Benjolan di Dalam Telinga Seperti Jerawat, Bahayakah?

Pernahkan Anda merasakan ada benjolan di dalam telinga seperti jerawat? Diagnosa benjolan di daun telinga sering disebabkan karena bisul. Tumbuhnya bisul disebabkan karena keringat, gesekan, dan folikel rambut. Oleh sebab itu, telinga juga bisa mengalaminya.

benjolan di dalam telinga seperti jerawat

Benjolan di dalam telinga tentu akan sangat mengganggu karena bisa menyebabkan rasa nyeri sampai bernanah. Hal ini lebih perlu segera diatasi. Lalu, apa penyebab dan cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut.

Penyebab Benjolan Di dalam Telinga Seperti Jerawat

Ada beberapa penyebab benjolan di dalam telinga. Berikut penyebabnya untuk Anda ketahui apakah berbahaya atau tidak.

1. Infeksi Folikel Rambut

Telinga memiliki rambut halus yang berfungsi menyaring kotoran. Rambut halus inilah yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat di dalam telinga. Kenapa bisa terjadi?

Ini karena akar rambut bisa terinfeksi oleh bakteri/kotoran yang menempel. Akibatnya, akan terjadi peradangan yang bisa menyebabkan bisul atau jerawat. Bakteri yang sering menyebabkan bisul adalah Staphylococcus.

Ciri-ciri bisul di telinga bisa dilihat dari warna benjolan yang muncul. Periksalah dengan meminta bantuan teman Anda untuk melihat benjolan. Jika berwarna merah muda ada ada titik putih di tengahnya seperti ada nanahnya, maka itu adalah bisul.

Nyeri karena bisul di telinga sama seperti sakit gigi yang menjalar ke rahang sampai kepala. Jika terjadi masalah ini, tentu Anda harus mengobatinya agar tidak berlarut-larut.

2. Kanker atau Tumor

Selain masalah bisul, benjolan di dalam telinga seperti jerawat bisa disebabkan terserang kanker sampai tumor jinak maupun ganas. Jika Anda mengalami gejala benjolan perisalah apakah benjolan tersebut besar atau tidak.

Jika sebesar biji kacang polong, maka itu bukanlah jerawat. Untuk memastikannya lebih lanjut, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan perawatan. Ada beberapa jenis tumor yang biasa ada di dalam telinga seperti fibroma, lipoma, melanoma, dsb.

Baca Juga :  Sabun Muka Untuk Jerawat dan Bruntusan Brand Terkenal

Periksa apakah benjolan mengeluarkan darah karena ini bisa dicurigai sebagai keganasan.

3. Gigitan Serangga atau Trauma

Penyebab lain yang biasa terjadi karena gigitan serangga seperti semut yang masuk ke kuping. Gigitan itu yang terinfeksi oleh bakteri sehingga tumbuh benjolan di telinga luar.

Bila disebabkan oleh trauma atau luka biasanya ditandai oleh gumpalan darah pada daun telinga.

Cara Mengatasi Benjolan di Telinga

Setelah mengetahui apa saja penyebab munculnya benjolan di telinga, Anda perlu segera periksakan ke dokter. Jangan melakukan penyembuhan sendiri karena bisa menimbulkan efek samping yang lebih parah.

Jika ada ciri-ciri yang membahayakan seperti keluar nanah sampai mengganggu pendengaran lebih cepat untuk segera mengunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Jika jelas bahwa itu adalah bisul, Anda bisa melakukan cara menghilangkan benjolan di daun telinga secara alami:

  • Kompres dengan air hangat. Ini akan meredakan gejala bisul dan mempercepat kesembuhan. Kompres dengan menekannya sedikit tapi jangan sampai memecahkan bisul yang bernanah karena bisa infeksi.
  • Gunakan cairan antiseptic.
  • Jangan menyentuhnya dengan tangan yang kotor karena bisa memperparah infeksi.
  • Minumlah obat yang diresepkan oleh dokter untuk mengurangi rasa nyeri karena bisul di telinga.
  • Gunakan salep untuk benjolan di daun telinga sesuai resep dokter.

Penutup

Demikian penyebab dan cara mengatasi benjolan di dalam telinga seperti jerawat. Lakukan konsultasi ke dokter THT. Bisa juga memeriksanya dengan biopsi agar lebih cepat diketahui penyebabnya.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dan bekasnya sampai tuntas1

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Sampai Tuntas: Panduan Lengkap

Jerawat dan bekasnya adalah dua masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang. Jerawat dapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *