Apakah Begadang Bisa Menyebabkan Jerawat? Jadi..

Beberapa perilaku dan pola hidup yang tidak sehat tanpa kita sadari dapat menyebabkan masalah kesehatan mulai dari terkecil hingga penyakit yang serius. Salah satunya adalah begadang. Apakah begadang bisa menyebabkan jerawat?  Berikut rinciannya.

Pola hidup yang tidak sehat memicu timbulnya risiko penyakit. Begadang juga menyebabkan berbagai penyakit seperti obesitas, masalah jantung, sampai diabetes. Itu adalah dampak panjang dari begadang. Namun ada pula dampak pendeknya yaitu munculnya jerawat.

Dampak Buruk Begadang pada Jerawat 

Efek buruk begadang pada jerawat adalah benar karena begadang memicu masalah pada kulit. Selain begadang, penyebab jerawat juga bisa karena stress dan produksi sebum yang berlebihan.

Begadang dapat mengganggu ritme sirkadian yang berfungsi untuk mengontrol waktu biologis tubuh. Jika ritme ini terganggu, maka bisa mengganggu keseimbangan hormon.

Hormon yang tidak seimbang inilah yang dapat menyebabkan munculnya jerawat. Berdasarkan ahli, begadang bisa memicu pelepasan hormon kortisol. Hormon ini yang dapat memunculkan peradangan yang ada di kulit termasuk wajah.

Peradangan inilah yang membuat masalah kulit seperti jerawat sampai eksim. Jadi, apakah begadang bisa menyebabkan jerawat? Jawabannya adalah iya.

Begadang akan memperburuk masalah kulit karena hormon stress di dalam tubuh meningkat sehingga menurunkan daya tahan tubuh.

Kebiasaan Buruk Lain Akibat Jerawat 

Tak hanya begadang, kebiasaan buruk akibat jerawat lainnya juga banyak. Anda perlu mengetahui apa sajakah itu agar bisa menghindari kebiasaan buruk ini diulang kembali.

Berikut macam-macamnya:

1. Menyentuh Kulit dengan Tangan Kotor

Tanpa disadari, tangan adalah tempat yang mudah bersarang bakteri karena dengan tangan, kita dapat menyentuh berbagai benda.

Akibatnya, jika tangan menyentuh wajah, besar kemungkinan bakteri tadi berpindah dan menempel di kulit wajah. Ini bisa menyumbat pori-pori dan membuat Anda rentan berjerawat.

Baca Juga :  Cara Mengempeskan Jerawat yang Bengkak Dengan Bahan Alami

Oleh sebab itu, bersihkan tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah serta pastikan alat make-up Anda bersih.

Hal ini karena kotoran bisa saja menempel di alat make-up dan jika digunakan akan memicu timbulnya jerawat.

2. Jarang Mencuci Rambut 

Kebiasaan lain selain begadang yang memunculkan jerawat adalah jarang keramas. Rambut adalah yang paling dekat dengan wajah kita. Jadi, jika rambut tidak dicuci otomatis rambut yang menempel ke wajah akan memindahkan kotoran pemicu jerawat.

Untuk itu, seringlah untuk keramas agar wajah juga bersih dan terhindar dari kotaran di rambut.

3. Memencet Komedo 

Kenapa wajah jerawatan? Ini bisa karena kebiasaan memencet komedo juga bisa mengakibatkan jerawat. Hal ini karena saat memencetnya, kotoran di tangan bisa menempel di wajah. Selain itu, dapat menyebabkan iritasi di wajah sehingga menyebabkan peradangan yang memicu tumbuhnya jerawat.

4. Mencuci Muka yang Salah 

Cuci muka memang penting, namun pengaplikasiannya juga harus benar agar tidak mengiritasi kulit. Cucilah muka sesuai petunjuk sabun wajah maksimal 2 kali sehari, pagi dan malam setelah beraktivitas.

Jangan terlalu sering mencuci muka karena bisa menyebabkan kulit kering dan sensitif sehingga jerawat gampang muncul.

5. Produk Skincare Tidak Cocok

Pemicu terakhir timbulnya jerawat adalah produk skincare yang tidak cocok. Selalu pilih produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit Anda supaya optimal untuk merawat kulit bukan malah semakin memperburuk masalah kulit Anda.

Dari penjelasan di atas, Anda dapat mengetahui apakah begadang bisa menyebabkan jerawat. Setelah ditelusuri, begadang adalah salah satu pemicu tumbuhnya jerawat. Oleh sebab itu, cara menghilangkan jerawat begadang yaitu atur pola tidur Anda.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published.