Cara Mengatasi Ketiak Basah dan Berbau

Ketiak yang basah dan berbau tentu saja sangat mengganggu bahkan membuat percaya diri menurun. Masalah ini tidak hanya menganggu Anda sendiri, namun juga orang yang berada di sekitar Anda. Karenanya Anda perlu mengetahui cara mengatasi ketiak basah dan berbau.

Namun sebelum membahas cara mengatasi ketiak basah dan berbau, Anda perlu mengetahui penyebab masalah ini terjadi.

Penyebab Ketiak Basah dan Berbau

Kenapa ketiak cepat basah dan bau? Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab ketiak basah dan berbau. Agar bisa mengatasinya secara tepat, Anda harus mengetahui faktor-faktor penyebabnya.

1. Sering Mengonsumsi Makanan Panas

Penyebab ketiak basah dan bau yang pertama adalah mengonsumsi makanan panas. Mengonsumsi makanan yang masih dalam keadaan panas membuat suhu tubuh meningkat. Kondisi ini membuat ketiak menjadi basah dan menimbulkan bau.

2. Banyak Beraktivitas

Banyaknya aktivitas yang dilakukan dapat memicu peningkatan produksi keringat dari tubuh. Semakin banyaknya aktivitas, maka risiko ketiak basah juga semakin meningkat. Jika tidak ditangani secara tepat tentunya bisa membuat tubuh menjadi berbau.

3. Kondisi Bawaan Hiperhidrosis

Salah satu penyebab ketiak basah adalah karena faktor bawaan yang disebut hyperhidrosis. Jika Anda mengalami ketiak basah yang disebabkan faktor ini, maka perlu cara khusus dalam mengatasinya.

4. Cuaca di Lingkungan Tempat Tinggal

Bagi Anda yang tinggal di daerah dataran rendah atau pesisir pantai yang bersuhu panas cenderung memiliki risiko masalah ketiak basah yang telah tinggi. Hal tersebut dikarenakan cuaca panas bisa meningkatkan suhu tubuh dan produksi keringat berlebih.

5 Cara Mengatasi Ketiak Basah dan Berbau

Setelah mengetahui faktor penyebab ketiak basak, selanjutnya Anda bisa mengetahui cara mengatasi ketiak basah dan berbau yang tepat. Cara mengatasinya ala Sapasehatku antara lain:

Baca Juga :  Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami

1. Mencukur Bulu Ketiak

Cara alami mengatasi ketiak basah dan bau adalah dengan mencukur bulu ketiak untuk mengurangi produksi keringat berlebih.

Hal ini dikarenakan rambut-rambut halus yang terdapat pada ketiak bisa membuat ketiak lembab. Jika dibiarkan akan mengakibatkan ketiak sering basah dan berbau.

Dengan demikian mencukur bulu ketiak perlu dilakukan untuk mengurangi ketiak basah dan berbau.

2. Menghindari Makanan Pemicu Keringat

Makanan yang Anda konsumsi bisa berpengaruh terhadap banyaknya keringat yang dikeluarkan tubuh. Anda bisa mengurangi konsumsi makanan yang bisa mengeluarkan keringat berlebih.

Makanan yang mengandung rendah serat akan memaksa sistem pencernaan bekerja lebih untuk memecah makanan. Begitu juga dengan pola makan yang tinggi natrium dapat memaksa tubuh mendetoksifikasi semua garam dalam bentuk urin dan keringat.

Dengan demikian, untuk mengatasi ketiak basah Anda bisa mencoba untuk menghindari makanan dan minuman penyebab keringat berlebih.

3. Minum Cukup Air

Cara mengatasi ketiak basah dan berbau selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi banyak air. Selain itu, Anda juga bisa memakan makanan yang memiliki kandungan air tinggi.

Dengan demikian dapat menjaga suhu tubuh agar tetap dingin sehingga tidak banyak keringat yang keluar di area ketiak.

4. Mengurangi Konsumsi Kafein

Kafein bisa merangsang sistem saraf dan meningkatkan keringat. Selain itu, kafein juga bisa menyebabkan tekanan darah meningkat dan kelenjar keringat bekerja keras.

Bagi Anda yang suka mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh atau minuman berkafein lainnya, maka tubuh akan sangat mudah berkeringat. Cobalah untuk mengurangi konsumsi kafein agar jumlah keringat yang keluar juga berkurang.

5. Menggunakan Baju yang Longgar

Baju yang terlalu sempit terutama di bagian lengan bisa menyebabkan ketiak basah dan muncul noda di area tersebut. Segera ganti baju Anda dengan ukuran yang lebih besar dan baju dengan bahan yang mudah menyerap keringat, misalnya baju berbahan katun.

Baca Juga :  Ada Benjolan di Ketiak? Pahami Cara Mengatasinya

Demikian cara mengatasi ketiak basah dan berbau serta faktor penyebabnya. Semoga dengan mengetahui penyebab ketaik basah dan cara mengatasinya membantu Anda bisa lebih percaya diri.

About admin

Check Also

jamur pada ketiak

Jamur Pada Ketiak : Gejala, Pencegahan, dan Cara Atasi

Ketiak yang terasa gatal tentunya membuat membuat tidak nyaman, terlebih saat berada di keramaian. Anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published.