Ada Benjolan Seperti Jerawat di Sekitar Bulu Kemaluan: Ini Faktor Penyebabnya

Ada benjolan seperti jerawat di sekitar bulu kemaluan anda? Jangan panik dulu ya, karena biasanya ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan timbulnya benjolan seperti jerawat di area Miss V anda.

Bagaimana ciri-ciri jerawat Miss V? Berapa lama jerawat di Miss V hilang? Apakah jerawat di Miss V berbahaya? Simak sampai akhir artikel berikut untuk mengetahui jawabannya!

Faktor-Faktor Penyebab Muncul Benjolan Di Sekitar Bulu Kemaluan

Penyebab ada benjolan seperti jerawat di sekitar bulu kemaluan bisa dikarenakan oleh 4 faktor berikut ini :

1. Folikulitis

Folikulitis adalah benjolan seperti jerawat di sekitar kemaluan yang disebabkan oleh peradangan karena infeksi dari bakteri dan jamur. Benjolan jerawat Miss V Folikulitis ini biasanya timbul karena mencukur bulu kemaluan.

Pisau cukur yang tidak bersih dan higienis dapat menimbulkan iritasi dan infeksi pada kulit kemaluan. Begitu juga jika mencukur bulu kemaluan dengan kasar dan tidak sesuai tata caranya, dapat memungkinkan kulit kemaluan terluka dan terinfeksi bakteri.

Jadi ingat untuk selalu menjaga kehigienisan pisau cukur dan pelajari terlebih dahulu tata cara mencukur bulu Miss V yang benar dengan langkah-langkah yang tepat.

2. Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak adalah benjolan seperti jerawat di sekitar kemaluan yang disebabkan oleh paparan zat kimia yang tidak cocok untuk kulit kemaluan.

Biasanya hal ini disebabkan karena :

  • Penggunaan sabun pewangi Miss V yang tidak aman,
  • Gesekan dari kondom dengan bahan yang kurang berkualitas dan ramah Miss V,
  • Bahan pelumas seksual yang tidak aman untuk area Miss V,
  • Infeksi dari penggunaan tampon yang tidak tepat,
  • dan menggunakan obat oles untuk Miss V yang tidak aman dan tidak BPOM.

3. Molluscum Contagiosum

Molluscum Contagiosum adalah benjolan di sekitar kemaluan yang disebabkan oleh infeksi virus tertentu (yang berbeda dari Folikulitis) dan harus ditangani langsung oleh dokter ahli spesialis.

Baca Juga :  Sabun Muka Untuk Jerawat dan Bruntusan Brand Terkenal

Karena jerawat Miss V tipe ini akan efektif bila disembuhkan langsung dengan bantuan obat konsumsi dan obat oleh dari dokter ahli.

4.  Hidradenitis Suppurativa (HS)

Yang terakhir adalah Hidradenitis Suppurativa, yang merupakan benjolan seperti jerawat di sekitar kemaluan yang disebabkan oleh penyakit kulit karena peradangan dan infeksi pada kelenjar keringat kulit kemaluan.

Ini adalah jenis jerawat Miss V kategori parah dan membutuhkan penanganan langsung oleh tim medis.

Tindakan Preventif Mencegah Benjolan di Sekitar Bulu Kemaluan

Untuk mencegah ada benjolan seperti jerawat di sekitar bulu kemaluan, berikut ini beberapa langkah preventif yang bisa anda lakukan :

  • Gunakan underware (celana dalam) yang berbahan material katun.
  • Hindari menggunakan celana ketat karena dapat menimbulkan gesekan pada kulit Miss V, dan menyebabkan iritasi pada kulit kelamin.
  • Jika timbul jerawat di daerah Miss V, jangan sering menyentuh apalagi memencet dan memecahkan jerawat tersebut. Silakan konsultasikan kepada dokter, atau beli obat salep untuk jerawat Miss V yang terpercaya, aman, dan disertai izin BPOM.
  • Jangan berendam di air yang sangat panas. Berendamlah di air bersuhu hangat agar tidak memberikan efek samping yang merugikan pada kelamin anda.
  • Hindari menggunakan sabun mandi yang mengandung pewangi (fragrance).
  • Hindari terlalu sering mencukur bulu kelamin. Cukup rapikan bulu kemaluan dengan menggunakan gunting khusus yang higienis.

Itulah penjelasan dari sapasehatku mengenai beberapa faktor ada benjolan seperti jerawat di sekitar bulu kemaluan beserta jenis-jenisnya. Ingat untuk selalu menjaga kebersihan daerah Miss V agar terhindar dari penyakit. Semoga anda sehat selalu!

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *