Apakah Minyak Kayu Putih Bisa Menghilangkan Jerawat?

Pertanyaan tentang apakah minyak kayu putih bisa menghilangkan jerawat saat ini banyak yang ingin mengetahuinya. Informasi tersebut ingin diketahui apakah itu benar atau tidak. Untuk itu, simak penjelasan dalam artikel ini.

apakah minyak kayu putih bisa menghilangkan jerawat

Minyak kayu putih adalah minyak yang berasal dari pohon kayu putih yang memberikan sensasi hangat. Biasanya minyak ini digunakan untuk meredakan perut kembung atau masuk angin. Aromanya bisa dijadikan sebagai aromaterapi. Lalu, bagaimana dengan jerawat?

Manfaat Kayu Putih Untuk Jerawat

Apakah minyak kayu putih bisa menghilangkan jerawat jawabannya adalah bisa. Minyak kayu putih dipercaya mampu menyembuhkan masalah kulit terutama jerawat dan bekas jerawat.

Berdasarkan penelitian, penggunaan minyak kayu putih bisa membantu meningkatkan ceramide. Ceramide adalah sejenis lemak yang dihasilkan dari kulit. Oleh sebab itu, lemak ini bisa membentuk lapisan di bagian luar kulit sehingga membuat kulit menjadi lembab.

Jika kulit lembab tentu masalah jerawat akan menjadi berkurang. Selain itu, minyak kayu putih bersifat anti inflamasi yang akan membantu untuk mengatasi peradangan.

Selain anti inflamasi, ada pula anti bakteri yang mampu membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat.

Namun, untuk penggunaannya perlu hati-hati karena ada efek samping menggunakan minyak kayu putih untuk jerawat. Ini terjadi terutama bagi orang yang kulitnya sensitif malah bisa menimbulkan peradangan.

Hal ini disebabkan karena alergi atau iritasi dari minyaknya yang menghangatkan. Jadi, penggunaan minyak kayu putih bisa memperparah jerawat bagi kulit yang sensitif. Sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum menggunakan minyak kayu putih untuk jerawat.

Cara Menggunakan Minyak Kayu Putih Untuk Jerawat

Setelah Anda mengetahui apakah minyak kayu putih bisa menghilangkan jerawat, saatnya Anda bisa mempraktekkannya melalui cara-cara berikut ini.

Baca Juga :  Arti Jerawat di Dagu Dalam Percintaan, Wajib Tahu!

1. Mengoleskan Langsung

Cara pertama ini sangat sederhana, yang Anda butuhkan adalah cotton bud sebagai aplikatornya dan minyak putih untuk bahannya. Berikut adalah cara yang bisa Anda pakai:

  1. Bersihkan wajah dengan sabun muka. Selanjutnya, keringkan dengan handuk.
  2. Setelah muka bersih, ambil minyak kayu putih dan teteskan di cotton bud secukupnya.
  3. Setelahnya, oleskan minyak yang ada di cotton bud pada area yang terkena jerawat.
  4. Biarkan sampai mengering. Anda bisa membiarkannya selama beberapa jam atau dibiarkan tidur semalaman. Biasanya, jerawat akan mudah mengering.

2. Minyak Kayu Putih dan Lidah Buaya

Anda bisa mencampur bahan minyak kayu putih dengan lidah buaya. Lidah buaya juga bermanfaat untuk kulit. Kandungannya mampu menenangkan kulit, melembabakan dan bisa mengurangi bekas jerawat.

Oleh sebab itu, kombinasi ini bisa cocok untuk mengatasi jerawat. Adapun cara menghilangkan jerawat pakai minyak kayu putih adalah sebagai berikut:

  1. Ambil 3 tetes minyak kayu putih dan gel lidah buaya. Campurkan keduanya dalam satu wadah.
  2. Selanjutnya, Anda bisa mengoleskannya kepada area yang berjerawat. Lakukanlah rutin agat membuat wajah Anda bisa kembali mulus.

3. Minyak Kayu Putih dan Minyak Almond

Selain dicampur dengan lidah buaya, minyak kayu putih bisa dikombinasikan dengan minyak almond. Berikut cara memakai minyak kayu putih untuk wajah:

  1. Campurkan minyak kayu putih dan almond secukupnya.
  2. Selanjutnya, oleskan di area yang terkena jerawat saja secukupnya.

Penutup

Jadi, apakah minyak kayu putih bisa menghilangkan jerawat jawabannya adalah bisa. Namun, ini memerlukan uji klinis lanjutan karena fungsi utamanya untuk masalah pernapasan dan menghangatkan badan. Jika Anda memiliki kulit sensitif disarankan untuk tidak memakainya.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published.