Apakah Lidah Buaya Bisa Menghilangkan Jerawat?

Aloe vera atau biasa disebut lidah buaya ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Tanaman yang memiliki banyak manfaat ini menjadi salah satu tanaman yang memiliki banyak khasiat lidah buaya untuk wajah. Lalu apakah lidah buaya bisa menghilangkan jerawat?

Apakah Lidah Buaya Bisa Menghilangkan Jerawat

Lidah buaya memiliki kandungan antibakteri yang bisa mengurangi peradangan serta menghilangkan jerawat. Jadi selain dimanfaatkan menjadi produk skincare, lidah buaya juga bisa dimanfaat untuk mengurangi jerawat secara alami loh.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba khasiat lidah buaya untuk wajah? Kamu bisa simak ulasan hingga selesai ya.

Kandungan Lidah Buaya

Sebelum kita bahas apakah lidah buaya bisa menghilangkan jerawat?, berikut kita ulas kandungan dari lidah buaya. Daging lidah buaya memiliki kandungan berbagai vitamin dan mineral baik seperti vitamin A, C, E bahkan B12. 

Selain itu, lidah buaya juga mengandung antioksidan yang kuat. Kandungan ini yang membuat lidah buaya banyak dimanfaatkan dalam dunia kecantikan. Seperti skincare, kosmetik, krim, maupun lotion. 

Namun ternyata, selain dimanfaatkan dalam pembuatan produk kecantikan, lidah buaya bisa dimanfaatkan langsung sebagai perawatan kulit untuk menghilangkan jerawat bahkan peradangan.

Apakah Lidah Buaya Bisa menghilangkan Jerawat? Begini Caranya

Apakah lidah buaya bisa menghilangkan jerawat? Ya, seperti yang telah dijelaskan diatas, manfaat lidah buaya untuk wajah itu banyak, salah satunya menghilangkan jerawat dan bekasnya. Begini cara menggunakan lidah buaya yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jerawat.

1. Gel Lidah Buaya

Cara yang pertama kamu bisa menggunakan gel lidah buaya tanpa campuran apapun. Karena dari sebuah penelitian menunjukan bahwa lidah buaya memiliki suatu karakteristik yang dapat memerangi jerawat, seperti antibacterial, antioksidan, dan anti-inflamasi.

Jadi kamu bisa menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan jerawat, caranya mudah banget,

  • Ambil satu buah lidah buaya
  • Kupas kulitnya
  • Aplikasi gel lidah buaya pada area wajah yang berjerawat
  • Dan biarkan semalaman, jangan lupa bilas dengan air bersih pada pagi harinya.
Baca Juga :  Makanan yang Bisa Menghilangkan Jerawat: Rahasia Kulit Bersih dan Sehat

2. Lidah Buaya dan Air Lemon

Cara yang kedua kamu bisa campur gel lidah buaya dengan perasan air lemon. Karena lemon sendiri mengandung asam sitrat yang bisa membantu mengobati jerawat. Air lemon murni yang bersifat asam, ketika dicampur dengan lidah buaya bisa mencegah iritasi pada kulit.

Kamu bisa jadikan campuran gel lidah buaya dengan air lemon, begini cara pembuatannya,

  • Siapkan ¼ sendok teh air lemon
  • Siapkan gel lidah buaya yang sudah dipisahkan dengan kulitnya sebanyak 2 sendok makan
  • Campur kedua bahan
  • Kemudian oleskan pada area wajah, hindari penggunaan pada area dekat mata
  • Tunggu selama kurang lebih 10 menit
  • Cuci wajah menggunakan air bersih

3. Lidah Buaya, Madu, dan Kayu Manis

Yang ketiga menggunakan lidah buaya, madu dan kayu manis. Selain lidah buaya yang memiliki kandungan antibacterial, kayu manis dan madu juga memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi alami 

Tidak salah jika perpaduan ketiga bahan ini digunakan untuk perawatan dalam menghilangkan jerawat. Kamu bisa menggunakan campuran lidah buaya untuk setiap hari sebagai masker wajah, begini caranya.

  • Siapkan 2 sendok makan madu, 1 sendok gel lidah buaya, dan ¼ sendok teh kayu manis bubuk
  • Campur ketiga bahan tersebut hingga merata
  • Oleskan pada wajah
  • Tunggu selama kurang lebih 10 menit
  • Kemudian kamu bisa basuh wajah dengan air hangat maupun air bersih.

4. Lidah Buaya dan Tea Tree Oil

Penggunaan tea tree oil karena berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan pada Jurnal Kedokteran Diponegoro tahun 2015 lalu, menunjukan bahwa tea tree oil berpeluang efektif dalam mengobati jerawat ringan hingga sedang.

Untuk itu, ketika tea tree oil dicampur dengan gel lidah buaya bisa digunakan sebagai pembersih wajah, menghilangkan jerawat hingga meredakan peradangan akibat jerawat. Untuk membuatnya juga cukup muda.

  • Siapkan gel lidah buaya dan 2-3 tetes minyak tea tree oil
  • Kemudian campur keduanya
  • Aplikasikan pada area wajah yang diinginkan
Baca Juga :  Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung Ampuh

5. Lidah Buaya, Gula dan Minyak

Cara yang ketiga kamu bisa gunakan campuran lidah buaya, gula, dan minyak sebagai scrub alami di rumah. Tekstur kasar dari gula bisa membantu menghilangkan lapisan kulit mati. Sementara minyak kelapa dapat membantu dalam melawan jerawat.

Cara membuatnya juga mudah, kamu cukup campurkan ketiga bahan tersebut dengan perbandingan gula, minyak dan gel lidah buaya 2:2:1. Setelah ketiga bahan tersebut dicampur, kamu langsung bisa menggunakannya sebagai scrub wajah.

6. Lidah Buaya, Kunyit dan Madu

Manfaat lidah buaya untuk wajah berjerawat ternyata juga dimiliki oleh madu dan kunyit. Untuk itu mencampurkan ketiga bahan tersebut untuk masker bisa membuat wajah lebih cepat terbebas dari jerawat. Kamu bisa gunakan campuran lidah buaya untuk setiap hari.

  • Campurkan gel lidah buaya, kunyit, dan madu. Kamu juga bisa tambahkan susu maupun air mawar
  • Aduk bahan tersebut sampai merata
  • Oleskan campuran pada area wajah yang diinginkan
  • Kemudian diamkan sekitar 15-20 menit
  • Dan bilas menggunakan air bersih

Menggunakan lidah buaya sebagai perawatan kulit memang bagus. Namun, alangkah baiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahlinya untuk mengetahui dengan pasti seperti apa kondisi kulit kamu.

Apa Efek Samping Penggunaan Lidah Buaya?

Setelah kita bahas apakah lidah buaya bisa menghilangkan jerawat beserta caranya. Kita akan membahas efek samping dari penggunaan lidah buaya yang berlebihan. 

Jadi meskipun manfaat lidah buaya untuk wajah itu banyak, namun penggunaan lidah buaya memiliki efek samping juga. Apabila digunakan berlebihan atau memang tidak sesuai dengan keadaan kulit penggunanya. Berikut beberapa efek samping dari penggunaan lidah buaya.

1. Resiko Peradangan

Selain bisa meredakan peradangan pada kulit berjerawat, ternyata lidah buaya juga bisa menimbulkan efek peradangan apabila digunakan pada waktu yang cukup lama pada kulit yang sensitif. 

Baca Juga :  Macam-Macam Jerawat dan Cara Mengatasinya: Panduan Lengkap

Untuk itu hentikan penggunaan lidah buaya apabila timbul rasa tidak enak pada wajah.

2. Kulit Gatal

Penggunaan lidah buaya juga beresiko membuat kulit wajah menjadi gatal. Untuk itu, apabila timbul ruam merah setelah menggunakan lidah buaya, cepat bilas wajah dan konsultasikan kepada dokter atau ahlinya.

3. Muncul Bintik Merah

Resiko yang ketiga adalah munculnya bintik merah pada wajah. Penggunaan lidah buaya memang tidak disarankan bagi kulit sensitif karena bisa menimbulkan efek gatal, ruam kemerahan hingga bintik-bintik merah pada wajah. 

Untuk itu, sebelum mengoleskan campuran lidah buaya pada wajah, kamu bisa mengoleskannya terlebih dahulu pada bagian telinga belakang. Apabila muncul rasa gatal bahkan bintik merah, sebaiknya kamu urungkan penggunaannya pada area wajah.

Penutup

Itu dia sedikit penjelasan mengenai apakah lidah buaya bisa menghilangkan jerawat serta efek samping dalam penggunaan lidah buaya. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat serta membuat kamu lebih teliti dalam memilih perawatan bagi kulit wajah.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dan bekasnya sampai tuntas1

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Sampai Tuntas: Panduan Lengkap

Jerawat dan bekasnya adalah dua masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang. Jerawat dapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *