Apakah Timun Bisa Menghilangkan Jerawat?

Jerawat sering kali jadi masalah yang mengganggu, terutama untuk masalah jerawat yang membandel. Obat jerawat kadang tidak selalu membantu, adakalanya justru membuat kulit salah kering. Pilihan lain adalah menggunakan perawatan jerawat dengan bahan alami, apakah timun bisa menghilangkan jerawat?

Apakah Timun Bisa Menghilangkan Jerawat

Dari beberapa jenis bahan alami, timun adalah salah satu bahan yang bisa mengatasi jerawat. Bagaimana cara perawatan jerawat dengan timun? Simak artikel berikut untuk ulasan lebih lengkapnya.

Kandungan Pada Timun

Sama seperti lidah buaya, timun sudah dikenal sejak lama sebagai bahan alami yang berguna untuk kecantikan kulit. Tak  heran, jika mentimun memiliki manfaat yang cukup banyak. Pada sebatang mentimun memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat.

Mentimun memiliki banyak kandungan air yang dapat membantu menenangkan kulit dan memberikan hidrasi. Terdapat juga kandungan vitamin C, A dan K. Timun juga mengandung antioksidan yang dapat membantu dalam memerangi radikal bebas. Selain itu juga terkandung beberapa nutrisi penting lain yang bagus untuk tubuh.

Dengan berbagai manfaat ini, tentunya dapat dipastikan timun memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Lalu apakah timun bisa menghilangkan jerawat? Untuk menjawab pertanyaan ini, perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja manfaat timun untuk kulit.

Manfaat Timun Untuk Kulit

Dengan berbagai kandungan vitamin dan nutrisi yang ada pada mentimun, membuat sayur buah ini juga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan dan juga kulit. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari mentimun.

1. Mengurangi Pembengkakan

Menurut studi, timun dapat membantu mengurangi pembengkakan pada kulit, jadi bisa digunakan mata bengkak akibat kurang tidur.

2. Membantu Kulit Berjerawat

Kulit berminyak dan sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori penyebab jerawat. Timun memiliki sifat astringent ringan – dapat dapat membantu membersihkan kulit dan mengencangkan pori-pori.

Baca Juga :  4 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Lidah Buaya

Jadi apakah timun bisa menghilangkan jerawat? Ya, timun bisa berguna untuk mengurangi jerawat.

3. Menenangkan Kulit Iritasi

Efek rasa dingin dan anti-inflamasi pada timun dapat membantu kemerahan dan iritasi yang disebabkan sengatan matahari, gigitan serangga, dan alergi.

4. Membantu Hidrasi Kulit

Mentimun memiliki kandungan 96 persen air dan saat digunakan untuk masker akan membantu menghidrasi bagi yang memiliki masalah kulit kering.

Resep Masker Timun Untuk Kulit Berjerawat

Salah satu cara yang paling umum digunakan untuk perawatan jerawat dengan mentimun dengan menggunakannya sebagai masker. Berikut beberapa resep masker mentimun yang dapat digunakan untuk perawatan kulit berjerawat.

1. Masker Dasar Mentimun

Masker dasar ini hanya menggunakan bahan mentimun tanpa campuran bahan lainya. Dimana, masker ini juga bagus digunakan untuk mengurangi dan mencegah jerawat. Berikut cara pembuatannya:

  1. Siapkan ½ dari mentimun yang sudah dipotong kecil (tanpa dikupas)
  2. Blender atau haluskan sampai konsistensi pasta encer.
  3. Saring jus mentimun dengan saringan halus
  4. Oleskan jus mentimun ke wajah yang sudah dicuci bersih
  5. Diamkan masker yang selama 15 menit
  6. Cuci masker dengan air dingin atau hangat, lalu  keringkan wajah dengan kain lembut

2. Masker Mentimun Lidah Buaya

Masker campuran timun dan lidah buaya dapat digunakan untuk menenangkan kulit berjerawat dan menyembuhkan luka bekas jerawat. Berikut cara pembuatannya:

  1. Buat masker dasar mentimun seperti resep di atas
  2. Siapkan lidah buaya yang sudah dibersihkan kulitnya dan dipotong kecil
  3. Tambahkan 2 sendok makan gel lidah buaya ke dalam masker mentimun dasar
  4. Blender kembali hingga halus
  5. Oleskan masker ke wajah sambil lakukan pemijatan dengan lembut. 
  6. Diamkan masker selama 15 menit.
  7. Bilas masker dengan air dingin dan keringkan wajah menggunakan kain lembut.\
Baca Juga :  6 Jenis Makanan yang Harus Dihindari saat Jerawat

Jadi apakah timun bisa menghilangkan jerawat? Bisa. Tentunya penyembuhan masalah jerawat ini perlu dibarengi dengan perawatan kulit secara rutin. Namun, untuk masalah jerawat membandel, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *