Apakah Bawang Putih Bisa Menghilangkan Jerawat? Ini Jawabannya

Banyak bahan masakan yang ternyata bisa digunakan sebagai obat kecantikan, salah satunya yakni bawang putih. Lantas, apakah bawang putih bisa menghilangkan jerawat? Kandungan allicin pada bawang putih diyakini efektif membunuh bakteri penyebab jerawat.

Bagaimana cara yang tepat menghilangkan jerawat menggunakan bawang putih? Simak selengkapnya di sini!

Apakah Bawang Putih Bisa Menghilangkan Jerawat Pada Wajah?

Apakah bawang putih bisa menghilangkan jerawat? Jawabannya adalah iya, benar. Bawang putih yang biasanya digunakan sebagai penyedap makanan ini termasuk bahan alami yang sering diteliti karena disebut memiliki berjuta manfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan kulit wajah.

Tanaman dari genus Allium ini akan kaya antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Salah satu manfaat bawang putih yang cukup terkenal adalah ampuh menghilangkan jerawat.

Selain itu, Allicin pada bawang putih juga dapat meningkatkan sirkulasi darah serta mengurangi pembengkakan dan peradangan. Bawang putih memiliki kandungan antiseptik, antijamur, antibakteri, dan antivirus dari Allicin.

Namun perlu diingat, untuk mengetahui apakah bawang putih bisa menghilangkan jerawat, sebaiknya uji coba terlebih dahulu apakah kulit Anda dapat menerimanya atau tidak.

Bawang putih tidak selalu bereaksi positif terhadap semua kulit wajah. Ada beberapa orang yang mengalami iritasi wajah karena menggunakan pengobatan alami dengan bawang putih.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih

Menggunakan bawang putih untuk pengobatan jerawat pada wajah tidak boleh asal-asalan. Jangan sampai niat Anda menghilangkan jerawat malah berdampak membuatnya semakin parah. Berikut beberapa cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan bawang putih yang benar:

1. Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih Secara Langsung ke Kulit

Cara pertama mendapatkan khasiat bawang putih untuk jerawat adalah dengan mengoleskannya secara langsung pada kulit berjerawat. Begini turotial yang bisa diterapkan:

  1. Haluskan sekitar 3 siung bawang putih mentah.
  2. Oleskan bawang putih yang telah dihaluskan pada kulit wajah yang berjerat dan tunggu selama beberapa menit.
  3. Bilas kulit menggunakan air hingga bersih.
  4. Keringkan kulit wajah dengan handuk bersih dengan lembut.
Baca Juga :  Mengapa Saat Pubertas Biasanya Disertai dengan Munculnya Jerawat di Muka: Fakta, Penyebab, dan Cara Mengatasi Jerawat pada Masa Remaja

2. Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih Dicampur Yogurt dan Madu

Masker bawang putih ini memiliki manfaat bisa mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. Sel kulit mati ini merupakan penyebab mengapa pori-pori wajah bisa tersumbat dan menimbulkan jerawat. Cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Haluskan 4 siung bawang putih mentah.
  2. Campurkan bawang putih yang sudah dihaluskan tersebut dengan 1 sendok makan yogurt original dan setengah sendok teh madu. Aduk hingga merata.
  3. Oleskan campuran tersebut ke permukaan kulit wajah dan pijat perlahan.
  4. Diamkan masker selama beberapa menit.
  5. Bilas wajah dengan air sampai bersih.

3. Menghilangkan Jerawat dengan Air Perasan Bawang Putih

Selain menggunakan tumbukan bawang putih, Anda juga bisa menggunakan perasan air dari tumbukan bawang putih. Ikuti langkah di bawah ini untuk menghilangkan jerawat dengan air perasan bawang putih:

  1. Haluskan sekitar 5 siung bawang putih mentah.
  2. Diamkan bawang putih yang sudah dihaluskan selalam kurang lebih 10 menit.
  3. Gunakan kain tipis yang bersih untuk memeras sari dari bawang putih tersebut.
  4. Oleskan perasan air bawang putih ke area kulit yang berjerawat.
  5. Diamkan sekitar 10 menit.
  6. Bilas kulit wajah dengan air sampai bersih dan sisa olesan hilang.

Itulah penjelasan dari sapasehatku terkait apakah bawang putih bisa menghilangkan jerawat atau tidak. Meskipun bermanfaat bagi kulit wajah dan diyakini memiliki kandungan yang baik, Anda harus mengetahui terlebih dulu kondisi kulit wajah serta apa yang tidak bisa diterima oleh wajah Anda.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dan bekasnya sampai tuntas1

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Sampai Tuntas: Panduan Lengkap

Jerawat dan bekasnya adalah dua masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang. Jerawat dapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *