Bisul di Ketiak, Pahami Penyebab dan Cara Mengobatinya

Pernahkah Anda mengalami bisul di ketiak? Hal ini sering terjadi, sering kali muncul di bagian kulit yang berambut, termasuk di ketiak. Bisul tersebut bisa muncul jika kebersihan tubuh tidak terjaga. Selain itu, bisul bisa muncul di area tersebut setelah mencukur.

Penyebab Timbulnya Bisul di Ketiak

Bisul di ketiak biasanya disebabkan oleh adanya infeksi bakteri yang memicu peradangan pada akar folikel di ketiak. Berikut penyebabnya:

1. Keringat Berlebih 

Keringat berlebih akibat cuaca panas atau aktivitas fisik bisa menjadi pemicu timbulnya bisul pada area ketiak. Kondisi ini akan lebih parah jika Anda tidak membersihkan tubuh dengan benar setelah berkeringat.

2. Mencukur Bulu Ketiak

Kebiasan mencukur bulu ketiak menjadi salah satu pemicu timbulnya bisul pada area ketiak. Terlebih jika Anda mencukurnya dengan cara yang kurang tepat, misalnya menggunakan pisau cukur yang kotor.

Hal tersebut berpotensi menyebabkan iritasi atau luka pada kulit ketiak dan menyebabkan bakteri lebih mudah masuk ke bawah permukaan kulit. Akibat dari infeksi tersebut adalah timbulnya bisul di ketiak.

3. Ketiak Kotor

Ketiak yang kotor menyebabkan penumpukan sel kulit mati. Akibatnya bakteri menumpuk pada bagian ketiak yang kotor. Kondisi tersebut memicu terbentuknya bisul di area ketiak yang kotor.

4. Kondisi Medis Tertentu

Bisul mudah muncul jika daya tahan tubuh Anda lemah, karena tubuh mudah terinfeksi bakteri. Selain itu, masalah ini juga rentan muncul pada penderita penyakit tertentu, seperti diabetes, gagal ginjal, hingga kanker.

Bisul yang diakibatkan oleh kanker akan disertai oleh gejala lainnya, seperti pembengkakan kelenjar getah bening, penurunan berat badan tanpa alasan yang jelas, serta gejala-gejala lainnya.

Bagaimana cara mengatasi bisul di ketiak?

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Kutil di Ketiak dengan Efektif

Cara mengatasi Bisul di Ketiak

Cara mengobati yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Mengompres dengan Air Hangat

Bisuk bisa cepat sembuh jika aliran darah ke daerah tersebut diperbanyak. Hal tersebut dikarenakan darah mengandung zat kekebalan tubuh yang mampu membasmi bakteri penyebab bisul. Berikut langkah-langkah mengompres bisul:

  • Basahi kain lap dengan air panas, lalu peras hingga tidak ada air menetes.
  • Kemudian, letakkan kain tersebut di atas bisul dan diamkan beberapa menit.
  • Jika rasa panas mulai menghilang, ualngi lagi seperti langkah pertama.

Anda bisa mengompres bisul dengan air hangat selama 2-3 kali sehari hingga bisul mengempis dan hilang.

2. Menggunakan Kunyit

Kunyit berfungsi sebagai antibakteri alami. Anda dapat menggunakan kunyit untuk mengobati bisul. Berikut caranya:

  • Campurkan setengah sendok teh bubuk kunyit dan beri cuka, lalu aduk hingga membentuk pasta.
  • Setelah itu, oleskan ke bisul dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Setelah mengering, bersihkan menggunakan air hangat.

3. Menggunakan Minyak Jarak

Minyak jarak mengandung asam risinoleat sebagai anti radang dan anti bakteri. Kandungan minyak jarak tersebut bisa digunakan sebagai obat bisul di ketiak. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskannya langsung pada bisul. Lakukan 2-3 kali sehari hingga bisul hilang.

4. Menggunakan Garam Epsom

Garam Epsom biasa disebut sebagai garam Inggris. Bahan ini memiliki kandungan senyawa mineral magnesium sulfat alami. Selain baik untuk mengobati bisul, garam ini juga bermanfaat bagi kulit dan saraf. Cara menggunakan garap Epsom untuk mengobati bisul adalah sebagai berikut:

  • Larutkan 1 sendok teh garam Epsom dengan dua sendok teh air hangat.
  • Celupkan kapas pada larutan tersebut dan oleskan pada bisul, lalu diamkan sekitar 20 menit.
  • Setelah itu, cuci hingga bersih dan kering.
Baca Juga :  Penyebab Ketiak Berbau dan Cara Mengatasinya

5. Menggunakan Salep bisul

Cara yang terakhir adalah dengan membeli obat anti bisul di apotek. Jenis salep yang bisa Anda pilih antara lain, Benzocaine, Mupirocin, Gentamisin, dan Salep Ichtyol.

Demikian penjelasan Sapasehatku tentang penyebab dan cara mengobati bisul di ketiak. Semoga membantu Anda dalam mengatasi masalah tersebut.

About admin

Check Also

jamur pada ketiak

Jamur Pada Ketiak : Gejala, Pencegahan, dan Cara Atasi

Ketiak yang terasa gatal tentunya membuat membuat tidak nyaman, terlebih saat berada di keramaian. Anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published.