Cara Mencuci Muka yang Benar Untuk Menghilangkan Jerawat

Jerawat seringkali muncul di area wajah. Ini akan sangat mengganggu karena penampilan Anda menjadi kurang maksimal. Step pertama adalah mencuci muka. Anda harus mengetahui cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat beserta bekasnya.

Cara Mencuci Muka yang Benar Untuk Menghilangkan Jerawat

Anda bisa memulainya dengan mencuci muka. Cuci muka bisa membersihkan wajah sehingga dapat mengurangi dan mencegah timbulnya jerawat. Namun, cara cuci muka harus diperhatikan agar kulit yang berjerawat tidak mengalami iritasi.

Cara Mencuci Muka yang Benar

Berikut cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat dengan benar. Ikuti langkah-langkahnya agar bisa mengatasi jerawat secara maksimal.

1. Bersihkan Kotoran dan Sisa Make Up

Sebelum mencuci muka, sebaiknya Anda perlu melakukan double cleansing. Caranya yaitu dengan membersihkan kotoran dan sisa make up terlebih dahulu. Cuci muka untuk jerawat dan berminyak saja belum mampu untuk mengangkat kotoran dan make up.

Oleh sebab itu, Anda perlu membersihkannya terlebih dahulu menggunakan milk cleanser atau micellar water sesuai dengan jenis kulit Anda. Dengan demikian tidak ada kotoran yang menyumbat.

2. Cuci Tangan

Sebelum melakukan cuci muka, Anda harus memastikan tangan bersih. Oleh sebab itu, cucilah tangan terlebih dahulu agar tidak ada kotoran yang bisa menempel ke wajah. Jika tangan kotor dan menyentuh wajah, maka akan membuat jerawat tambah parah.

Bersihkan tangan dengan bersih sampai jari-jarinya. Barulah cuci muka menggunakan sabun.

3. Pakai Air Bersih

Hal yang tidak boleh dilewatkan saat membersihkan muka yaitu airnya. Anda harus memastikan pakai air bersih karena jika tidak akan membuat wajah tetap berjerawat bahkan meradang. Disarankan untuk memakai air kran yang mengalir.

Jangan menggunakan air panas untuk mencuci muka karena itu justru bisa membuat kulit semakin kering. Selain itu, air panas untuk cuci muka bisa membuat iritasi kulit.

Baca Juga :  Treatment Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Efektif

4. Pijat Lembut dengan Gerakan Memutar

Cara cuci muka untuk jerawat dan bruntusan perlu perlakuan ekstra. Aplikasikan sabun ke wajah dan lakukan pijatan lembut dengan gerakan memutar. Gunakan ujung jari untuk memijat wajah.

Dilarang untuk menggosokkan sabun dengan kasar dan penuh tekanan. Hal ini akan membuat kulit iritasi dan kemerahan.

5. Bilas Sampai Bersih

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pembilasan wajah untuk membersihkan sabun. Bilas sampai wajah benar-benar bersih dari sisa sabun. Pakailah air dingin biasa.

6. Keringkan Wajah

Setelah mencuci muka, Anda bisa menggunakan kain atau handuk bersih untuk mengeringkannya. Tap-tap wajah dengan handuk. Jangan sampai menggosoknya dengan keras. Hal ini juga bisa mengiritasi kulit.

Pastikan juga kain atau handuk yang Anda kenakan bersih agar kotoran di kain tidak menempel lagi ke wajah yang sudah dibersihkan.

Tips Cuci Muka Untuk Kulit Jerawat

Berikut adalah tips mencuci muka untuk wajah jerawat:

  • Pilih sabun cuci muka untuk jerawat. Contoh sabun muka penghilang jerawat dan bekasnya yaitu produk yang memiliki kandungan asam salisilat, tea tree, dsb.
  • Jangan sering mengganti sabun wajah. Hal ini karena skincare perlu digunakan rutin untuk hasil efektif.
  • Kemudian, berapa kali cuci muka untuk kulit berjerawat? Lakukan cuci muka rutin dua kali sehari.

Penutup

Demikian cara mencuci muka yang benar untuk menghilangkan jerawat melalui beberapa langkah dan tipsnya ala SapaSehatku. Cuci muka adalah hal yang mendasar yang penting untuk diterapkan. Dengan mencuci muka, kotoran bisa menghilang sehingga jerawat dapat dipulihkan.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dan bekasnya sampai tuntas1

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Sampai Tuntas: Panduan Lengkap

Jerawat dan bekasnya adalah dua masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang. Jerawat dapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *