Apakah Makan Kacang Menyebabkan Jerawat?

Banyak mitos seputar jerawat yang perlu diluruskan. Kemudian, ada pertanyaan muncul apakah makan kacang menyebabkan jerawat? Apakah ini masuk fakta atau mitos? Simak penjelasannya berikut ini.

Kacang adalah makanan yang mengandung lemak dan vitamin yang tinggi. Selain itu, kacang bermanfaat untuk menambah asupan protein. Banyak orang yang menghubungkan makanan ini dengan penyebab timbulnya jerawat. Apakah ini benar?

apakah makan kacang menyebabkan jerawat

Penyebab Jerawat

Umumnya, jerawat disebabkan karena pori-pori kulit wajah yang tersumbat akibat bakteri, debu, dan kotoran yang menempel. Pori yang tersumbat ini menyebabkan produksi kelenjar minyak berlebih sehingga menyebabkan peradangan pada kulit atau menjadi jerawat.

Selain itu, wajah yang berjerawat biasanya sering muncul di masa remaja. Hal ini karena produksi hormon yang tidak stabil saat mengalami pubertas.

Contohnya ketika siklus menstruasi terjadi, maka hormon androgen tinggi sehingga meningkatkan produksi sebum.

Apakah Makan Kacang Menyebabkan Jerawat?

Kacang memiliki kandungan lemak yang tinggi. Dari sini, banyak yang beranggapan bahwa kacang bisa memunculkan jerawat.

Berdasarkan penelitian yang dikemukakan oleh para ahli di Harvard, kacang bisa memicu jerawat. Namun, itu karena reaksi alergi oleh seseorang yang tidak toleran terhadap kacang. Sama seperti ketika orang alergi susu sapi, maka bisa juga menyebabkan jerawat.

Untuk mengetahui apakah makan kacang bisa menimbulkan jerawat karena alergi, Anda bisa mengetahuinya dengan tidak makan selama 1-2 bulan. Lalu, lihat perubahan yang terjadi. Jika jerawat berkurang dan bersih, maka itu berarti Anda memang alergi kacang.

Manfaat Kacang Untuk Kulit

Apakah makan kacang menyebabkan jerawat? Faktanya tidak demikian. Kacang malah bagus untuk kulit. Apakah manfaat dari kacang? Banyak ahli yang menyebut bahwa kacang malah bisa mengurangi jerawat. Hal ini karena kandungannya yang memiliki asam lemak omega 3.

Baca Juga :  Kenali Gejala Benjolan Kecil Seperti Jerawat Di Payudara

Asam lemak ini bermanfaat untuk mengatasi permasalahan kulit karena bersifat anti radang. Sedangkan penyebab jerawat disebabkan oleh peradangan. Oleh sebab itu, secara teori kacang akan mampu menyembuhkannya.

Selain omega 3, kacang juga memiliki kandungan asam oksalat yang berfungsi untuk mencegah jerawat. Jenis kacang kedelai juga bersifat anti peradangan sehingga bisa untuk mengurangi jerawat.

Ada pula kandungan lain yang diperlukan oleh tubuh yaitu Vitamin A, B6, B3, C, dan E. Vitamin tersebut akan membuat kulit menjadi lembap dan tidak kering.

Jenis kacang yang bermanfaat untuk kulit seperti almond dan mete. Mete mengandung selenium dan zinc yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

Tips Makan Kacang Tidak Jerawatan

Bagaimana cara mencegah jerawat? Dalam mengkonsumsi kacang, akan lebih baik jika memasaknya dengan cara dipanggang. Dengan begitu, akan lebih sehat untuk tubuh.

Hindari untuk menggorengnya dengan minyak karena ini justru akan menyebabkan jerawat karena banyaknya lemak jenuh yang diserap oleh tubuh.

Selain itu, makanan yang menyebabkan jerawat sebenarnya bukanlah karena es krim, coklat, atau kacang seperti yang selama ini sering disalah artikan. Sebenarnya, yang menjadi pemicu lainnya adalah konsumsi makanan manis terlalu banyak.

Jika mengkonsumsi gula maka ini akan meningkatkan hormon insulin sehingga hormon androgen menjadi tidak stabil (berlebih). Inilah yang menyebabkan produksi minyak berlebih.

Penutup

Berdasarkan penjelasan SapaSehatku di atas, petanyan apakah makan kacang menyebabkan jerawat terjawab. Jawabannya adalah tidak. Itu hanyalah mitos belaka karena kacang justru bermanfaat untuk kulit. Namun, jerawat bisa saja terjadi jika Anda alergi pada kacang. Konsultasikan lebih lanjut ke dokter.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *