Cara Membersihkan Bulu Ketiak dengan Aman

Mengetahui cara membersihkan bulu ketiak akan sangat membantu Anda dalam mengatasi masalah bulu ketiak. Keberadaan bulu ketiak sering membuat tidak percaya diri. Hal ini dikarenakan bulu ketiak bisa menyebabkan bau badan ketika berkeringat.

Sebelum membahas cara membersihkan bulu ketiak, Anda juga perlu mengetahui fungsinya. Meskipun sering membuat tidak percaya diri, namun bulu ketiak ini ada manfaat dan fungsinya sendiri bagi tubuh Anda.

Fungsi Bulu Ketiak

Berikut fungsi bulu ketiak bagi tubuh Anda:

  • Dapat melindungi kulit ketiak dari bakteri.
  • Dapat melindungi kulit ketiak dari racun yang berasal dari luar tubuh.
  • Melindungi kulit ketiak dari zat-zat kimia yang berasal dari berbagai produk, seperti deodorant, bedan, dan krim.
  • Dapat melindungi ketiak dari gesekan.
  • Berfungsi untuk melindungi payudara.

Cara Membersihkan Bulu Ketiak Secara Alami

Ada banyak cara membersihkan bulu ketiak menggunakan bahan-bahan alami. Berikut cara membersihkan bulu ketiak secara alami dari Sapasehatku:

1. Menggunakan Pepaya Muda, Kunyit, dan Lidah Buaya

Campuran papaya, kunyit, dan lidah buaya dapat digunakan untuk membersihkan bulu ketiak secara permanen. Papaya mengandung papain yang mencegah pertumbuhan rambut, sehingga bulu ketiak tidak akan timbul lagi.

Selain mencegah rambut tumbuh lagi, papaya juga bermanfaat untuk memutihkan kulit ketiak secara alami. Anda bisa mencampurkan papaya dengan kunyit sebagai antibakteri. Sedang lidah buaya berfungsi mencegah kulit ketiak menjadi gelap.

Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:

  • ¼ papaya muda.
  • ½ sdm kunyit bubuk atau parutan kunyit.
  • 4 sdm gel lidah buaya.
  • ¼ sdt minyak atsiri atau minyak lavender.

Cara membuatnya:

  • Haluskan papaya muda menggunakan blander atau dengan menumbuk tanpa mencampurkan air.
  • Campurkan papaya muda dengan kunyit bubuk, gel lidah buaya, dan minyak atsiri.
  • Lalu aduk semua bahan hingga tercampur, kemudian oleskan pada ketiak hingga merata.
  • Diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan menggunakan kain yang telah dibasahi dengan air hangat. Pembersihan dilakukan berlawanan dengan arah pertumbuhan bulu ketiak.
  • Setelah itu, bersihkan lagi sisnya dengan menggunakan air dingin yang bersih lalu keringkan.
Baca Juga :  Cara Menghilangkan Bulu Ketiak dengan Pasta Gigi dan Tomat

Anda bisa melakukan cara ini 3 kali seminggu setiap setelah mandi agar mendapatkan hasil yang optimal.

2. Lemon, Gula dan Madu

Cara menghilangkan bulu ketiak menggunakan lemon, gula dan madu terbukti ampuh. Anda bisa mencampurkan 1 sdm gula pasir dengan 1 sdt madu dan 1 sdm air perasan lemon. Setelah itu aduk hingga merata, lalu oleskan pada ketiak dan diamkan selama 30 menit.

Selanjutnya, bersihkan ketiak menggunakan kain hangat berlawanan dengan pertumbuhan bulu ketiak. Setelah itu, bersihkan lagi menggunakan air dingin yang bersih.

3. Lemon dan Mentimun 

Perpaduan lemon dan mentimun juga ampuh membersihkan bulu ketiak. Caranya adalah dengan menghaluskan ½ mentimun dan campurkan dengan air perasan jeruk nipis. Aduh bahan tersebut, lalu oleskan pada ketiak dan diamkan selama 15 menit. Kemudian bersihkan.

4. Jintan Putih dan Kapur Barus

Tidak hanya bisa digunakan untuk bumbu masak, jintan juga bisa digunakan untuk membersihkan bulu ketiak secara alami. Bahan yang perlu disiapkan adalah 50 gram jintan putih dan 2 sdt kapur barus halus.

Campurkan bahan tersebut lalu tambahkan perasan lemon hingga berbentuk pasta. Setelah itu, oleskan pada ketiak secara merata dan diamkan 15 menit, kemudian bersihkan dengan air bersih.

Demikian cara membersihkan bulu ketiak yang dapat Anda coba untuk membantu mengatasi permasalah bulu pada ketiak. Menggunakan bahan-bahan alami menjadi cara menghilangkan bulu ketiak dengan aman. Dengan demikian Anda bisa lebih percaya diri.

About admin

Check Also

jamur pada ketiak

Jamur Pada Ketiak : Gejala, Pencegahan, dan Cara Atasi

Ketiak yang terasa gatal tentunya membuat membuat tidak nyaman, terlebih saat berada di keramaian. Anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published.