Berapa Lama Jerawat Akan Kempes? Bisa Dikontrol

Salah satu permasalahan kulit yang sering dialami adalah jerawat. Ketika kulit sedang berjerawat mungkin Anda akan bertanya, berapa lama jerawat akan kempes? Meskipun ukurannya kecil, tetapi bagi sebagian orang, jerawat bisa membuat rasa percaya diri menurun.

Jerawat bisa muncul dan menghilang begitu saja tanpa bisa diprediksi. Sebelum membahas berapa lama jerawat akan kempes, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu faktor penyebab timbulnya jerawat.

Faktor Penyebab Jerawat

Belum diketahui secara pasti penyebab jerawat timbul, namun ada beberapa faktor yang berkaitan dengan penyakit ini. Faktor-faktor tersebut antara lain:

  • Stress
  • Faktor hormonal. Salah satu faktor hormonal penyebab timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormone testosteron pada tubuh pria maupun wanita. Hormon ini memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi minyak kulit secara berlebihan.
  • Kelenjar minyak terlalu aktif
  • Faktor keturunan dari orang tua
  • Akibat bakteri di pori-pori kulit.

Jika faktor-faktor di atas tidak bisa dikontrol dengan baik, maka jerawat mudah timbul di permukaan kulit terutama wajah. Apa yang harus dilakukan untuk menghilangkan jerawat?

Yang Harus Dilakukan untuk Menghilangkan Jerawat

  • Gunakan sabun cuci muka yang tidak banyak menghasilkan busa dan cuci minimal 2x sehari.
  • Diet karbohidrat dan rendah lemak.
  • Hidup sehat dan teratur dengan olahraga minimal 3x per minggu selama setidaknya 30 menit.
  • Hindari stress
  • Gunakan kosmetik seperlunya dan hindari penggunaan kosmetik berbahan dasar minyak.
  • Hindari hal-hal yang bisa memacu kelenjar minyak, seperti alcohol, makanan pedas, rokok dan polusi udara.
  • Hindari memencet jerawat karena bisa memperberat erupsi.

Berapa lama jerawat akan kempes? Lama waktu ini berbeda-beda pada setiap orang, ada yang dalam 4 hari saja jerawat sudah mulai kempes, namun ada yang membutuhkan waktu lebih dari itu.

Baca Juga :  Makanan yang Bisa Menghilangkan Jerawat

Bagaimana cara agar jerawat cepat kempes?

Anda bisa mengempeskan jerawat secara dengan bahan-bahan alami. Bahan alami sangat penting, terutama bagi Anda yang memiliki kulit wajah sensitif. Oleh sebab itu, banyak yang melakukan berbagai cara untuk menghilangkan jerawat.

Namun permasalahannya, ada orang yang kulit wajahnya sangat sensitif terhadap bahan kimia yang sering digunakan klinik kecantikan untuk mengempeskan atau menghilangkan jerawat. Menggunakan bahan alami untuk mengempeskan jerawat bisa menjadi salah satu solusinya.

Bahan Alami untuk Mengempeskan Jerawat

Bahan alami untuk mengempeskan jerawat adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Air Lemon dan Mengompres dengan Es Batu

  • Membersihkan Muka dengan air lemon

Air lemon dapat digunakan untuk mengempeskan jerawat. Anda dapat membersihkan wajah menggunakan air lemon. Perasan air lemon dipercaya bisa mengurangi minyak di wajah. Lakukan secara rutin untuh hasil yang maksimal.

  • Mengompres jerawat dengan es batu

Bagi anda yang memiliki jerawat, sebaiknya jangan memencet jerawat tersebut, karena akan membuat meningkatnya peradangan.

Anda bisa mengempeskan jerawat secara alami dengan menggunakan es baru yang dibungkus dengan kain bersih. Es batu ini bisa membantu mengecilkan pori-pori dan meyerap minyak berlebih di wajah.

2. Menggunakan Bubuk Kayu Manis dan Madu, serta Toner Cuka Apel

  • Bubuk kayu manis dan madu

Bubuk kayu manis dengan campuran madu dapat digunakan untuk mengempeskan jerawat. Anda bisa mencampurkan bubuk kayu manis dengan madu secukupnya. Setelah itu, aduk hingga tercampur rata.

Kemudian oleskan pada bagian kulit wajah yang berjerawat. Ramuan ini bisa membantu dalam mengatasi radang dan mengempeskan jerawat

  • Toner cuka apel

Cuka apel yang bisa digunakan adalah cuka apel yang sudah diencerkan dan menjadi toner. Kandungan asam malat dan ACA (Alpha Hydroxy Acid) berguna sebagai anti-banteri penyebab jerawat.

Baca Juga :  Manfaat Acnol Lotion Untuk Bekas Jerawat yang Ampuh

3. Menggunakan Bawang Putih dan Pasta Gigi

  • Bawang Putih

Bawang putih mengandung anti-virus, anti-septik, anti-jamur dan anti oksidan yang baik untuk mengatasi banyak masalah kesehatan. Sulfur yang terkadung pada bawang putih bisa membantu menyembuhkan jerawat dengan cepat.

  • Pata Gigi

Pasta gigi bisa digunakan untuk mengempeskan jerawat yang membandel. Namun, jangan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dan mentol. Kedua bahan ini bisa membuat kulit menjadi iritaasi dan menyebabkan jerawat sering muncul.

Apa tanda-tanda jerawat akan sembuh? Tanda jerawat akan sembuh adalah timbulnya rasa gatal pada area munculnya jerawat. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika hal ini terjadi pada wajah Anda.

Demikian penjelasan Sapasehat tentang berapa lama jerawat akan kempes serta faktor penyebab jerawat dan cara mengempeskan jerawat secara alami.

About admin

Check Also

ciri jerawat begadang

Ciri Jerawat Begadang, Inilah Cara Mengatasinya

Apa itu ciri jerawat begadang? Tahukah kamu, bahaya begadang atau kurang tidur ternyata tak hanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *