Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami

BKetiak hitam akan sangat mengganggu penampilan. Sebagian besar orang menganggap bahwa ketiak hitam disebabkan oleh kebiasan mencukur bulu ketiak. Faktanya, ketiak hitam bisa disebabkan oleh berbagai hal. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara memutihkan ketiak.

Sebelum membahas cara memutihkan ketiak, Anda perlu mengetahi terlebih dahulu penyebab ketiak hitam tersebut:

Penyebab Ketiak Hitam

Beberapa kondisi yang bisa menyebabkan ketiak menjadi hitam antara lain:

1. Iritasi Kulit Ketiak

Sering menghilangkan bulu ketiak dengan cara mencukur atau mencabut bisa membuat kulit mudah mengalami iritasi dan memicu produksi melanosit. Dengan produksi sel penghasil pigmen atau warna alami kulit tersebut secara berlebihan akan membuat kulit menjadi hitam.

2. Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri yang menyebabkan kulit hitam adalah bakteri Corynebacterium minutissimum. Bakteri ini biasanya tumbuh subur di lingkungan yang lembab, kurang menjaga  kebersihan tubuh, atau menderita masalah kesehatan tertentu, misalnya diabetes dan obesitas.

3. Kehamilan

Perubahan atau gangguan kulit bisa dialami oleh seorang ibu hamil. Salah satu gangguan yang sering terjadi adalah kulit ketiak menjadi hitam. Perubahan tersebut kemungkinan disebabkan oleh perubahan hormone kehamilan yang merangsang produksi melanin.

Namun, warna kulit yang menghitam tersebut biasanya akan memudar dalam beberapa bulan setelah melahirkan.

4. Penyakit Acanthosis Nigricans

Penyakit ini berupa penebalan kulit dan perubahan warna kulit menjadi lebih gelap. Warna gelap ini tidak hanya muncul di ketiak, tetapi juga bisa di leher, wajah, tubuh, perut, lengan, dan sekitar pangkal paha. Faktor penyebab acanthosis nigricans antara lain:

  • Obesitas atau kelebihan berat badan
  • Penyakit diabeter tipe 2
  • Terjadinya gangguan hormone, seperti pada penyakit tiroid, sindrom Cushing, atau sindrom ovarium polikstik (PCOS).
  • Adanya efek samping konsumsi obat-obatan yang memengaruhi hormon, seperti pil KB dan kortikosteroid.
Baca Juga :  Pencukur Bulu Ketiak : Tips Memilih Alat yang Baik!

Cara memutihkan ketiak yang hitam tersebut dapat dilakukan menggunakan bahan-bahan alami.

Cara Memutihkan Ketiak Dengan Bahan Alami

Berikut cara memutihkan ketiak secara alami yang bisa Anda coba, antara lain:

1. Lemon

Bahan alami pemutih ketiak yang pertama adalah lemon. Asam sitrat yang terkandung pada lemon dapat berperan sebagai pencerah kulit alami.

Caranya adalah dengan menggosokkan satu bagian lemon pada kulit ketiak. Kemudian diamkan kurang lebih 10 menit, setelah itu bilas dengan air bersih.

2. Kunyit, Susu, dan Madu

Campuran ketiga bahan tersebut merupakan rekomendasi bahan pemutih alami ketiak selanjutnya.

Caranya sangat mudah, campurkan 1 sdt bubuk kunyit dengan 1 sdt susu dan 1 sdt madu. Aduk rata semua bahan, lalu aplikasikan pada kulit ketiak selama 10 hingga 15 menit. Bilaslah ketiak dengan air hangat setelahnya.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat digunakan untuk memutihkan ketiak. Anda bisa mencampurkannya dengan gula merah untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Aduk rata bahan tersebut, setelah itu gosokkan pada ketiak dan tunggu selama 5 menit. Setelahnya, bilas dengan air hangat.

4. Kentang

Kentang bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit dan mampu menghilangkan rasa gatal. Parut dan peras kentang untuk mendapatkan ekstraknya. Aplikasikan ke kulit ketiak menggunakan kapas dan diamkan 15 menit. Setelah itu bilas dengan air.

5. Lidah Buaya

Kandungan aloesin yang teradapat pada lidah buaya efektif mencegah terjadinya pigmentasi. Selain itu, tanaman ini juga mengandung antioksidan yang bisa mengatasi perdangan kulit. Apliaksikan gel lidah buaya pada ketiak, lalu diamkan 15 menit, kemudian bilas dengan air.

6. Timun

Untuk memutihkan ketiak dengan timun, gosokkan irisan timun pada ketiak. Diamkan sekitar 15 menit dan setelahnya bilas dengan air. Selain untuk mencerahkan ketiak, timun juga bisa menyamarkan mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata.

Baca Juga :  Manfaat Tawas untuk Ketiak dan Cara Penggunaan

Itulan penyebab dari kulit ketiak menjadi hitam serta cara memutihkan ketiak secara alami. Lakukanlah secara rutin agar hasilnya maksimal.

About admin

Check Also

pencukur bulu ketiak

Pencukur Bulu Ketiak : Tips Memilih Alat yang Baik!

Memilih alat pencukur bulu ketiak yang tepat sangat dibutuhkan. Jika Anda menggunakan alat pencukur bulu …

Leave a Reply

Your email address will not be published.