Ada Benjolan di Ketiak? Pahami Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda menemukan ada benjolan di ketiak? Tentu saja benjolan kecil di ketiak ataupun besar membuat Anda was-was dan khawatir. Nah, untuk itu artikel ini akan membahas mengenai penyebab benjolan di ketiak sekaligus cara mengatasinya.

Jadi, buat Anda yang sedang mengalami permasalahan serupa yakni mempunyai benjolan di bawah ketiak, maka bahasan kali ini bisa menambah informasi untuk Anda. Penasaran dengan bagaimana penjelasan terkait ada benjolan di ketiak? Yuk simak bahasannya berikut ini.

Penyebab Benjolan di Ketiak

Ada benjolan di ketiak apakah berbahaya? Untuk menjawab hal ini, kita harus tahu dulu penyebabnya. Ada benjolan di ketiak biasanya terjadi karena adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening yang terdapat pada area tersebut.

Apabila hal itu terjadi, maka benjolan ini bisa disebabkan akibat infeksi ataupun tanda dari penyakit tertentu. Sebagai tambahan, kelenjar getih bening ini ialah stuktur kecil yangmana bentuknya oval dan ditemui pada seluruh sistem limfatik tubuh.

Ketika sedang mandi dan menemukan ada benjolan di ketiak, biasanya Anda akan merasa khawatir. Walaupun pada banyak kasus, benjolan yang muncul tersebut sebenarnya tak membahayakan.

Benjolan di ketiak kiri ataupun kanan, bahkan ada juga yang bersifat kongenital yakni ada sejak lahir dan tak membutuh penanganan medis. Ciri-ciri benjolan kecil di ketiak yang tidak berbahaya yakni bisa mengempis seiring bertambahan usia.

Namun jika ada benjolan di ketiak yang baru ternyata bisa jadi pertanda penyakit.  Berikut ini merupakan beberapa penyebab benjolan yang ada di ketiak dimana bisa saja merupakan pertanda penyakit.

1. Infeksi Bakteri, Virus, dan Jamur

Pada beberapa kasus, ada benjolan di ketiak bisa disebabkan karena infeksi dari jamur, virus, maupun bakteri. Di bawah ini adalah beberapa penyakit yang bisa saja ditandai dengan timbulnya benjolan pada ketiak.

  • Infeksi bakteri Streptococcus
  • Infeksi bakteri Staphylococcus
  • Demam cakaran kucing
  • Cacar air
  • Limfadenitis
  • Mononucleosis
  • HIV/AIDS
Baca Juga :  Bisul di Ketiak, Pahami Penyebab dan Cara Mengobatinya

Itulah beberapa penyakit akibat infeksi virus, bakteri, atau jamur yang biasanya menimbulkan benjolan pada ketiak.

2. Akibat Penyakit Autoimun

Timbulnya benjolan pada ketiak juga bisa disebabkan karena penyakit autoimun yang diderita seseorang. Ini dia beberapa penyakit yang bisa memicu timbulnya benjolan pada ketiak:

  • Arthritis rheumatoid, penyakit ini memiliki tanda-tanda berupa nyeri sendi, sendi yang bengkak, dan sendi berwarna kemerahan
  • Lupus eritematosus sistemik, penyakit ini juga menimbulkan tanda berupa nyeri dan pembengkakan sendi, bintik merah pada pipi maupun hidung ketika terpapar matari, rambut rontok, lesu.

3. Penyakit Tertentu

Adanya penyakit tertentu juga bisa menyebabkan ada benjolan di ketiak. Ini dia beberapa penyakit yang bisa menyebabkan timbulnya benjolan tersebut pada ketiak.

  • Reaksi alergi, pada beberapa kasus alergi juga bisa membuat area tubuh bintol-bintol sehingga benjolan pada ketiak ini bisa jadi salah satu pertandanya;
  • Melebarnya jaringan payudara
  • Sindrom kelelahan kronis
  • Lipoma
  • Kista sebasea
  • Obstruksi limfatik
  • Memar pada ketiak

4. Kanker yang Menyebar ke Kelenjar Getah Bening

Ketika penderita kanker sudah mempunyai sel kanker yang menyebar pada kelenjar getah bening. Maka hal ini juga bisa menyebabkan timbulnya benjolan pada ketiak. Ini dia penyakit yang dapat menyebabkan timbulnya benjolan teresebut pada ketiak:

  • Limfoma Hodgkin
  • Leukimia
  • Limfoma non-Hodkin

Nah, itulah beberapa penyakit kanker yang bisa saja ditandai dengan adanya benjolan di ketiak. Meskipun secara umum ada benjolan di ketiak ini tidak terlalu membahayakan namun apabila dirasa khawatir Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.

Ketika benjolan membengkak secara bertahap diikuti rasa nyeri dan benjolan tersebut tak hilang dalam jangka waktu lama, maka bisa jadi merupakan suatu pertanda adanya penyakit. Untuk itulah, Anda perlu tahu cara mengobati benjolan pada ketiak ini.

Baca Juga :  Menghilangkan Bau Ketiak: Tips, Produk, dan Perawatan Efektif

Baik hanya benjolannya saja maupun penyebab dari timbulnya benjolan tersebut. Apabila karena penyakit, maka Anda harus segera mengatasi penyakit tersebut.

Cara Menangani Benjolan Pada Ketiak

Setelah tahu penyebab dari timbulnya benjolan pada ketiak, Anda pun harus bergegas untuk menangani hal tersebut. Hal ini terjadi karena timbulnya benjolan bisa menimbulkan rasa sakit juga rasa tak nyaman. Berikut ini ialah cara mengatasi benjolan di ketiak.

Apabila benjolan di ketiak Anda disebabkan karena pembengkakan getah bening, maka Anda bisa mengatasi benjolan dengan melakukan beberapa cara sebagai berikut:

1. Kompres hangat

Cara pertama yang dapat Anda lakukan ialah menggunakan kompres hangat. Jika ada benjolan di ketiak, maka segeralah aplikasikan kompres hangat dan basah. Anda bisa menggunakan handuk yang dibasahi air panas kemudian diperas.

Selanjutnya, tempelkan pada area ketiak yang terdapat benjolan. Cara kompres hangat ini bisa meminimalisir timbulnya pembengkakan dan rasa sakit akibat benjolan tersebut.

2. Minum Obat Antiiflamasi

Adanya benjolan di ketiak memang bisa disebut merupakan suatu reaksi peradangan. Untuk itu, Anda bisa mengatasinya dengan minum obat antiinflamsi yang beredar di pasaran. Misalnya saja ibuprofen.

Selain itu, Anda juga bisa minum obat untuk mengurangi rasa sakit akibat benjolan yang ada misalnya naproxen, aspirin, dan acetaminophen. Namun, apabila merasa kurang yakni maka Anda juga bisa berdiskusi dulu dengan dokter.

3. Melakukan Pemijatan

Lakukan juga pemijatan yang lembut pada area yang membengkak. Cara ini bisa membantu tubuh dalam meningkatkan sirkulasi darah. Pemijatan ini juga bisa mengurangi pembengkakan.

4. Mandi Air Hangat

Untuk meredakan benjolan ini, Anda juga bisa melakukan terapi air hangat. Jaga juga agar ketiak tetap bersih guna mencegah timbulnya infeksi. Dalam hal ini, usahakan mandi air hangat dan mencuci bersih ketiak untuk mengurangi bakteri.

Baca Juga :  Jamur Pada Ketiak : Gejala, Pencegahan, dan Cara Atasi

5. Menggunakan Pakaian Longgar

Ketika mempunyai benjolan pada ketiak, maka jangan gunakan pakaian yang terlalu ketat. Gunakanlah pakaian yang longgar untuk mengurangi gesekan pada ketiak. Pakaian yang longgar ini bisa membantu Anda untuk mencegah timbulnya radang.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika memiliki benjolan pada ketiak Anda. Umumnya pembengkakan getah bening di atas bisa sembuh setelah melakukan perawatan rumahan seperti yang dilakukan di atas.

Namun, pada kasus tertentu Anda juga wajib memeriksakan diri ke dokter. Terutama apabila mendapati tanda-tanda sebagai berikut:

  • Benjolan di ketiak terus membesar dan benjolan tak hilang dalam waktu 2 hingga 4 minggu
  • Benjolan disentuh keras dan kenyal. Hal ini yang berbahaya adalah tidak bergerak ketika dipijat;
  • Disertai dengan demam yang berkepanjangan, kemudian adanya keringat yang berlebihan pada malam hari;
  • Penurunan berat badan secara signifikan tanpa penyebab yang jelas.

Jika sudah mengalami hal-hal yang disebutkan di atas maka Anda harus memeriksakan diri ke dokter. Tanda-tanda di atas apabila dibiarkan bisa saja makin memperparah penyakit yang mungkin saja diderita tubuh Anda.

Untuk itulah cek kesehatan secara berkala apabila merasakan ada bagian tubuh yang dirasa tidak normal. Terutama seperti kasus ada benjolan di ketiak ini.

Baik, sampai disini saja bahasan Sapasehatku mengenai penyebab maupun cara mengatasi benjolan di ketiak. Semoga bermanfaat!

About admin

Check Also

cara agar ketiak tidak hitam dan bau1

Panduan Lengkap: Cara Mencegah Ketek Hitam dan Bau

Ketiak hitam dan bau adalah masalah yang umum dihadapi oleh banyak orang. Ini bisa menjadi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *