Benjolan di Ketiak yang Sakit Bila Ditekan: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan yang Efektif

Benjolan di ketiak adalah masalah umum yang seringkali menimbulkan kekhawatiran pada banyak orang. Salah satu gejala yang seringkali dikeluhkan adalah rasa sakit yang timbul saat benjolan tersebut ditekan. Benjolan di ketiak bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari infeksi kelenjar getah bening hingga kondisi serius seperti kanker. Dalam artikel ini, kami akan membahas penyebab, gejala, dan pengobatan yang efektif untuk benjolan di ketiak yang sakit bila ditekan.

benjolan di ketiak sakit bila ditekan1

1. Penyebab Benjolan di Ketiak yang Sakit Bila Ditekan:

a. Infeksi Kelenjar Getah Bening: Salah satu penyebab umum benjolan di ketiak adalah infeksi kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melawan infeksi. Jika kelenjar getah bening terinfeksi, bisa terjadi pembengkakan dan nyeri di daerah ketiak.

b. Lipoma: Lipoma adalah benjolan jinak yang terbentuk oleh penumpukan lemak di bawah kulit. Meskipun lipoma umumnya tidak berbahaya, mereka dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit jika ukurannya besar atau terletak di area yang terasa saat ditekan.

c. Abses: Abses adalah kumpulan nanah yang terbentuk akibat infeksi bakteri. Ketika abses terbentuk di ketiak, hal ini dapat menyebabkan benjolan yang sakit saat ditekan. Abses biasanya disertai dengan kemerahan, bengkak, dan rasa sakit yang parah.

d. Hidradenitis Supurativa: Hidradenitis supurativa adalah kondisi kronis di mana terjadi peradangan pada kelenjar keringat di daerah ketiak, selangkangan, atau area lain yang memiliki kelenjar keringat. Kondisi ini dapat menyebabkan pembentukan benjolan yang sakit dan berisi nanah saat ditekan.

e. Kanker: Meskipun jarang, benjolan di ketiak juga dapat menjadi tanda adanya kanker, seperti kanker payudara, kanker kulit, atau limfoma. Jika benjolan di ketiak tidak hilang setelah beberapa minggu atau terus berkembang, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi lebih lanjut.

Baca Juga :  Cara Membersihkan Bulu Ketiak dengan Aman

2. Gejala yang Sering Muncul:

Selain rasa sakit saat ditekan, benjolan di ketiak juga dapat disertai dengan gejala lain, seperti:

– Pembengkakan atau benjolan yang teraba di bawah kulit ketiak.
– Kemerahan atau perubahan warna pada kulit di sekitar benjolan.
– Nyeri atau sensasi terbakar di daerah benjolan.
– Peningkatan suhu pada area yang terkena.
– Gangguan gerakan atau keterbatasan fleksibilitas lengan.

3. Pengobatan dan Perawatan yang Efektif:

a. Kompres Hangat: Untuk benjolan yang disebabkan oleh infeksi kelenjar getah bening atau abses, kompres hangat dapat membantu meredakan pembengkakan dan mengurangi rasa sakit. Gunakan handuk bersih yang direndam dalam air hangat, kemudian tempelkan pada benjolan selama 10-15 menit beberapa kali sehari.

b. Penggunaan Obat Antiinflamasi: Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) seperti ibuprofen atau naproxen dapat membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh benjolan di ketiak.

c. Pengobatan Infeksi: Jika benjolan di ketiak disebabkan oleh infeksi, dokter mungkin meresepkan antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri yang mendasarinya. Penting untuk mengikuti petunjuk penggunaan dan menyelesaikan seluruh kursus antibiotik yang diresepkan.

d. Prosedur Bedah: Dalam beberapa kasus, dokter mungkin merekomendasikan prosedur bedah untuk mengangkat benjolan yang lebih besar, seperti lipoma atau abses yang tidak merespon terhadap perawatan lainnya.

e. Evaluasi Medis yang Mendalam: Jika benjolan di ketiak tidak hilang setelah beberapa minggu atau terus berkembang, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi medis yang mendalam. Dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik, tes diagnostik, dan merujuk Anda ke spesialis jika diperlukan.

benjolan di ketiak sakit bila ditekan2

Kesimpulan:

Benjolan di ketiak yang sakit saat ditekan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari infeksi kelenjar getah bening hingga kondisi yang lebih serius seperti kanker. Penting untuk memperhatikan gejala yang muncul dan berkonsultasi dengan dokter jika benjolan tidak kunjung hilang atau semakin memburuk. Setiap kondisi memerlukan pendekatan pengobatan yang berbeda, jadi dokter akan dapat memberikan diagnosis yang tepat dan menyarankan pengobatan yang sesuai.

Baca Juga :  Ciri-ciri Benjolan di Ketiak Karena Kanker, Waspada!

About admin

Check Also

cara agar ketiak tidak hitam dan bau1

Panduan Lengkap: Cara Mencegah Ketek Hitam dan Bau

Ketiak hitam dan bau adalah masalah yang umum dihadapi oleh banyak orang. Ini bisa menjadi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *