Cara Mematikan Jerawat agar Tidak Tumbuh Lagi

Memiliki jerawat yang muncul di wajah memang sangat menyebalkan. Anda pun perlu tahu cara mematikan jerawat agar tidak tumbuh lagi. Dengan begitu, Anda bisa mencegah timbulnya jerawat yang bisa membuat kulit wajah Anda mulus kembali.

Pada pembahasan kali ini, akan dipaparkan mengenai cara mematikan jerawat. Terdapat beberapa tips yang bisa Anda praktikkan agar jerawat tidak muncul lagi. Penasaran? Yuk simak bahasannya di bawah ini hingga habis.

cara mematikan jerawat agar tidak tumbuh lagi

Cara Mematikan Jerawat sehingga Tak Muncul Lagi

Jerawat bisa timbul akibat kulit wajah yang mempunyai banyak kelenjar minyak. Akibatnya, pori-pori di wajah Anda tersumbat ketika produksi sebum berlebihan. Jerawat pun akan muncul ketika terjadi penyumbatan pori-pori yang bercampur dengan sel kulit mati serta bakteri.

Andapun harus mencoba mencegah jerawat agar tidak muncul kembali. Berikut ini akan dipaparkan mengenai cara mematikan jerawat agar tidak tumbuh lagi.

1. Membersihkan Wajah secara Rutin

Langkah awal yang harus Anda lakukan sebagai cara mematikan jerawat agar tidak tumbuh lagi yakni dengan menjaga kebersihan kulit wajah Anda. Dalam hal ini, wajib sekali untuk mencuci wajah Anda secara rutin.

Biasanya wajah yang jarang dibersihkan akan menyimpan banyak kotoran dan debu, bahkan sel kulit mati maupun minyak atau sebum bisa menumpuk pada kulit wajah Anda. Alhasil, hal ini dapat memicu timbulnya jerawat.

2. Menggunakan Pelembap

Cara agar jerawat hilang selanjutnya ialah dengan menggunakan pelembap wajah. Kondisi wajah yang kering biasanya bisa membuat produksi minyak yang berlebihan sehingga membuat wajah Anda rentan timbul jerawat.

Anda bisa melakukan cara mematikan jerawat agar tak muncul lagi dengan menggunakan pelembap misalnya berlabel noncomedogenic sesuai dengan jenis kulit wajah yang Anda miliki. Hal ini bertujuan agar kulit wajah tetap terjaga kelembapan dan elastisitasnya.

Baca Juga :  Jerawat di Hidung Pertanda Apa?

3. Memakai Tabir Surya

Cara agar jerawat tidak tumbuh lagi yang harus Anda lakukan selanjutnya ialah wajib dan rutinm menggunakan tabir surya sebelum memulai aktivitas di luar ruangan. Tabir surya ini bisa membantu Anda dalam menghindari sinar matahari pemicu kulit dehidrasi.

Biasanya kulit yang dehidrasi bisa membuat produksi minyak berlebih sehingga muncul kembali. Untuk itu, Anda harus menggunakan tabir surya yang dapat mengcegah sinar UVA dan UVB sehingga kulit wajah tetap mulus.

Hal ini juga cukup efektif sebagai cara mematikan jerawat agar tidak tumbuh lagi. Tabir surya yang digunakan secara rutin juga dapat mengurangi risiko wajah Anda terkena kanker kulit akibat sinar matahari.

4. Membatasi Penggunaan Make Up

Penggunaan make up yang berlebihan juga bisa memicu timbulnya jerawat. Sebagian orang memang sengaja menutupi jerawat yang ada dengan penggunaan make up yang berlebihan. Padahal hal ini bisa membuat pori-pori tersumbat dan timbulnya breakout wajah.

Untuk mencegah timbulnya jerawat kembali, Anda harus membatasi penggunakan make up. Apabila perlu sekali merias wajah, maka pilihlah produk yang tidak terdapat kandungan parfum serta bebas minyak.

5. Hindari Menyentuh Wajah

Hal ini cukup penting dilakukan dimana Anda harus mencuci tangan terlebih dulu sebelum menyentuh wajah. Wajah yang sering disentuh dengan tangan kotor biasanya akan membuat bakteri menempel ke wajah yang memicu datangnya jerawat.

6. Memulai Gaya Hidup Sehat

Selain berupaya untuk menjaga kebersihan dan perawatan kulit dari luar, upaya untuk mencegah timbulnya jerawat kembali ialah dengan menjaga kesehatan kulit dari dalam. Hal ini bisa dilakukan dengan membiasakan gaya hidup sehat.

Beberapa upaya yang bisa dilakukan yakni dengan membatasi konsumsi makanan tinggi gula dan kalori, melakukan olahraga secara rutin, memperbanyak konsumsi air putih, serta menghindari kondisi stress.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Jerawat Pasir dengan Cepat Dalam 1 Hari

Nah, itulah beberapa tips dari SapaSehatku yang bisa Anda coba sebagai cara mematikan jerawat agar tidak tumbuh lagi. Semoga dengan cara-cara tersebut wajah Anda bisa terhindar dari jerawat sehingga nampak mulus dan sehat.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *