Apakah Mie Instan Menyebabkan Jerawat

Ada berbagai faktor penyebab jerawat, mulai dari stress, hormonal, minyak berlebih pada kulit, bakteri, sampai dengan makanan. Ada beberapa makanan yang bisa memicu tumbuhnya jerawat. Lalu, apakah mie instan menyebabkan jerawat?

Jika jerawat yang disebabkan oleh makanan, itu lebih kepada alergi dari kandungan yang ada di dalam makanan tersebut. Untuk beberapa orang, ada yang tidak cocok dengan makanan tertentu dan jika dikonsumsi berlebihan akan memicu jerawat. Lalu, bagaimana dengan mie instan?

Apakah Mie Instan Menyebabkan Jerawat

Apakah mie instan menyebabkan jerawat? Makanan ini juga termasuk yang bisa meningkatkan risiko tumbuhnya jerawat. Hal in karena mie instan memiliki indeks glikemik yang tinggi sehingga bisa memunculkan jerawat.

Contoh makanan lainnya yang mengandung glikemik tinggi adalah keripik kentang, roti, makanan pedas, kentang goreng, minuman bersoda, sampai dengan makanan cepat saji.

Jadi, mie instan termasuk di dalamnya, karena kandungannya yang juga tidak sehat dan termasuk dalam makanan cepat saji. Tidak diperkenankan juga mengkonsumsi mie instan terlalu sering karena bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya seperti obesitas.

Berikut adalah makanan penyebab jerawat lain yang perlu Anda ketahui.

1. Makanan Instan

Tidak hanya mie instan, semua makanan cepat saji juga bisa beresiko menyebabkan jerawat. Hal ini karena makanan ini mengandung banyak lemak jenuh yang bisa menyebabkan produksi minyak berlebih.

Berdasarkan Academy of Dermatology, makan makanan cepat saji beresiko 24% lebih besar muncul jerawat di wajah.

2. Susu dan Produk Olahan Susu

Makanan lainnya yaitu produk susu dan olahan susu seperti keju, yoghurt, atau es krim. Makanan tersebut dapat meningkatkan hormon insulin sehingga jerawat mudah muncul.

Jerawat karena alergi makanan ini lebih mungkin terjadi karena kandungan laktosa pada susu bisa menyebabkan alergi untuk beberapa orang tertentu.

Baca Juga :  Manfaat Fair and Lovely Untuk Jerawat, Apakah Ampuh?

3. Makanan Gula dan Karbohidrat Tinggi

Selanjutnya makanan gula dan karbohidrat yang tinggi juga bisa menyebabkan jerawat karena ini karena faktor hormon juga yaitu hormon insulin yang meningkat. Ketidakstabilan hormon memicu produksi sebum (minyak) berlebih.

Cara Mencegah Jerawat

Apa yang menyebabkan jerawat muncul terus? Selain dari faktor mie instan yang bisa beresiko jerawat, banyak juga faktor lainnya yang bisa memunculkannya.

Ada beberapa penanganan yang dapat Anda lakukan untuk menghindari jerawat baik yang disebabkan oleh makanan dan berbagai faktor lainnya.

Cara menghilangkan jerawat diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Hindari stress yang berlebihan karena ini juga merupakan penyebab jerawat.
  2. Langkah pertama jika muncul jerawat yaitu selalu rajin cuci muka secara rutin setiap hari.
  3. Jangan pakai make up tebal.
  4. Dilarang untuk memencet jerawat karena hal ini bisa menyebabkan adanya infeksi yang memperparah peradangan jerawat.
  5. Pilih make up yang pas dan tidak mengandung non comedogenic.
  6. Selalu banyak minum air putih dan perbanyak sayur dan buah-buahan.
  7. Pakai juga sunscreen agar tidak membuat kulit memerah dan meradang karena terkena sinar ultraviolet.
  8. Gunakan scrub untuk mengangkat sel kulit mati yang bisa menyebabkan jerawat tapi apabila memiliki kulit sensitif sebaiknya tidak sering.

Penutup

Jadi, jawaban apakah mie instan menyebabkan jerawat? Jawabannya adalah iya. Namun, faktor ini sedikit dialami oleh orang karena ada berbagai penyebab utama lainnya yaitu karena produksi minyak berlebih atau bakteri. Penanganan jerawat bisa dilakukan melalui langkah di atas. Baca informasi tentang kesehatan lain hanya di SapaSehatku!

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *