Apakah Lemon Bisa Menghilangkan Jerawat?

Banyak orang yang menggunakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat. Salah satu bahan yang dipercaya bisa menghilangkan jerawat adalah lemon. Apakah lemon bisa menghilangkan jerawat atau hanya mitos saja? Berikut akan dijelaskan dalam artikel ini.

apakah lemon bisa menghilangkan jerawat

Lemon adalah buah yang memang memiliki berbagai manfaat. Rasanya yang enak juga membuat banyak orang menyukainya. Tak hanya, itu, lemon juga seringkali menjadi bahan komposisi di produk kecantikan.

Apakah Lemon Bisa Menghilangkan Jerawat?

Pertanyaan ini yang sering dikemukakan oleh banyak orang. Apakah lemon baik untuk wajah? Pasalnya, banyak produk kecantikan yang menggunakan lemon sebagai bahan tambahan skincare.

Kandungan lemon yaitu ada Vitamin C, asam sitrat, sampai dengan antioksidan. Formula tersebut bisa menghilangkan jerawat. Jadi jawaban atas apakah lemon bisa menghilangkan jerawat adalah bisa.

1. Asam Sitrat

Asam sitrat pada lemon berfungsi sebagai zat eksfoliasi yang bisa menghilangkan sel kulit mati dan pembasmi bakteri. Sedangkan jerawat merupakan peradangan yang ditimbulkan dari bakteri dan sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori wajah.

Dengan demikian, penggunaan lemon ini bermanfaat untuk mengurangi jerawat karena bisa menghilangkan sel kulit mati dan bakteri.

2. Vitamin C

Selanjutnya, lemon juga memiliki kandungan Vitamin C yang berguna sebagai anti aging. Anti aging ini akan melawan radikal bebas sehingga wajah menjadi lebih cerah dan mengurangi kerutan.

3. Antioksidan

Selanjutnya, lemon juga mengandung antioksidan yang bisa melembabkan dan menghilangkan bekas jerawat.

Meskipun begitu, penggunaan lemon untuk jerawat secara langsung belum dipastikan penelitiannya. Oleh sebab itu, perlu dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum menggunakannya.

Risiko Penggunaan Lemon Secara Langsung

Lemon memang mengandung berbagai khasiat yang ampuh untuk menghilangkan jerawat. Oleh sebab itu, lemon dipakai menjadi bahan skincare. Namun, itu diproses dan ditambahkan dengan campuran lain agar efektif menghilangkan jerawat.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Jerawat Mendem? Berikut Tips-Tipsnya

Lalu, bagaimana jika mengoleskannya secara langsung? Untuk hal ini sebenarnya tidak dianjurkan. Lemon lebih baik tidak dipakai langsung ke wajah atau menjadikannya sebagai masker.

Hal ini karena kandungan lemon yang tinggi bisa menyebabkan berbagai risiko. Ciri wajah yang tidak cocok dengan lemon bisa mengakibatkan kondisi seperti berikut:

  • Luka bakar
  • Ruam, peradangan, dan iritasi kulit
  • Kulit sensitif jika terkena matahari
  • Perih dan dermatitis kontak.

Itulah beberapa efek samping lemon untuk jerawat. Hal ini bisa terjadi terutama bagi orang yang sudah memiliki kulit sensitif. Kandungan asam pada lemon cukup tinggi yaitu pH 2. Hal ini bisa menyebabkan iritas jika digunakan langsung.

Selain itu, kandungan lemon juga bisa memunculkan penyakit kulit jika terpapar langsung oleh matahari ketika menggunakannya di wajah.

Oleh sebab itu, lebih baik untuk memakai lemon dengan porsi yang sedikit dan dicampur dengan bahan alami lainnya sehingga tidak mengiritasi.

Tips Pakai Lemon yang Aman

Untuk menghindari berbagai permasalahan di atas, Anda bisa menggunakan tips cara menggunakan lemon untuk menghilangkan jerawat yang aman:

  1. Tidak menggunakannya jika memiliki kulit sensitif.
  2. Jangan dioleskan perasan air lemon langsung.
  3. Campur dengan madu atau oatmeal yang bisa mendinginkan sehingga tidak mengiritasi.
  4. Jangan menggunakannya terlalu lama cukup 5 menit.
  5. Jangan aplikasikan tiap hari dan hentikan apabila terjadi iritasi.

Penutup

Jadi, apakah lemon bisa menghilangkan jerawat? Jawabannya adalah bisa tapi harus dengan takaran yan tepat oleh sebab itu akan lebih praktis jika menggunakan produk yang sudah dijual bebas dan terbukti aman untuk atasi jerawat.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *