anggap remeh. Deodorant dapat meminimalisir keringat adar bisa mencegah bau ketiak tidak sedap.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Kutil di Ketiak dengan Efektif

Akan tetapi, jika anak Anda memiliki kulit yang sensitif, pilihlah deodorant untuk anak yang tidak mengandung pewangi. Jika perlu, Anda bisa mengingatkan anak untuk membawa deodorannya ke mana-mana.

4. Mengoleskan Minyak Kelapa

Menurut beberapa penelitian, minyak kelapa mengandung asam lemak rantai sedang. Kandungan tersebut dapat bertindak sebagai senyawa antibakteri. Anda bisa mencoba minyak kelapa ini pada ketiak anak.

Oleskan sedikit minya kelapa ke ketiak anak dan diamkan hingga meresap dengan baik. Selain itu, Anda bisa bertanya ke dokter sebelum mengoleskan minyak kelapa ke ketiak anak. Langkah tersebut perlu dilakukan untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan.

5. Mengoleskan Lidah Buaya

Lidah buaya untuk menghilangkan bau ketiak anak bisa Anda coba. Lidah buaya mengandung senyawa antibakteri untuk mencegah berkembangnya bakteri pada ketiak.

Cara penggunaan lidah buaya ini sangatlah mudah. Anda bisa mengoleskan langsung gel lidah buaya ke ketiak anak, lalu diamkan semalaman. Bilas ketiak anak dengan air dingin pada pagi harinya. Anda bisa berkonsultasi ke dokter untuk mencegah adanya efek samping.

6. Menggunakan Perasan Air Lemon

Cara menghilangkan bau ketiak anak secara alami selanjutnya menggunakan jeruk lemon. Bahan ini mengandung asam tinggi sebagai senyawa antibakteri. Kandungan tersebut bisa menurunkan kadar pH kulit dan mencegah bakteri hinggap di kulit anak.

Untuk menggunakannya, potong lemon menjadi dua bagian, kemudian gosoklah salah satu potongan lemon tersebut pada ketiak anak. Bilas dengan air bersih jika sudah mengering.

Jika anak Anda memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya hindari penggunaan perasan lemon ini.

7. Menggunakan Pakaian Berserat Alami

Gunakan pakaian berserat alami yang mudah menyerap keringat. Dengan menggunakan pakaian tersebut dapat mencegah keringat berlebih dan timbulnya bakteri di ketiak. Pilihlah pakaian berbahan katun atau linen.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Permanen dengan Air Mawar

Demikian cara menghilangkan bau ketiak pada anak dari Sapasehat yang dapat Anda lakukan agar anak Anda selalu percaya diri tanpa adanya masalah bau ketiak.

About admin

Check Also

jamur pada ketiak

Jamur Pada Ketiak : Gejala, Pencegahan, dan Cara Atasi

Ketiak yang terasa gatal tentunya membuat membuat tidak nyaman, terlebih saat berada di keramaian. Anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published.