Cara Mengatasi Jerawat Mendem? Berikut Tips-Tipsnya

Bingung bagaimana cara mengatasi jerawat mendem yang tidak hilang? Ikuti tips-tips mudahnya disini. Jerawat mendem berdampak cukup serius pada kulit wajah. Benjolan yang muncul tak hanya di permukaan kulit, tapi juga ada di lapisan dalam.

Jerawat mendem yang biasa disebut jerawat nodul adalah jenis jerawat di bawah permukaan kulit yang terasa keras dan sakit. Tak heran bila kemunculan jerawat satu ini dapat mengganggu penampilan. Lantas, bagaimana cara mengobati jerawat nodul?

Begini Cara Mengatasi Jerawat Mendem   

Sebenarnya, apa yang menyebabkan jerawat mendem? Seperti penyebab jerawat pada umumnya, penyebab timbulnya jerawat mendem biasanya merupakan hasil dari bakteri penyebab jerawat yang menyebabkan infeksi di dalam pori-pori.

Walau demikian, salah satu pemicu utama timbulnya jerawat ini pada kulit wajar adalah karena hormon androgen. Karena jika kadar androgen meningkat, produksi minyak di kulit wajah pun ikut meningkat pula.

Selain itu, jerawat mendem juga mengalami peradangan hingga menembus ke lapisan kulit lebih dalam, sehingga dikategorikan sebagai jerawat yang parah. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan jika kamu mempunyai jerawat mendem, yaitu:

1. Lakukan Eksfoliasi

Cara mengatasi jerawat mendem yang pertama adalah dengan rajin melakukan eksfoliasi kulit setiap 2 kali dalam seminggu. Banyak orang yang protes jika jerawat mendem di pipi atau area berjerawat lainnya tidak kunjung hilang meskipun sudah rajin memakai skincare.

Satu hal yang terlewati, ternyata mereka lupa melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi sendiri berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati di wajah. Jika tidak melakukan eksfoliasi secara rutin, nantinya sel kulit mati akan menumpuk sehingga kulit jadi kusam dan berjerawat.

2. Antibiotik

Jika jerawat mendem disebabkan oleh infeksi bakteri, pemberian antibiotik untuk jerawat biasanya menjadi salah satu solusi mengatasi masalah kulit ini. Obat antibiotik seperti tetracycline diduga ampuh mengatasi dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Baca Juga :  Apakah Brotowali Bisa Menghilangkan Jerawat?

Walau demikian, penggunaan antibiotik hanya dapat digunakan dalam jangka pendek agar tidak menyebabkan resistensi antibiotik. Perlu diketahui, pengobatan antibiotik untuk masalah jerawat yang meradang umumnya berjalan 7-10 hari.

3. Pakai Acne Spot Treatment

Tips cara mengatasi jerawat mendem agar lekas sembuh berikutnya dengan mengoleskan acne spot treatment di area kulit yang timbul jerawat. Kamu dapat memakai acne spot yang mengandung benzoyl, peroxide, sulfur dan tea tree oil. 

4. Isotretinoin   

Isotretinoin juga bisa digunakan sebagai salah satu pengobatan jerawat mendem atau jenis jerawat lainnya, termasuk jerawat kistik. Akan tetapi, penggunaan obat ini haruslah berada di bawah pengawasan dokter karena dapat menimbulkan berbagai efek samping.

Selain itu, wanita yang sedang hamil atau memiliki rencana untuk hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi isotretinoin. Sebab, pemakaian obat isotretinoin dapat membahayakan kondisi janin yang ada dalam kandungan.

5. Menjaga Pola Hidup Sehat   

Ketika jerawat mendem disebabkan oleh produksi minyak yang berlebihan, maka cucilah wajah sehari 3 kali, hindari makanan yang terlalu berminyak atau manis, lakukan olahraga dan tidur dengan cukup untuk mengatasi masalah jerawat secara alami.

6. Kompres dengan Air Dingin

Jika adanya jerawat mendem mengakibatkan peradangan di area kulit, kamu bisa memakai air dingin atau es batu untuk mengompres area kulit yang meradang. Mengompres jerawat dengan air dingin ini bisa mengurangi rasa sakit pada kulit wajah yang berjerawat.

Demikian tips-tips cara mengatasi jerawat mendem dari Sapasehat yang dapat kamu lakukan dengan mudah. Bila kondisi jerawat semakin parah, segera konsultasikan masalah tersebut dengan dokter spesialis kulit untuk memperoleh perawatan lebih lanjut.

About admin

Check Also

ciri jerawat begadang

Ciri Jerawat Begadang, Inilah Cara Mengatasinya

Apa itu ciri jerawat begadang? Tahukah kamu, bahaya begadang atau kurang tidur ternyata tak hanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *