Bintik-bintik di Wajah Tapi Bukan Jerawat, Kenapa?

Pernahkah Anda mengalami bintik-bintik di wajah tapi bukan jerawat? Hal ini umum terjadi dan ditandai dengan bintik putih yang biasanya ada di area mata. Bintik tersebut disebut sebagai milia atau kista kecil.

Bentuknya yang sama dan bergerombol ini sering disalah artikan sebagai jerawat dan beruntusan. Padahal, masalah kulit ini memiliki ciri dan penyebab yang berbeda. Milia disebabkan oleh sel kulit mati yang terperangkap di bawah kulit. Berikut penjelasannya.

bintik-bintik di wajah tapi bukan jerawat

Definisi Milia

Milia merupakan bintik-bintik di wajah tapi bukan jerawat yang bergerombol dan biasanya berwarna putih. Munculnya milia ini biasanya ada di sekitar pipi, hidung, di bawah mata atau kelopak mata.

Penyebab muka bintik-bintik kecil bisa kerena sel kulit mati yang berada di bawah lapisan kulit. Hal ini terjadi bisa karena adanya penuaan pada wajah yang membuat kemampuan kulit untuk mengelupas secara alami menjadi berkurang.

Namun, munculnya milia ini tidak hanya untuk dewasa, karena pada bayi pun sering mengalami milia. Milia muncul pada bayi dengan ciri yang tidak menyebabkan peradangan.

Biasanya milia jenis ini termasuk dalam milia primer dimana munculnya hanya sampai 2-4 setelah melahirkan.

Untuk cara menghilangkan bintik putih di wajah seperti jerawat ini bisa dengan membersihkan wajah dengan rutin, eksfoliasi, pakai sunscreen, oleskan masker madu, dan berbagai perawatan kulit lainnya.

Jenis-Jenis Kondisi Milia

Berikut nama-nama jenis milia yang merupakan bintik-bintik di wajah tapi bukan jerawat.

1. Neonatal Milia

Milia jenis ini terjadi hanya pada bayi yang baru lahir. Gejala ini sangat umum terjadi, lalu apakah milia bisa hilang sendiri? Iya, umumnya tidak berbahaya dan bisa menghilang dengan sendirinya. Bintik ini biasanya ada di area wajah, kepala, sampai badan.

Baca Juga :  Jerawat di Kelamin, Aman ataukah Bahaya?

2. Juvenile Milia

Juvenile milia terjadi karena kelainan genetik. Dengan demikian, sulit untuk disembuhkan karena sudah dari turunan. Contohnya ketika mengalami penyakit seperti sindrom karsinoma sel basal nevoid.

3. Primary Milia

Kemudian, ada milia yang paling umum yang disebut sebagai primary milia. Apa penyebab bintik-bintik kecil di wajah? Milia ini disebabkan oleh keratin atau sel kulit mati yang terperangkap di bawah lapisan kulit. Umumnya bisa terjadi pada bayi sampai orang dewasa.

Munculnya milia ini biasanya ada di kelopak mata, dahi, sampai dengan daerah genital.

4. Milia En Plaque

Milia ini disebabkan karena faktor genetik serta dari kelainan kulit autoimun. Kista kecil ini biasanya ada di daerah kelopak mata, telinga, rahang, sampai dengan pipi. Kista ini bisa berbentuk agar besar.

Umumnya milia en plaque terjadi pada usia paruh baya. Hal ini karena semakin tua, kemampuan kulit untuk beregenerasi semakin melemah.

5. Multiple Eruptive Milia

Selanjutnya adalah milia yang menyerang pada area yang mudah terserang gatal, contohnya adalah wajah, tangan bagian atas, dsb.

6. Traumatic Milia

Selanjutnya adalah kista milia yang disebabkan karena mengalami trauma akibat luka bakar sampai dengan ruam. Luka bakar atau lepuhan pada kulit ini yang bisa memunculkan milia.

Oleh sebab itu, warna dari kista ini biasanya tampak kemerahan.

7. Milia Karena Obat

Penggunaan obat-obat tertentu dapat mengalami milia. Contohnya adalah pemakaian obat steroid yang digunakan dalam jangka panjang sehingga dapat memunculkan masalah kulit ini.

Penutup

Bintik-bintik di wajah tapi bukan jerawat ini disebut dengan Milia. Penyebabnya bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti genetik, trauma, sampai menggunakan obat-obatan tertentu. Untuk mengatasinya, dapat menggunakan obat milia di apotik. Semoga informasi dari SapaSehatku di atas bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga :  Mitos Jerawat Ada yang Kangen, Bagaimana Faktanya?

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published.