Apakah Sperma Bisa Menyembuhkan Jerawat

Saat ini, banyak yang menyebut bahwa masker sperma bisa menyembuhkan jerawat. Banyak yang percaya mengenai hal tersebut dan mempraktekkannya sendiri di rumah. Lalu, bagaimana faktanya? Apakah sperma bisa menyembuhkan jerawat?

apakah sperma bisa menyembuhkan jerawat

Sperma sendiri adalah cairan yang berasal dari reproduksi laki-laki. Cairan tersebut berisi sel yang berguna sebagai pembentukan janin ketika berhubungan seksual. Di dalam sperma ada kandungan protein, karbohidrat, sampai lemak, apakah sperma bisa untuk masker muka?

Apakah Sperma Bisa Menyembuhkan Jerawat

Beberapa orang meyakini masker sperma untuk wajah bisa menyembuhkan jerawat. Apakah sperma bisa menyembuhkan jerawat? Faktanya hal itu hanyalah mitos belaka. Hal ini karena tidak ada bukti ilmiah mengenai manfaat sperma untuk jerawat.

Hal tersebut juga ditegaskan oleh dr. Devia Irine Putri. Ada yang bilang bahwa sperma memiliki antioksidan dan bersifat anti peradangan yang juga mampu untuk menghilangkan masalah jerawat.

Namun, belum ada penelitian lebih lanjut untuk membuktikan pernyataan tersebut.

Mitos sperma ini juga muncul karena kandungannya yang berasal dari Zinc. Namun, perlu digaris bawahi kandungan Zinc dalam sperma sangat rendah, bahkan hanya mencapai 3%.

Zinc memang bermanfaat untuk menurunkan produksi sebum berlebih. Namun, itu berguna ketika dikonsumsi. Namun, jika sperma dioleskan itu tidak terbukti untuk menyembuhkannya. Jadi, manfaat sperma untuk masker muka perlu penelitian lebih lanjut.

Bahaya Pakai Masker Sperma

Berdasarkan literatur, menggunakan manfaat sperma laki-laki untuk jerawat tidak justru dapat beresiko. Apa saja bahaya pakai masker untuk sperma? Simak penjelasannya berikut ini:

1. Reaksi Alergi

Penggunaan masker sperma bisa menyebabkan reaksi alergi. Alergi yang terjadi ini justru memperparah jerawat. Jerawat lebih mengalami infeksi sehingga terjadi peradangan yang lebih parah lagi.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Kemerahan Bekas Jerawat

Hal ini karena sperma bisa menjadi tempat penularan penyakit dan bakteri. Contoh penyakit yang bisa ditularkan oleh sperma adalah herpes, klamidia, gonore, dsb. Jadi, ketika mengoleskan masker sperma ini bisa membuat jerawat terinfeksi.

2. Kulit Kering

Selanjutnya, berdasarkan narasumber yang sama, jerawat juga bisa menyebabkan kulit kering. Jika kulit kering, maka bisa mengalami jerawat dan terjadi penumpukan sel kulit mati yang lebih banyak sehingga menyumbat pori-pori.

Cara Mengatasi Jerawat yang Aman

Apakah sperma bisa membuat wajah glowing dan menghilangkan jerawat? Hal ini tidak benar. Dibandingkan hal itu, ada banyak cara-cara yang aman untuk mengatasi jerawat. Berikut adalah cara mengatasi jerawat yang aman:

1. Pakai Skincare Khusus

Cara pertama yang sudah umum dilakukan oleh banyak orang adalah menggunakan skincare khusus jerawat. Mulai dari sabun pembersih, toner, sampai dengan krim anti jerawat.

Pilih juga kandungan yang bekerja maksimal dan cepat untuk mengatasi jerawat. Diantaranya adalah sabun non komedogenik. Bisa juga menggunakan sabun atau toner yang mengandung asam salisilat.

Ini akan membuat wajah menjadi lebih bersih sehingga pori-pori tidak tersumbat. Dengan demikian, jerawat bisa diatasi lebih cepat.

2. Gunakan Bahan Alami

Selain pakai skincare, Anda juga bisa mencoba menggunakan bahan alami seperti lidah buaya, madu, cuka apel. Atau bahan alami lainnya yang mengandung anti oksidan dan mampu untuk membunuh bakteri.

Penutup

Apakah sperma bisa menyembuhkan jerawat? Jawabannya itu adalah mitos belaka. Belum ada penelitian lanjutan tentang manfaat sperma ini. Jadi, lebih baik untuk menggunakan cara seperti di atas atau melakukan konsultasi ke dokter cara menyembuhkan jerawat yang efektif. Baca informasi kesehatan lainnya hanya di SapaSehatku.

Baca Juga :  Ciri-Ciri Jerawat Breakout dan Cara Mengatasinya

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *