Cara Mengempeskan Jerawat yang Bengkak Dengan Bahan Alami

Jerawat yang bengkak sering mengganggu karena terlihat jelas oleh mata memandang. Oleh sebab itu, biasanya mereka akan melakukan berbagai cara mengempeskan jerawat yang bengkak. Dalam artikel ini akan dijelaskan lebih lanjut cara yang efektif.

cara mengempeskan jerawat yang bengkak

Sebelumnya, penyebab jerawat ini sering muncul karena perubahan hormon, jarang mencuci muka, sampai karena adanya bakteri yang menempel dari tangan. Jerawat yang bengkak itu artinya sudah meradang. Segera perbaiki dengan cara berikut ini.

Cara Mengempeskan Jerawat yang Bengkak

Cara mengatasi jerawat tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah menggunakan bahan alami. Namun, perhatikan caranya agar bisa bekerja efektif.

Berikut adalah cara mengempeskan jerawat yang bengkak tanpa modal besar dan dengan bahan-bahan alami penghilang jerawat.

1. Bawang Putih

Kandungan dari bawang putih mampu untuk mengempeskan jerawat. Bawang putih ini bersifat anti bakteri dan anti peradangan yang cukup kuat karena adanya bahan allicin. Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkannya untuk menyembuhkan jerawat memerah dan bengkak.

Hal yang perlu dilakukan adalah mengikuti langkah berikut:

  1. Iris dan cincang satu siung bawang putih kemudian ambil cairannya.
  2. Oleskan pada jerawat yang bengkak. Biasanya, pengobatan ini akan sangat cepat mengempeskan jerawat. Namun, bisa berbeda-beda tergantung dari jenis kulit dan tingkat keparahannya.

2. Tea Tree Oil

Alternatif selanjutnya untuk mengempeskan jerawat bengkak dalam kulit yaitu menggunakan tea tree oil. Minyak ini terkenal dengan manfaatnya untuk mengurangi peradangan sampai melawan bakteri. Cara untuk menggunakannya adalah sebagai berikut:

  1. Campurkan tea tree oil dengan air berdasarkan perbandingan 1:9.
  2. Selanjutnya, oleskan campuran tadi menggunakan cotton bud ke area yang berjerawat.
  3. Diamkan sampai 30 menit dan bilas dengan air.
  4. Untuk hasil maksimal, ulangi dua kali sehari.
Baca Juga :  Apakah Daun Sirih Bisa Menghilangkan Jerawat?

3. Kayu Manis

Jika tidak punya tea tree oil, Anda bisa memakai kayu manis. Kayu manis banyak tersedia di rumah dan biasa ada di dapur. Anda dapat mengambilnya untuk perawatan mengempeskan jerawat.

Kombinasikan dengan madu untuk cara mengempeskan jerawat batu yang bengkak. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Campurkan 2 sendok madu dan 1 sendok teh kayu manis. Campur sampai menyerupai pasta.
  2. Terakhir, tinggal Anda baluri wajah dengan menggunakan campuran tersebut sampai menjadi masker.
  3. Biarkan 10-15 menit dan bilas dengan air bersih.

4. Es Batu

Es batu bisa mengempeskan jerawat tanpa melakukan berbagai cara pembuatan yang rumit. Cukup kompres jerawat dengan es batu yang dibalut kain selama 5 menit. Es batu berfungsi untuk melancarkan pembuluh darah sehingga kulit bisa ternutrisi dengan baik.

Selain itu, es batu bisa memperkecil pori-pori dan mengurangi minyak berlebih. Dengan begitu, jerawat Anda bisa kempes dengan cepat.

5. Tomat

Cara menghilangkan jerawat yang bengkak dan merah yaitu menggunakan bahan yang tidak asing ini yaitu tomat. Tomat mengandung vitamin A yang berfungsi mengatasi peradangan.

Cara pengaplikasiannya sangat mudah yaitu dengan menghancurkan tomat dengan blender kemudian jadikan masker ke wajah. Diamkan 20 menit dan bilas hingga tomat itu bersih.

Selain itu, dengan mengkonsumsi rutin, jerawat juga bisa berkurang. Proses konsumsinya tidak boleh secara berlebihan ya, tetap harus seimbang dengan makanan-makanan pokok yang lainnya.

Penutup

Cara mengempeskan jerawat yang bengkak tidak perlu mahal-mahal. Cukup gunakan bahan yang ada di rumah, tanpa pakai salep untuk jerawat yang bengkak. Perlu dicatat, pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika berkulit sensitif, sebaiknya berkonsultasi dulu.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dan bekasnya sampai tuntas1

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Sampai Tuntas: Panduan Lengkap

Jerawat dan bekasnya adalah dua masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang. Jerawat dapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *