Apa Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Mengatasinya?

Jerawat biasa tumbuh di daerah tertentu. Salah satunya yaitu muncul di dagu. Lalu apa penyebab jerawat di dagu? Berikut akan dijelaskan secara mendalam dalam artikel ini. Jerawat di dagu seringkali terjadi dan merupakan bagian rentan untuk ditumbuhi jerawat.

apa penyebab jerawat di dagu

Jika tumbuh jerawat di area ini bisa mengurangi rasa percaya diri Anda. Oleh sebab itulah, Anda perlu menangani jerawat melalui berbagai cara. Contohnya seperti menggunakan skincare untuk jerawat di dagu sampai dengan perawatan bahan alami.

Apa Penyebab Jerawat di Dagu

Sebenarnya, apa penyebab jerawat di dagu? Berikut adalah penjabarannya:

1. Pori-pori Tersumbat

Jerawat umumnya terjadi karena pori-pori tersumbat. Hal ini disebabkan karena banyaknya minyak berlebih sampai karena penumpukan sel kulit mati. Sel kulit mati ini seharusnya hilang dan mengelupas.

Namun, tidak selalu sel kulit mati menghilang, bisa juga bertumpuk karena jarang membersihkan wajah dengan sabun. Jika sel kulit mati bertumpuk ini akan menghalangi pori untuk bernafas.

Akibatnya, bakteri akan tumbuh di pori-pori tersebut sehingga menyebabkan kemerahan dan peradangan.

2. Perubahan Hormon

Penyebab jerawat di dagu yang paling umum adalah karena perubahan hormon. Setiap tubuh, baik laki-laki maupun perempuan sering mengalami perubahan hormon. Terutama pada saat remaja. Fluktuasi ini cenderung ekstrem.

Misalnya, pada siklus haid juga akan mempengaruhi perubahan hormon sehingga sering ditandai munculnya jerawat. Hormon yang mengatur produksi minyak ini disebut hormon androgen. Saat hormon berfluktuasi, produksi sebum atau minyak ini akan meningkat.

Dengan demikian, kelenjar minyak yang berlebih akan menutupi pori-pori kulit sehingga bisa menyebabkan jerawat di dagu. Jerawat yang muncul di dagu memang tidak berbahaya dan bisa sembuh.

Namun, berdasarkan penelitian, kemunculan jerawat pada wanita dewasa sering menyebabkan gangguan kecemasan seperti depresi karena bisa meruntuhkan rasa percaya diri seseorang.

Baca Juga :  Apakah Bawang Putih Bisa Menghilangkan Jerawat? Ini Jawabannya

3. Rambut yang Tumbuh ke Dalam

Di bagian dagu ini adalah area yang sering ditumbuhi rambut atau jenggot. Jerawat bisa muncul karena rambut yang tumbuh ke dalam di dagunya. Ini biasa dialami oleh laki-laki ketika bercukur dengan tidak rapi.

Rambut bisa tumbuh ke dalam kulit sehingga hal ini bisa menyebabkan kulit membengkak dan merah seperti jerawat.

Jerawat tersebut disebut sebagai rosacea yang biasanya ditandai dengan jerawat di dagu besar dan sakit serta pembuluh darah yang terlihat atau berwarna merah.

Jika dibiarkan, rosacea ini sering mengalami peradangan yang ditandai dengan benjolan nanah sama seperti jerawat batu. Jika bingung penyebab dari jerawat dagu yang Anda alami, sebaiknya periksakan ke dokter.

Cara Mengatasi Jerawat di Dagu

Jika Anda mengalami jerawat di dagu, maka ada beberapa perawatan yang bisa diterapkan. Contohnya seperti menggunakan produk yang berbahan asam salisilat untuk membantu jerawat lekas mengering dan sembuh.

Meskipun tidak bisa semalam, cara ini efektif untuk mengobati jerawat dalam beberapa hari sampai mingguan. Berikut adalah cara menghilangkan jerawat di dagu:

  1. Gunakan sabun cuci muka dengan kandungan asam salisilat.
  2. Kompres area dagu dengan es selama 5 menit untuk mengurangi kemerahan.
  3. Pakai krim obat jerawat di dagu yang berbahan benzoil peroksida.
  4. Jangan menyentuh wajah dengan tangan kotor atau memencetnya.

Penutup

Itulah penjelasan dari SapaSehatku tentang apa penyebab jerawat di dagu. Anda perlu menggunakan kandungan yang ampuh untuk mengatasi jerawat. Sebagai langkah pencegahan dan mengurangi jerawat, Anda perlu mencuci muka dengan rutin dua kali sehari.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *