Apakah Air Mawar Bisa Menghilangkan Jerawat?

Jerawat adalah masalah kulit yang kerap kali mengganggu dan membuat kepercayaan diri menurun. Seseorang yang mengalaminya tentu akan melakukan berbagai cara untuk menyembuhkannya. Lalu, pertanyaan muncul apakah air mawar bisa menghilangkan jerawat?

Cara mengatasi jerawat bisa dilakukan dengan berbagai cara baik menggunakan bahan alami atau produk perawatan. Dibandingkan menggunakan obat-obatan kimiawi, Anda bisa mencoba dengan bahan alami seperti air mawar.

Air Mawar Untuk Mengatasi Jerawat

Apakah air mawar bisa menghilangkan jerawat jawabannya adalah iya. Air mawar biasa digunakan pada produk kecantikan yang fungsinya untuk mengencangkan kulit dan membersihkan wajah.

Selain itu, ada manfaat air mawar untuk wajah berjerawat. Air mawar juga bisa sebagai obat untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Air mawar juga membantu Anda untuk menyeimbangkan pH kulit sehingga masalah kulit bisa teratasi.

Cara Efektif Atasi Jerawat dengan Air Mawar 

Setelah Anda mengetahui apakah air mawar bisa menghilangkan jerawat, maka tentunya Anda penasaran bagaimana cara efektif atasi jerawat dengan air mawar.

Hal ini bisa dilakukan baik dari air mawar murni atau tambahan bahan lainnya.

1. Air Mawar Murni

Anda bisa mengatasi jerawat cukup dengan air mawar murni. Cara pemakaiannya adalah membersihkan wajah dan keringkan. Setelah selesai, gunakan pelembab baru kemudian menyemprotkan air mawar pada wajah.

Anda bisa menggunakannya setiap hari agar lebih efektif. Ada juga produk air mawar Viva yang bisa digunakan untuk toner.

2. Air Mawar dan Cuka Apel 

Cuka apel telah dikenal dengan kandungannya yang berfungsi untuk antibakteri dan peradangan sehingga ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat. Campuran air mawar dan cuka apel ini bisa efektif untuk mengobatinya.

Baca Juga :  Cara Mengobati Jerawat dengan Sirih Cina

Adapun bahan dan langkah membuatnya yaitu sebagai berikut:

  1. Cuci wajah menggunakan sabun muka.
  2. Selanjutnya, ambil 2 sendok cuka apel dan masukkan ke dalam cangkir sebelumnya telah diisi oleh air mawar setengahnya.
  3. Gunakan kapas untuk mengoleskan campuran tadi ke wajah. Biarkan sampai mengering.
  4. Anda bisa mengulanginya sebanyak dua kali seminggu sampai jerawat sembuh.

3. Air Mawar dan Lemon 

Anda juga bisa mencampur air mawar dengan lemon karena lemon efektif untuk mengatasi jerawat dan mencerahkan kulit. Campurkan 1 sendok air mawar dan perasan lemon.

Kemudian, aplikasikan dengan mengoleskan campuran tersebut pada wajah yang bersih menggunakan kapas. Tunggu 15 menit dan bilas dengan air. Anda bisa menggunakannya secara rutin 1-2 kali seminggu.

4. Air Mawar dan Soda Kue 

Soda kue memiliki fungsi sebagai antibakteri yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Oleh sebab itu, gunakan kombinasi air mawar dan soda kue untuk menyembuhkan jerawat.

Caranya juga sangat mudah, yang Anda butuhkan adalah 2 sendok soda kue dan 2 sendok air mawar.

Untuk pengaplikasiannya yaitu sebagai berikut:

  1. Cuci wajah sampai bersih dan keringkan.
  2. Campurkan kedua bahan tadi ke dalam mangkuk.
  3. Setelah tercampur seperti pasta, oleskan ke wajah dan lakukan pemijatan lembut dengan gerakan memutar.
  4. Jika sudah, bilas dengan air.
  5. Untuk hasil maksimal, ulangi perawatan ini 1-2 kali seminggu.

Campuran air mawar dan soda kue ini tidak disarankan untuk kulit sensitif karena bisa saja ada efek samping dari air mawar dan campuran soda kue yang bisa menyebabkan iritasi dan rasa terbakar.

Jawaban apakah air mawar bisa menghilangkan jerawat ternyata adalah bisa. Anda bisa menggunakan bahan alami ini dan mencampurnya dengan bahan lainnya agar lebih efektif.

Baca Juga :  Kenapa Jerawat Gatal? Berikut Cara Mengobatinya

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published.