Apakah Makanan Pedas Bisa Menyebabkan Jerawat?

Banyak orang yang bertanya, apakah makanan pedas bisa menyebabkan jerawat? Jerawat menjadi musuh hampir setiap orang lantaran kemunculannya bisa mengganggu penampilan. Banyak pula faktor yang menjadi penyebab timbulnya jerawat seperti makanan pedas.

Pada umumnya, jerawat adalah tanda hadirnya kekacauan di kelenjar sebaceous, yang mana dimulai dari lapisan dermis kulit mu. Folikel rambut dapat tersumbat dengan kotoran dan minyak berlebih, meski terkadang sumbatan ini tidak terlihat di permukaan kulit.

Apakah Makanan Pedas Bisa Menyebabkan Jerawat? 

Makanan pedas sering kali dikaitkan kepada masalah kulit. Hal satu ini pun kerap menjadi perbincangan ketika membahas tentang mitos atau fakta bahwa makanan pedas dapat menjadi pemicu masalah jerawat. Namun, apakah informasi tersebut benar?

Sama halnya dengan makanan manis yang terlalu banyak mengandung gula hingga jenis makanan cepat saji yang mengandung lemak jenuh, terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas sering dikaitkan dengan berbagai efek negatif pada tubuh dan masalah kulit.

Secara tipikal, makanan pedas sebenarnya bukan penyebab timbulnya jerawat di kulit wajah secara langsung. Melainkan kondisi seseorang yang mungkin lebih sensitif terhadap sifat inflamasi dari makanan pedas yang tinggi.

Jika mengulas lebih dalam apakah makanan pedas bisa menyebabkan jerawat, berikut ini alasan lain yang dapat menjadikan makanan pedas sebagai salah satu makanan penyebab jerawat, yaitu:

1. Makanan Pedas Bisa Meningkatkan Peradangan Kulit

Makanan pedas ternyata bisa menyebabkan peradangan pada tubuh, terutama di perut. Jika makanan pedas dikonsumsi secara berlebihan dan terus-menerus, perut pun bisa menjadi sakit.

Selain itu, masalah perut jangka panjang dapat menyebabkan radang usus. Peradangan ini kemudian berpengaruh pada kondisi kulit penderitanya, seperti timbulnya jerawat di pipi atau area wajah lainnya hingga eksim.

Baca Juga :  Apakah Sperma Bisa Menyembuhkan Jerawat

2. Makanan Pedas Mengandung Asam Likopen   

Di dalam makanan pedas, terdapat asam Likopen yang bisa mengganggu pH kulitmu. Kandungan ini dapat memicu timbulnya jerawat atau menjadikan kulit lebih rentan terhadap jerawat.

Selain itu, makanan pedas juga menyebabkan produksi minyak berlebih di wajah. Kotoran pada kulit yang terperangkap oleh minyak kemudian berpotensi menimbulkan jerawat di kulit wajah seseorang.

Nah, setelah kamu mengetahui apakah makanan pedas bisa menyebabkan jerawat, inilah cara mencegah munculnya jerawat yang disebabkan konsumsi makanan pedas.

Cara Menghindari Jerawat Akibat Makanan Pedas   

Kalau begitu, apakah makan makanan pedas itu boleh? Jawabannya boleh-boleh saja, karena ini bukanlah makanan yang tidak boleh dimakan saat berjerawat. Namun kamu perlu membatasinya dan tidak berlebih untuk mengonsumsi makanan pedas tiap harinya.

Untuk menghindari masalah jerawat yang diakibatkan oleh kegiatan mengkonsumsi makanan pedas, pastikan untuk membersihkan wajah mu dari keringat secara rutin guna membantu mengangkat minyak dan kotoran yang menempel di pori-pori.

Kamu juga bisa memakai masker wajah untuk membersihkan pori-pori sehingga terhindar dari masalah jerawat akibat makanan pedas. Untuk kamu yang hobi makan makanan pedas, usahakan tidak melewatkan rutinitas double cleansing agar kotoran menjadi hilang.

Selain itu, makanan pedas dapat menggeser pH lambung menjadi lebih asam yang pada akhirnya menyebabkan jerawat. Kamu pun bisa melawan keasaman tersebut dengan minum banyak air putih setidaknya 8 hingga 10 gelas air per hari.

Pastinya sekarang pembaca Sapasehat sudah tidak bingung lagi jika diberi pertanyaan apakah makanan pedas bisa menyebabkan jerawat. Namun perlu diingat juga untuk selalu menjadi kebersihan wajah dan makan makanan bergizi untuk mengurangi resiko munculnya jerawat.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Pipi, Ampuh!

About admin

Check Also

ciri jerawat begadang

Ciri Jerawat Begadang, Inilah Cara Mengatasinya

Apa itu ciri jerawat begadang? Tahukah kamu, bahaya begadang atau kurang tidur ternyata tak hanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *