Bintik Merah di Wajah Tapi Bukan Jerawat, Apa Bahaya?

Bintik merah di wajah tapi bukan jerawat sering dialami oleh banyak orang. Bintik merahnya ada yang menggerombol dan kecil ada pula yang hanya satu-satu tapi mengganggu penampilan. Dalam artikel ini akan dijelaskan penyebab bintik merah di wajah tersebut.

Bintik merah juga dicirikan dengan lesi yang datar atau ada pula yang menonjol. Semua ciri-ciri tersebut mengindikasikan penyebab dan nama masalah kulit yang berbeda-beda. Mari kita simak bersama.

bintik merah di wajah tapi bukan jerawat

Penyebab Bintik Merah di Wajah tapi Bukan Jerawat

Berikut ini adalah beberapa penyebab dari timbulnya bintik merah yang ada di wajah. Simak informasi selengkapnya.

1. Biang Keringat

Bintik merah paling sering disebabkan oleh biang keringat. Hal ini terjadi tidak hanya di wajah, tetapi di seluruh bagian tubuh terutama di daerah yang sering berkeringat. Biang keringat adalah masalah dimana terjadi bintik kemerahan akibat pori-pori tertutup oleh keringat.

Tandanya biasanya diiringi dengan rasa panas sampai gatal. Ini terjadi terutama jika Anda selesai berolahraga. Apakah bintik merah di wajah bisa hilang untuk biang keringat? Jawabannya adalah bisa. Jadi, tidak perlu khawatir karena biang keringat bisa hilang dengan sendirinya.

Jika lumayan parah dan mengganggu bisa menggunakan salep sampai dengan bedak anti biang keringat.

2. Dermatitis Kontak

Bintik merah di wajah tapi bukan jerawat dapat terjadi masalah kulit lainnya yang dinamakan dengan dermatitis kontak.

Dermatitis kontak memiliki nama yang awam yaitu disebut juga alergi. Alergi ada banyak bentuknya mulai dari makanan tertentu, serbuk sari, sampai penggunaan kandungan yang tidak cocok di kulit.

Jika sudah demikian, akan muncul bintik merah di wajah dan beberapa daerah lainnya. Bintik merah atau ruam merah di wajah umumnya terasa gatal.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Jerawat dalam 5 Menit

Namun, ada juga ciri bintik merah pada wajah tidak gatal. Anda harus segera mengobatinya ke dokter untuk mendapatkan krim atau obat minum untuk mengatasi hal ini.

3. Eksim

Penyebab muka bintik-bintik kecil merah adalah karena eksim. Bintik merah eksim umumnya ditandai tekstur yang kasar seperti berkerak.

Jika Anda memiliki penyakit eksim maka penyakit ini memang tidak bisa disembuhkan karena biasanya memang dari keturunan tetapi bisa dikurangi rasa gatalnya.

Obat ini diresepkan oleh dokter sehingga Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu. Eksim bisa datang sewaktu-waktu dan sembuh dalam jangka waktu yang lama. Kemudian, kembali muncul.

4. Rosacea

Rosacea ini mirip dengan jerawat namun dalam jumlah yang banyak dan dapat permanen. Oleh sebab itu, perlu untuk ditangani lebih cepat agar tidak menimbulkan komplikasi.

Cara untuk menghilangkan bintik merah dan gatal di wajah adalah dengan memakai krim dokter sampai minum obat.

Bahkan, jika sudah parah seperti memiliki gejala adanya penebalan kulit maka dokter bisa menyarankan untuk melakukan operasi untuk membuat kulit menjadi normal kembali.

5. Kanker

Penyebab yang terakhir dan tidak boleh dianggap remeh adalah dapat menyebabkan kanker. Namun, ini kondisi yang jarang terjadi. Anda dapat mendatangi dokter kulit profesional untuk mengetahui gejala dan pemeriksaan lanjutan.

Jika ternyata kanker, maka perlu menjalani perawatan seperti penderita lain. Akan lebih baik jika Anda mengetahuinya segera. Sehingga, pemeriksaan dini ke dokter yang bersangkutan jauh kami rekomendasikan.

Penutup

Itulah sedikit penjelasan dari SapaSehatku mengenai bintik merah di wajah tapi bukan jerawat yang perlu Anda ketahui. Kenali ciri-ciri dari setiap permasalahan kulit di atas sehingga dapat menanganinya dengan lebih baik. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Sabun Muka Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published.