Apakah Makan Telur Bisa Menyebabkan Jerawat?

Banyak yang mengatakan kalau telur bisa menyebabkan jerawat. Lalu, apakah makan telur bisa menyebabkan jerawat? Hal ini yang banyak orang ingin ketahui. Pasalnya, ada yang merasa kalau semakin banyak memakan telur, maka semakin banyak pula jerawatnya.

apakah makan telur bisa menyebabkan jerawat

Biasanya, penyebab jerawat adalah karena minyak yang berlebih, kuli kotor, sampai karena timbulnya bakteri. Bahkan ada yang menyebut bahwa stress juga mempengaruhi timbulnya jerawat. Bagaimana dengan telur? Apakah telur bisa menyebabkan jerawat?

Kandungan Telur yang Memicu Jerawat

Telur memiliki kandungan protein yang sangat diperlukan oleh tubuh. Makanan ini memiliki nutrisi untuk tubuh tapi mengandung bahan yang bisa menyebabkan jerawat.

Meskipun sampai saat ini belum bisa dipastikan penelitian tentang telur sebagai penyebab jerawat, namun telur sendiri dapat menimbulkan efek yang berbeda di tiap orang. Ada yang alergi dan tidak.

Biasanya tanda alerginya ini akan memicu kulit kemerahan, gatal, atau muncul jerawat di wajah. Jadi, jawaban apakah makan telur bisa menyebabkan jerawat adalah tergantung dari individunya.

Apakah memiliki reaksi alergi atau tidak. Berdasarkan Clear Steam Skincare, kandungan telur bisa memicu tumbuhnya jerawat. Berikut adalah beberapa kandungannya:

1. Albumin

Albumin adalah putih telur yang termasuk pada bagian telur yang menyebabkan jerawat. Bagian Albumin ini yang bisa menyumbat sistem limfatik. Ditandai dengan adanya peradangan di area tengah seperti hidung, pipi, sampai dagu.

Jika dimakan setiap hari, orang yang mempunyai alergi terhadap terlur ini dapat menyebabkan peradangan sampai bagian leher.

2. Progesteron

Kandungan lain pada telur yang dapat memicu jerawat adalah adanya hormon progesteron. Hormon ini adalah pemicu jerawat apalagi jika tingkat hormonnya menjadi naik. Sama halnya dengan masa haid dimana hormon tidak seimbang sehingga menimbulkan jerawat.

Baca Juga :  Jerawat di Dagu Pertanda Apa? Masalah Kesehatan?

Jadi, jika mengkonsumsi telur maka akan menambah hormon ektra pada tubuh yang juga menjadi tidak stabil dan memunculkan jerawat.

3. Biotin

Beberapa ahli juga berhipotesis bahwa telur dapat menyebabkan jerawat karena adanya kandungan biotin di dalamnya. Setiap satu butir telur mengandung sekitar 20-30% biotin. Namun, jika dibandingkan dengan suplemen yang ada, kandungannya tidak seberapa tinggi.

Perlu diketahui, biotin yang berlebih dapat merangsang pembentukan keratin yang menjadi salah satu faktor penyebab jerawat. Namun, hipotesis ini perlu dilakukan penelitian tambahan karena belum tentu biotin pada telur dapat menyebabkan jerawat.

Ini karena setiap orang memiliki tingkat peradangan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan apa reaksi yang timbul pada wajah ketika makan telur. Jika malah berjerawat, maka lebih baik untuk menguranginya dan tidak mengonsumsinya setiap hari.

Makanan yang Menyebabkan Jerawat

Selain memakan telur, ada pula makanan yang memperburuk jerawat lainnya, yaitu sebagai berikut:

  • Gula dan permen: konsumsi gula secara berlebih dapat meningkatkan resistansi insulin yang bisa menghasilkan banyak hormon testosteron. Banyaknya hormon ini bisa menyebabkan timbulnya jerawat.
  • Produk susu dan keju: makanan ini juga mampu untuk meningkatkan hormon insulin.
  • Fast Food atau makanan cepat saji: selain buruk untuk kesehatan, makanan ini juga menyebabkan munculnya jerawat karena memiliki kandungan gula dan lemak yang tinggi. Produksi minyak di wajah menjadi banyak sehingga memicu jerawat.
  • Kacang: mengandung omega 6 yang memicu jerawat.

Penutup

Demikian jawaban dari pertanyaan apakah makan telur bisa menyebabkan jerawat. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan telur bisa menyebabkan jerawat karena dari kandungannya namun dibutuhkan penelitian lanjutan guna memastikannya.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dan bekasnya sampai tuntas1

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Sampai Tuntas: Panduan Lengkap

Jerawat dan bekasnya adalah dua masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang. Jerawat dapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *