Apakah Kulit Pisang Bisa Menghilangkan Jerawat?

Banyak cara untuk menyembuhkan jerawat. Mulai dari penggunaan produk kecantikan sampai dengan perawatan laser. Namun, tak jarang pula cara mengatasi jerawat dilakukan menggunakan alami. Apakah kulit pisang bisa menghilangkan jerawat?

Pisang memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Di dalam pisang mengandung banyak vitamin yang diperlukan tubuh. Lalu, bagaimana dengan kulitnya? Apakah bisa menyembuhkan jerawat?

apakah kulit pisang bisa menghilangkan jerawat

Apakah Kulit Pisang Bisa Menghilangkan Jerawat

Di dalam pisang banyak nutrisi yang bisa menyembuhkan jerawat. Salah satu kandungan yang bermanfaat yaitu adanya antioksidan seperti lutein yang bisa melindungi kulit dan menghindari kerusakan.

Berikut kandungan yang bermanfaat di dalam pisang yang berfungsi untuk menghilangkan jerawat. Simak selengkapnya.

1. Kulit Pisang Mengandung Fenolat

Di dalam kulit pisang mengandung Fenolat yang berfungsi untuk anti peradangan atau anti inflamasi. Telah diketahui bahwa jerawat disebabkan karena munculnya peradangan pada kulit diakibatkan oleh pori-pori yang tersumbat.

Oleh sebab itu, Anda bisa mengurangi peradangan tersebut dengan menggunakan kulit pisang. Berdasarkan penelitian, Fenolat pada kulit pisang juga bermanfaat sebagai anti bakteri atau membunuh bakteri.

Sedangkan jerawat bisa disebabkan oleh bakteri yang ada di wajah. Oleh sebab itu, kulit pisang termasuk buah yang bisa menghilangkan jerawat.

2. Kulit Pisang Mengandung Sumber Asam Lemak

Kandungan kulit pisang untuk wajah yang berjerawat yaitu adanya sumber asam lemak esterifikasi yang banyak. Sumber ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis.

Selanjutnya, kulit pisang juga mengandung Zinc yang bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Kandungan inilah yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat secara langsung.

Tidak Ada Penelitian Lanjutan

Meskipun ada banyak kandungan kulit pisang yang bisa dihubungkan dengan cara mengatasi jerawat, Anda juga harus tahu bahwa masih belum ada penelitian kandungan kulit pisang untuk obati jerawat secara langsung.

Baca Juga :  Toner Untuk Mengecilkan Pori-pori dan Menghilangkan Bekas Jerawat

Dengan demikian, apakah kulit pisang bisa menghilangkan jerawat? Jawabannya secara garis besar adalah bisa. Namun, perlu adanya penelitian lanjutan untuk membuktikannya.

Apakah aman kulit pisang untuk wajah? Jika memiliki kulit sensitif sebaiknya tidak menggunakan penyembuhan dengan kulit pisang karena dikhawatirkan terjadi alergi atau tidak cocok menggunakan bahan tersebut.

Jadi, lebih baik untuk dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk mengobati jerawat secara efektif.

Cara Pakai Kulit Pisang Untuk Atasi Jerawat

Setelah Anda mengetahui berbagai manfaat kulit pisang untuk wajah dari kandungan yang ada di dalamnya, Anda bisa melakukan perawatan menggunakan cara memakai kulit pisang untuk wajah berikut.

  1. Cara menggunakan kulit pisang untuk menghilangkan jerawat yang pertama adalah melakukan pembersihan wajah terlebih dahulu agar lebih optimal menghilangkan jerawat. Cuci muka menggunakan pembersih wajah lalu keringkan dengan handuk.
  2. Cara kedua yaitu menyiapkan bahan untuk perawatan, yaitu kulit pisang. Potong kecil-kecil kulit pisang tersebut agar lebih mudah keluar sarinya.
  3. Cara ketiga yaitu menggosokkan kulit pisang yang sudah dipotong tersebut ke daerah yang berjerawat. Gosokkan secara perlahan sampai kulit pisang berubah warna menjadi coklat.
  4. Cara terakhir, yaitu dengan membiarkan cairan tersebut terserap selama 30 menit. Setelah itu, bilas wajah yang sudah dioleskan kulit pisang dengan air hangat.

Penutup

Dari penjelasan SapaSehatku di atas, dapat disimpulkan bahwa apakah kulit pisang bisa menghilangkan jerawat? Jawabannya adalah iya karena kandungan yang ada berpotensi untuk menyembuhkan. Namun, perlu penelitian lebih lanjut tentang keefektivitasan dari kulit pisang terhadap jerawat.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published.