9 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Jerawat, Efektif!

Anda sedang mengalami jerawat? Pasti terasa mengganggu dengan jerawat yang ada di wajah. Satu-satunya cara agar tidak terganggu adalah dengan menghilangkan jerawat, berikut ini pembahasan bahan alami untuk menghilangkan jerawat yang bisa Anda lakukan.

Bahan Alami untuk Menghilangkan Jerawat

Siapa yang tidak pernah mengalami jerawat? Hampir semua orang pasti mengalami jerawat. Sebelum membahas bahan alami untuk menghilangkan jerawat, sebaiknya Anda kenali dulu apa itu jerawat?

Jerawat atau bisa disebut acne adalah gangguan kulit biasanya di wajah akibat adanya produksi minyak yang berlebih sehingga munculnya benjolan besar, kemerahan, dan bernanah. Biasanya dipicu oleh stress, hormon, atau makanan penyebab jerawat.

Munculnya jerawat tentunya akan mengganggu aktivitas Anda. Mau tidak mau, Anda harus menghilangkan jerawat tersebut dengan krim, pembersih, dan antibiotik. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat.

Bahan Alami untuk Hilangkan Jerawat

Seperti yang sudah dibahas di atas, Anda bisa hilangkan jerawat dengan bahan alami. Berikut ini beberapa bahan alami untuk menghilangkan jerawat yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

1. Lidah Buaya

Gel pada lidah buaya ternyata bisa membantu untuk meredakan peradangan kulit akibat jerawat. Kandungan gel pada lidah buaya berupa sulfur dan asam salisilat mampu mengobati jerawat. Lalu, bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya yang bisa Anda lakukan?

  1. Pada tanaman lidah buaya, kerok gel dengan menggunakan sendok.
  2. Bersihkan wajah Anda dengan sabun cuci muka, lalu bilas hingga bersih. 
  3. Taruh gel yang sudah dikerok ke wajah Anda.
  4. Lakukan cara ini 1 hingga 2 kali sehari.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan gel pada lidah buaya yang dijual di pasaran. Namun, sebelum menggunakannya, pastikan kandungan gel lidah buaya sebesar 100%. 

Tak hanya itu, Anda juga bisa mencampurkan gel lidah buaya dengan kunyit dan teh hijau untuk dijadikan masker. Oleskan di wajah dan tunggu sekitar 15 hingga 20 menit, kemudian dibilas dengan air.

Baca Juga :  Ciri-Ciri Jerawat Mau Sembuh yang Biasa Dijumpai

2. Cuka Apel

Menurut penelitian, cuka apel mengandung asam organik, yaitu asam sitrat yang mampu melawan bakteri akibat jerawat dan mengandung succinic acid yang mampu menekan peradangan bakteri akibat jerawat.

Selain itu, cuka apel juga mengandung asam laktat yang mampu memperbaiki tekstur kulit pada bekas jerawat. Berikut ini cara menghilangkan jerawat dengan cuka apel yang bisa Anda lakukan.

  1. Tuang dan campurkan 1 sendok makan cuka apel dan 3 sendok makan air ke dalam wadah.
  2. Bersihkan wajah Anda dengan sabun cuci muka, lalu bilas dengan bersih.
  3. Oleskan campuran cuka apel dengan kapas steril ke permukaan wajah Anda.
  4. Tunggu sekitar 5 hingga 20 detik, lalu bilas dengan air bersih.
  5. Lakukan cara ini 1 hingga 2 kali sehari.

Hentikan cara ini jika kulit Anda sensitif. Anda bisa memasukkan banyak air untuk campurannya dan jangan terlalu sering menggunakannya.

3. Madu

Madu dipercaya mampu menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Kandungan antioksidan pada madu diyakini mampu bersihkan kotoran, mencegah pori-pori yang tersumbat di wajah, dan membantu penyembuhan luka.

Berikut ini cara menghilangkan jerawat dengan madu yang bisa Anda lakukan.

  1. Bersihkan wajah Anda dengan sabun cuci muka, lalu bilas dengan bersih.
  2. Oleskan madu ke wajah Anda dengan menggunakan kapas steril. Anda juga bisa mencampurkan 1 sendok makan madu dengan ½ sendok teh kunyit untuk masker.
  3. Tunggu hingga beberapa saat, lalu bilas dengan bersih.

4. Kayu Manis

Menurut beberapa penelitian, kayu manis dan madu mampu melawan bakteri dan meredakan peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Anda bisa menggunakan kayu manis dan madu untuk masker di wajah Anda.

Berikut ini cara menghilangkan jerawat dengan kayu manis yang bisa Anda lakukan.

  1. Tuang dan campurkan 1 sendok teh bubuk kayu manis dan 2 sendok makan madu ke dalam wadah.
  2. Aduk merata hingga seperti pasta.
  3. Bersihkan wajah Anda dengan sabun cuci muka, lalu bilas dengan bersih.
  4. Oleskan campuran kayu manis dan madu ke permukaan wajah Anda.
  5. Tunggu sekitar 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.
Baca Juga :  Perbedaan Jerawat Tanda Hamil dan Haid, Pastikan Tahu!

5. Es Batu

Pasti Anda bertanya-tanya, apakah es batu bisa menjadi bahan alami untuk menghilangkan jerawat? Iya, bisa. Meskipun pengobatan dengan es batu tidak bisa secara tuntas, tetapi es batu bisa meredakan peradangan akibat jerawat.

Selain itu, es batu juga bisa meredakan kemerahan akibat jerawat karena mampu mengencangkan pembuluh darah. Berikut ini cara menghilangkan jerawat dengan es batu yang bisa Anda lakukan.

  1. Bersihkan wajah Anda dengan sabun cuci muka, lalu bilas dengan bersih.
  2. Taruh es batu ke kain atau handuk bersih, lalu kompreskan ke jerawat di wajah Anda.

6. Minyak Kelapa

Salah satu bahan alami untuk menghilangkan jerawat adalah minyak kelapa. Kandungan antibakteri dan antiinflamasi pada minyak kelapa dipercaya mampu menghancurkan bakteri akibat jerawat.

Bahkan, masker dengan menggunakan minyak kepala diyakini bisa meredakan kemerahan dan pembengkakan jerawat. Berikut ini cara menghilangkan jerawat dengan minyak kelapa yang bisa Anda lakukan.

  1. Bersihkan wajah Anda dengan sabun cuci muka, lalu bilas dengan bersih.
  2. Oleskan virgin coconut oil ke permukaan kulit yang mengalami jerawat.

7. Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak melaleuca diyakini bisa menghilangkan jerawat. Apalagi, minyak ini sering digunakan sebagai campuran produk kecantikan penghilang jerawat. 

Minyak ini mengandung anti peradangan dan anti bakteri dipercaya mampu meredakan pembengkakan karena jerawat. Berikut ini cara menghilangkan jerawat dengan tea tree oil yang bisa Anda lakukan.

  1. Bersihkan wajah Anda dengan sabun cuci muka, lalu bilas dengan bersih.
  2. Tuang dan campurkan sedikit tea tree oil dengan 12 tetes minyak pelarut seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak jojoba.
  3. Oleskan campuran tersebut ke permukaan kulit yang mengalami jerawat.
Baca Juga :  Apakah Sunscreen Bisa Menghilangkan Bekas Jerawat? Ini Jawabannya

8. Putih Telur

Putih telur bisa dijadikan bahan alami untuk menghilang jerawat. Kandungan protein dan vitamin pada putih perlu diyakini mampu mengeluarkan minyak dan mengencangkan kulit sehingga bisa mencegah pori-pori yang tersumbat dan meredakan peradangan akibat jerawat.

Berikut ini cara menghilangkan jerawat dengan putih telur yang bisa Anda lakukan.

  1. Bersihkan wajah Anda dengan sabun cuci muka, lalu bilas dengan bersih.
  2. Oleskan putih telur ke permukaan wajah Anda yang mengalami jerawat.
  3. Tunggu sekitar 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

9. Teh Hijau

Anda juga bisa menggunakan teh hijau sebagai bahan alami hilangkan jerawat. Kandungan antioksidan polifenol berupa katekin pada teh hijau mampu mengobati jerawat. Tak heran, teh hijau banyak dikonsumsi maupun digunakan sebagai bahan kecantikan.

Tak hanya mampu mengobati jerawat, teh hijau juga mampu menghilangkan kotoran atau komedo serta bahan yang menyebabkan kerusakan sel kulit. Berikut ini cara menghilangkan jerawat dengan teh hijau yang bisa Anda lakukan.

  1. Bersihkan wajah Anda dengan sabun cuci muka, lalu bilas dengan bersih.
  2. Oleskan bubuk teh hijau yang sudah diberi air ke permukaan wajah Anda yang mengalami jerawat.

Penutup

Itulah mengenai sembilan bahan alami untuk menghilangkan jerawat yang bisa Anda lakukan. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan bahan alami di sekitar Anda tanpa harus menggunakan krim maupun obat penghilang jerawat.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *