7 Cara Menghilangkan Jerawat Kecil-Kecil pada Wajah

Cara menghilangkan jerawat kecil-kecil pada wajah bisa dilakukan dengan mudah. Jenis jerawat kecil ini dapat menurunkan rasa percaya diri bagi orang yang mengalaminya. Hal ini dikarenakan jerawat kecil tersebut membuat tekstur kulit menjadi tidak rata.

Penyebab timbulnya jerawat kecil-kecil seperti bruntusan disebabkan karena tersumbatnya kelenjar yang berada di bawah permukaan kulit. Kelenjar inilah yang memproduksi zat minyak atau biasa kita sebut dengan sebum. Lantas, bagaimana cara mengobatinya?

Begini Cara Menghilangkan Jerawat Kecil-kecil di Wajah

Pada dasarnya, cara mengobati jerawat pasir atau jerawat kecil-kecil di jidat mirip dengan pengobatan jerawat lainnya. Terlebih lagi, kini sudah tersedia beragama obat jerawat ringan hingga sedang yang dijual bebas di pasaran.

Namun, penanganan jerawat ini tergantung pada tingkat parah tidaknya sebuah jerawat, diantaranya sebagai berikut:

1. Tea Tree Oil   

Menurut sejumlah penelitian, manfaat tea tree oil dipercaya dapat mengurangi peradangan kulit dan melawan bakteri penyebab jerawat, yaitu Propionibacterium acnes dan S. epidermidis. 

Minyak pohon teh juga bisa mengurangi kelebihan sebum dan menenangkan kulit yang terdapat jerawat bruntusan pada kulit wajah. Untuk menggunakannya, pastikan jika kamu mencampurkan tea tree oil dengan beberapa tetes minyak pelarut.

2. Menggunakan Salep

Cara menghilangkan jerawat kecil-kecil selanjutnya dengan memakai salep yang biasanya digunakan untuk mengobati jerawat kecil dengan intensitas ringan. Salep yang digunakan biasanya mengandung benzoil peroksida, asam salisilat dan resorsinol.

Umumnya salep dengan beberapa bahan tersebut bisa ditemukan dengan mudah di berbagai apotik. Tetapi, ada beberapa kulit yang tidak cocok memakai salep seperti ini, sehingga kamu harus tetap waspada sebelum terjadi iritasi.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan polifenol yang dapat membasmi jerawat kecil dan gatal pada wajah jika digunakan secara teratur. Tanaman satu ini juga memiliki khasiat untuk menenangkan kulit yang sedang meradang akibat jerawat.

Baca Juga :  Bahan Alami Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Cara memakai lidah buaya untuk wajah cukup mudah, yakni dengan mengambil gel yang ada di dalam lidah buaya. Lalu gunakan seperti masker, tunggu hingga 20-30 menit dan bilas wajah dengan air bersih.

4. Jangan Sembarangan Pakai Produk Skincare

Penggunaan produk kecantikan untuk wajah sebaiknya dilakukan dibawah pengawasan ahli kecantikan. Waspadalah ketika mulai timbul bruntusan saat menggunakan produk-produk kosmetik tertentu, terutama yang punya kandungan minyak tinggi.

Jadi, cara menghilangkan jerawat kecil-kecil kalau penyebab nya adalah memakai produk skincare yang salah adalah dengan berhenti menggunakannya.

5. Teh Hijau 

Teh hijau juga bisa dijadikan cara mengobati jerawat pasir secara alami. Beberapa peneliti menyebutkan, bahwa teh hijau mengandung antioksidan bernama epigallocatechin-3- gallate (EGCG).

Kandungan tersebut mampu meredakan peradangan, menghalau pertumbuhan bakteri P. acnes pada kulit rentan jerawat dan mengurangi produksi minyak berlebih.

6. Obat Resep Dokter

Untuk jerawat dengan intensitas lebih parah, biasanya memerlukan obat jerawat dengan resep dokter. Obat ini biasanya berupa krim oles, obat minum dan gel. Kadungan dalam obat ini biasanya berupa antibiotik, kortikosteroid, retinoid dan antimikroba.

7. Air Lemon

Lemon dikenal sebagai buah yang ampuh untuk mengobati jerawat karena memiliki kandungan vitamin C yang bisa memudarkan bekas jerawat. Cara pakaiannya cukup peras satu buah lemon, lalu oleskan airnya ke wajah, diamkan 10-15 menit dan bilas.

Itulah 7 cara menghilangkan jerawat kecil-kecil dari Sapasehat yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Apabila jerawat kecil-kecil semakin parah, sebaiknya segera kunjungi dokter atau ahli kecantikan untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *