Apakah Tomat Bisa Menghilangkan Jerawat? Ini Jawabannya

Ada banyak bahan murah yang dinilai dapat menghilangkan jerawat secara alami seperti buah tomat. Namun, bagi yang tidak yakin tentu bertanya apakah tomat bisa menghilangkan jerawat. Simak, info selengkapnya mengenai manfaat tomat sebagai obat jerawat berikut ini.

Mengapa Tomat Bisa Menghilangkan Jerawat?

Apakah buah tomat bisa menghilangkan jerawat? Jawabannya bisa saja. Hal itu dikarenakan kandungan zat yang terdapat dalam buah tomat. Tomat mengandung senyawa likopen, zat antioksidan yang bagus dalam menjaga kesehatan kulit.

Untuk itu, tidak mengherankan jika ditemukan produk perawatan kulit seperti masker tomat. Dilansir dari NDTV, tomat juga mengandung antiperadangan yang dianggap mampu membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah.

Hal tersebut turut mencegah timbulnya jerawat akibat kelebihan minyak yang membentuk komedo dan mennyebabkan jerawat. Maka dari itu, cara menghilangkan jerawat dengan tomat disarankan untuk dicoba karena manfaatnya tersebut.

5 Langkah Aman Mengatasi Masalah Jerawat dengan Tomat

Tiba-tiba muncul jerawat di wajah dan buat penampilan tidak percaya diri? Tenang, ada banyak obat jerawat alami yang dapat dicoba seperti buah tomat ini. Berikut cara mengatasi jerawat menggunakan tomat yang bisa dicoba di rumah.

1. Pastikan Kulit Tidak Sensitif Terhadap Tomat

Meski buah tomat termasuk bahan alami, tapi bagi sebagian orang yang kulitnya sensitif bisa saja mengalami reaksi alergi seperti gatal, ruam, atau kemerahan. Sebab itu, disarankan untuk mengoleskan masker tomat ke bagian tubuh lainnya seperti lengan atau tangan.

Hal ini berguna untuk melihat reaksi yang muncul. Apabila tidak ada gejala alergi, maka pengobatan jerawat menggunakan tomat bisa dilanjutkan.

2. Konsumsi Teratur Buah Tomat

Mau mengobati jerawat dengan tomat tapi malas mengoleskannya pada wajah? Santai, Anda bisa mengakalinya dengan mengonsumsi buah tomat secara teratur.

Baca Juga :  Jerawat di Alis dan Cara Mengatasinya

Dilansir dari Alodokter dalam sebuah penelitian, buah tomat yang dikonsumsi sekitar 2-3 kali dalam seminggu dipercaya mampu menekan kerusakan kulit karena paparan sinar UV. Setidaknya hal ini membantu meningkatkan kesehatan kulit Anda agar terhindar dari jerawat.

Cara ini juga dapat diterapkan bagi Anda yang kulitnya sensitif terdapat buah tomat tapi ingin mengobati jerawat dengan buah tersebut.

3. Gunakan Masker Tomat Instan

Saat ini sudah banyak berbagai produk yang berbahan dasar buah tomat seperti masker tomat ini. Jadi, Anda tidak perlu repot membuatnya sendiri. Biasanya cukup dengan mencuci wajah terlebih dahulu, lalu keringkan dan gunakan masker tomat tersebut.

Namun, disarankan untuk mengikuti tata aturan pakai yang tertera dalam produk.

4. Membuat Masker Tomat Sendiri

Tapi jika Anda tertarik mencoba membuatnya sendiri juga bisa karena caranya mudah saja. Cukup haluskan 1 buah tomat, kemudian oleskan pada wajah secara merata dan diamkan sekitar 5 menit. Sebelumnya, pastikan kondisi wajah dalam keadaan bersih.

5. Bilas Wajah dan Rutin Mengaplikasikannya

Berikutnya, bilas wajah hingga bersih dan dihimbau menggunakan air hangat agar hasilnya lebih optimal. Cara menyembuhkan jerawat dengan tomat tersebut memang terkesan mudah. Tapi, jika tidak dilakukan secara rutin hasilnya tidaklah optimal.

Amankah Menghilangkan Jerawat Menggunakan Tomat?

Fakta mengenai pernyataan apakah buah tomat bisa menghilangkan jerawat sudah jelas, tapi amankah? Sebenarnya, buah tomat ini aman-aman saja untuk obat jerawat atau skincare rutin selama cocok di kulit Anda.

Hasilnya pun bisa efektif atau tidak tergantung dari masing-masing jenis kulit. Maka dari itu, sebaiknya konsultasi ke dokter jika ingin memastikan keamanan penggunaan buah tomat sebagai obat jerawat Anda.

Sekian info dari sapasehatku tentang apakah tomat bisa menghilangkan jerawat ini. Memang ada banyak berbagai saran atau info mengenai bahan alami penghilang jerawat, namun gunakanlah cara yang aman dan sesuai kondisi kulit Anda.

Baca Juga :  5 Cara Agar Jerawat Tidak Tumbuh Lagi, Dijamin Berhasil

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *