Benjolan di Ketiak yang Harus Diwaspadai

Ada benjolan di ketiak apakah berbahaya? Mungkin beberapa dari Anda merasa khawatir dengan adanya bejolan tersebut. Benjolan di ketiak sering dikaitkan dengan kanker payudara. Penyakit ini banyak menyerang perempuan.

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan mulnculnya benjolan di ketiak karena terasa sakit dan ukurannya semakin membesar, sebaiknya segera periksa ke dokter. Dokter akan mendiagnosis penyebab munculnya tanda tersebut dan memberikan perawatan yang tepat.

5 Penyebab Benjolan di Ketiak

Munculnya benjolan di ketiak tidak hanya salah satu tanda bahaya terhadap kanker payudara. Ada banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut muncul. Beberapa penyebabnya antara lain:

1. Adanya Infeksi dan Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Benjolan yang muncul di ketiak sebenarnya merupakan hal yang sangat umum terjadi. Biasanya disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening atau kelenjar di bawah ketiak.

Kelenjar getah bening terletak di seluruh sistem tubuh yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Fungsi utama dari sistem kekebalan tubuh ini adalah menyaring virus dan bakteri.

Ketika Anda sedang tidak enak badan dan terpapar penyakit, kelenjar ini bisa membengkak. Kelenjar getah bening berada di ketiak, sehingga Anda mungkin akan menemukan benjolan. Tekstur benjolan tersebut adalah lunak dan seukuran kacang polong.

Faktor yang menjadi penyebab benjolan tersebut bisa berupa sejumlah masalah dari yang ringan hingga serius. Masalah-masalah tersebut misalnya virus biasa hingga HIV, lupus, rheumatoid arthritis, ataupun sebab lainnya.

Jika benjolan tersebut diakibatkan oleh infeksi, Anda kemungkinan akan mengalami kondisi tidak nyaman pada tubuh, misalnya demam serta berkeringat di malam hari.

2. Abses atau Kista

Munculnya benjolan pada ketiak juga bisa disebabkan oleh iritasi pada kulit. Itirasi tersebut menyebabkan kista atau abses, akibatnya akan muncul benjolan pada ketiak.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Permanen dengan Air Mawar

Pada umumnya abses disebabkan oleh bakteri yang berada di bawah kulit. Biasanya diakibatkan oleh luka kecil atau goresan dan bakteri tersebut mulai berkembang biak. Kista merupakan pembengkakan pada jaringan tubuh yang di dalamnya berongga dan bersisi cairan.

Jika penyebab benjolan yang terdapat pada ketiak Anda adalah kista, maka kemungkinan akan sakit bila ditekan. Selain itu, gejala lainnya berupa benjolan nanah yang besar, merah, bengkak, dan terasa nyeri di bagian tubuh manapun di bawah kulit.

Jika hal ini terjadi, kemungkinan Anda akan merasa demam, menggigil, dan nyeri pada tubuh. Biasanya dokter akan merekomendasikan sejumlah perawatan, termasuk suntikan untuk mengurangi pembengkakan hingga pengangkatan melalui bedah.

3. Reaksi Alergi

Tahukah Anda jika penggunaan deodorant, antiprespiran atau sabun juga berpotendi munculnya benjolan di sekitar ketiak? Hal itu dikarenakan produk-produk tersebut mengandung bahan kimia. Ada orang tertentu yang alergi dengan bahan kimia tersebut.

Jika Anda tidak cocok dengan produk tersebut dan timbul benjolan, maka sebaiknya hentikan penggunaan produk-produk tersebut. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter tentang hal ini dan mencari solusi agar badan tetap wangi meskipun tanpa menggunakan deodorant.

4. Kanker Payudara

Pembengkakan atau benjolan di sekitar tulang selangka atau ketiak bisa disebabkan oleh kanker payudara yang sudah menyebar ke kelenjar getah bening. Pembengkakan tersebut bisa terjadi bahkan sebelum Anda merasakan benjolan di payudara.

Pada umumnya, banyak wanita yang tidak menyadari benjolan ini sebagai tanda awal munculnya kanker payudara. Anda perlu melakukan USG payudara atau metode diagnosis lain dari dokter untuk memastikannya.

Akan tetapi, tidak semua adalah kanker payudara. Cara mengobati benjolan ini dengan konsultasi ke dokter adalah langkah tepat yang harus Anda lakukan.

Baca Juga :  Ciri-ciri Benjolan di Ketiak Karena Kanker, Waspada!

5. Leukemia

Benjolan yang ukurannya berubah secara bertaham atau tidak hilang kemungkinan merupakan gejala dari kondisi yang lebih serius, seperti kanker payudara dan leukemia. Penderita leukemia limfositik kronis kemungkinan mengalami pembengkakan kelenjar getah bening.

Itulah informasi Sapasehatku tentang benjolan di ketiak serta faktor-faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut terjadi.

About admin

Check Also

jamur pada ketiak

Jamur Pada Ketiak : Gejala, Pencegahan, dan Cara Atasi

Ketiak yang terasa gatal tentunya membuat membuat tidak nyaman, terlebih saat berada di keramaian. Anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published.