Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi adalah sebuah informasi penting yang akan selalu dicari dan dibutuhkan oleh mereka yang sedang mengalami masalah kulit ini. 

Namun dari berbagai macam cara untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah ini, perlu dipahami hingga saat ini tidak ada cara menghilangkan bekas jerawat hitam dalam 1 hari. 

Semua cara menghilangkan bekas jerawat hitam di wajah pria ataupun wanita, dewasa ataupun remaja akan membutuhkan jangka waktu tertentu hingga dapat meraih hasil maksimal sebagaimana yang diharapkan dan diinginkan.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi

Pada umumnya jerawat tumbuh di area wajah terutama di pipi. Meski pada beberapa orang ada juga jerawat yang tumbuh di bagian wajah lainnya seperti di dagu, dahi, atau hidung. Selain itu ada juga bagian tubuh lainnya yang juga ditumbuhi jerawat seperti di leher atau punggung.

Tentunya cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi akan sangat berbeda dengan cara menghilangkan jerawat yang masih aktif. Perbedaan tersebut terletak baik dari metode yang digunakan, obat yang dipakai, hingga jangka waktu pengobatannya.

Nah jika ingin tahu bagaimana langkah menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi, silahkan ikuti dan simak uraiannya di bawah ini.

Mengenal Jenis Bekas Jerawat

Sebelum memulai pembahasan mengenai bagaimana langkah-langkah menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi, ada baiknya diketahui serta dipahami terlebih dahulu beberapa jenis bekas jerawat berikut ini.

1. Atrofi

Atrofi adalah bekas jerawat yang secara awam disebut dengan istilah bopeng. Bopeng ini terlihat seperti luka parut pada kulit yang disebabkan hilangnya sebagian jaringan kulit  selama terjadi peradangan jerawat. Bekas luka atrofi ini ada 3 macam, yaitu:

Ice pick

Disebut demikian karena bekas luka yang ditinggalkan membentuk seperti alat pemecah es, lebar di atas dan mengecil ke bawah layaknya huruf V. Jenis luka ini termasuk dalam karena mencapai lapisan dermis kulit.

Boxed scar

Luka ini tidak sedalam ice pick, namun memiliki ukuran yang lebih luas. Terciptanya bentuk bopeng semacam ini adalah karena terjadi kerusakan kolagen dan jaringan kulit pada saat jerawat masih aktif.

Rolling scar

Bekas luka ini biasanya terjadi pada kondisi jerawat yang menahun dan lama tak sembuh-sembuh. Namun meski begitu, bekas luka yang ditinggalkan sangat dangkal dan menciptakan tekstur ombak pada kulit. 

Cara melenyapkan bekas jerawat hitam di pipi dan bopeng ini akan sangat membutuhkan waktu yang lama, dengan hasil yang sangat variatif pada setiap orang. Namun secara umum, bekas bopeng akan tetap terlihat meski mungkin menjadi lebih samar.

2. Hipertrofik

Istilah awam untuk bekas luka jenis ini adalah keloid. Keloid ini terbentuk sebagai efek dari sistem pemulihan kulit yang memproduksi terlalu banyak sel kulit pada saat melakukan perbaikan jaringan kulit akibat peradangan.

Bekas luka hipertrofik ini biasanya berupa benjolan yang memiliki warna gelap atau lebih tua dibandingkan dengan jaringan kulit sekitarnya.

Nantinya cara menghilangkan bekas jerawat yang hitam di pipi dan berbentuk kelod ini dapat dilakukan dengan memakai cuka apel sebagai bahan alami. Atau bisa juga dengan meminta perawatan medis pada dokter spesialis kulit yang dipercaya.

3. Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi bukan saja terjadi karena adanya paparan sinar matahari. Namun, hiperpigmentasi juga terjadi karena sistem pertahanan kulit yang memproduksi melanin dalam jumlah banyak. Yakni pada saat kulit mengalami peradangan karena tumbuhnya jerawat.

Jenis metode menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi jenis ini bisa dilakukan baik secara alami maupun secara medis, misalkan memakai cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan jeruk nipis

Baca Juga :  Jerawat di Kelamin, Aman ataukah Bahaya?

Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Masker Alami 

Metode menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan bahan alami diminati oleh sebagian besar penderita jerawat yang telah sembuh karena beberapa faktor. Selain bersifat alami dan bahan yang mudah didapat, alasan finansial biasanya juga ikut menjadi latar belakangnya.

Meskipun dunia medis hingga saat ini dengan tegas menyatakan jika dibutuhkan penelitian yang lebih dalam lagi untuk memeriksa keefektifannya, namun cara melenyapkan bekas jerawat hitam di pipi secara alami dan cepat ini tak ada salahnya untuk dicoba.

Lantas bagaimanakah metode paling efektif menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan berbagai bahan alami tersebut? Mari ikuti uraian dari Sapasehatku berikut ini.

1. Air Lemon / Jeruk Nipis

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi yang pertama adalah dengan menggunakan air perasan lemon atau jeruk nipis. Menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan lemon atau jeruk nipis ini dianggap manjur karena tingginya kandungan vitamin C. Sebuah vitamin yang dikenal anti bekas jerawat.

Vitamin C ini diyakini akan mampu untuk meratakan warna kulit wajah. Selain itu kandungan aktifnya akan dapat menghambat produksi melanin, sehingga akan dapat meningkatkan warna kulit wajah agar dapat lebih cerah, secara sehat dan alami.

2. Lidah buaya

Cara untuk menghilangkan bekas jerawat berikutnya adalah dengan memanfaatkan tanaman lidah buaya. Metode menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan lidah buaya ini dapat dilakukan dengan menggunakannya sebagai masker.

Metode menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan lidah buaya ini dipercaya efektif karena kandungan di dalam daging tanaman ini akan mampu untuk menekan secara konsisten pertumbuhan melanin yang ada di kulit.

3. Cuka Apel

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan bahan alami bisa dilakukan dengan memanfaatkan cuka apel. Metode yang digunakan di dalam cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat di pipi ini sangat mudah dilakukan selain bahannya yang juga mudah didapatkan.

Langkah-langkah menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi alami dengan memakai cuka apel ini dipercaya akan dapat membantu kulit untuk melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Mendorong terbentuknya produksi kolagen yang baru pada jaringan kulit.
  • Membantu kulit dengan mengangkat sel kulit yang telah mati.
  • Memperbaiki sel-sel kulit.
  • Mencerahkan warna kulit.

Dengan berbagai manfaat tersebut, tak heran jika cara alami menghilangkan flek hitam bekas jerawat di pipi dengan cuka apel sangat diminati oleh banyak kalangan. Berikut ini langkah untuk memanfaatkan cuka apel sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi:

  1. Campur cuka apel dan air secukupnya. 
  2. Selanjutnya ambil bola kapas yang bersih, kemudian celupkan bola kapas bersih tersebut ke dalam larutan cuka apel. 
  3. Jika sudah, segera olesi wajah pada bagian yang ada bekas jerawatnya.
  4. Diamkan selama kurang lebih 5 menit, sebelum membilas wajah dengan air bersih biasa hingga tuntas tak bersisa.
  5. Cara lain penggunaan cuka apel sebagai metode menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi secara alami adalah dengan menambahkan campuran madu sekitar 2 sendok makan (plastik) ke dalam larutan cuka apel.
  6. Seperti langkah sebelumnya celupkan bola kapas bersih pada larutan campuran tersebut. Kemudian aplikasikan ke bagian wajah yang menghitam karena bekas jerawat.
  7. Tunggu hingga cairan di wajah mengering kurang lebih selama 15 menit, lalu bilaslah wajah dengan air bersih. 
Baca Juga :  Tuliskan Cara Mengatasi Jerawat Saat Pubertas?

4. Kunyit

Menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan kunyit merupakan metode alami lainnya yang dapat digunakan sebagai alternatif lain. Pilihan yang tepat bagi Anda yang menghindari bahan kimia untuk wajah.

Kandungan aktif di dalam kunyit yang memiliki sifat anti inflamasi serta kaya akan antioksidan dianggap akan mampu untuk membantu kulit. Khususnya untuk menyembuhkan luka parut yang ditinggalkan jerawat sekaligus membantu untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Langkah yang harus dilakukan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan memakai kunyit adalah sebagai berikut ini:

  1. Siapkan setengah ruas kunyit.
  2. Cuci bersih kemudian kupas.
  3. Parut kunyit hingga halus.
  4. Campurkan dengan beberapa tetes perasaan jeruk lemon.
  5. Aduk hingga merata hingga menyerupai sebuah pasta.
  6. Oleskan larutan serupa pasta tersebut ke seluruh permukaan wajah.
  7. Tunggu hingga mengering selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air bersih biasa.
  8. Lakukan ritual untuk menjaga kecantikan sekaligus kesehatan kulit ini setiap hari demi hasil yang optimal.

5. Madu

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan madu digunakan sebagai metode alternatif karena madu mengandung zat yang memiliki sifat antiseptik dan anti peradangan yang kuat.

Selama berabad-abad, madu dipercaya oleh berbagai bangsa di dunia sebagai sarana untuk menyembuhkan kerusakan pada bagian kulit yang diakibatkan oleh tumbuhnya jerawat. Serta sekaligus sebagai cara pencegahan agar jerawat tak akan datang lagi. 

Selain itu di dalam madu juga terkandung pelembab alami yang akan dapat melembutkan jaringan parut. Sekaligus, mempercepat perbaikan kulit, termasuk bekas jerawat. 

Langkah penggunaan madu sebagai penghilang jerawat alami yang efektif adalah sebagai berikut:

  1. Siapkanlah madu sebanyak 1 sendok makan.
  2. Beri tetesan air jeruk nipis atau air lemon jika mau.
  3. Aduk hingga rata dengan memakai pengaduk dari kayu atau plastik.
  4. Segera olesi seluruh wajah.
  5. Tunggu hingga kering selama kira-kira 20 menit.
  6. Kemudian bilas dengan air bersih.

Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Obat dan Tindakan Medis 

Selain menggunakan cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan bahan alami sebagaimana uraian di atas, ada juga cara menghilangkan bekas jerawat hitam membandel melalui obat-obatan dari tenaga medis.

Akan tetapi sama dengan cara alami di atas, meski memakai tindakan medis serta obat-obatan kimia, tetap tidak akan ada metode menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat dalam 1 hari. Semua baru akan dapat dicapai dengan jangka waktu tertentu.

Di bawah ini cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi yang dapat dilakukan:

1. Melalui Penggunaan Produk

Jika menggunakan berbagai bahan alami di atas dianggap terlalu merepotkan dan memakan banyak waktu, maka bisa mencoba untuk memakai serangkaian produk kecantikan dari dokter berupa skincare untuk menghilangkan bekas jerawat hitam yang membandel di wajah.

Namun perlu dipahami jika reaksi kulit terhadap kandungan bahan kimia yang terdapat pada produk perawatan akan berbeda di setiap individu. 

Oleh karena sebelum mengambil keputusan untuk melakukan sebuah tindakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat merah dan hitam di pipi, alangkah lebih baik jika mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu.

Jangan lupa juga datangilah dokter spesialis kulit terpercaya untuk melakukan konsultasi mengenai tindakan atau rekomendasi obat yang dibutuhkan sebagai bagian dari cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi.

Di bawah ini akan diuraikan beberapa bahan kimia yang dipercaya akan dapat menjadi obat menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi yang ampuh.

Baca Juga :  Benjolan di Buah Zakar Seperti Jerawat, Apa Penyebab?

Alpha Hydroxy Acids (AHA)

Kandungan Alpha Hydroxy Acids diketahui akan membantu para penderita jerawat untuk menyamarkan bekas jerawat. Hingga lama-lama akhirnya akan menghilangkan bekas noda hitam di kulit wajah.

Namun perlu dijadikan catatan jika pengobatan jerawat bukanlah pertunjukan sulap, sehingga jangan pernah berharap ada cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat dalam 1 malam. 

Retinoid

Dengan metode mempercepat regenerasi sel kulit, pengobatan dengan Retinoid dianggap sebagai sebuah metode menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi pria dan wanita pada segala tingkatan usia, baik remaja maupun dewasa.

Apalagi selain itu Retinoid juga diyakini akan bisa meningkatkan tekstur kulit sekaligus meratakan warna kulit wajah. 

Akan tetapi hal penting yang perlu dicatat, pengobatan menggunakan retinoid akan membuat kulit wajah sangat sensitif terhadap sinar matahari. 

Oleh karena itu penggunaan tabir surya mutlak diperlukan bagi mereka yang memilih pengobatan Retinoid sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi.

Asam Salisilat

Sebagaimana sifat asam, obat Asam Salisilat dipilih sebagai salah satu bentuk pengobatan di dalam bekas jerawat hitam di pipi dengan cepat karena dimilikinya sifat yang dapat membantu pengelupasan pada kulit.

Akan tetapi ada beberapa catatan yang harus diperhatikan pada pemakaian obat jerawat jenis ini, yaitu:

  • Jangan berlebihan dalam pengaplikasian obat ke kulit wajah karena ingin mempercepat hasil.
  • Waktu ideal untuk mendapatkan hasil sebagaimana yang diharapkan akan membutuhkan waktu selama beberapa minggu.
  • Kulit kering, memerah dan iritasi mungkin timbul pada beberapa kulit individu yang sensitif. 
  • Gunakanlah obat hanya pada area yang bermasalah, jangan pada seluruh kulit wajah untuk meminimalisir dampak buruk yang terjadi.

2. Menjalani Chemical Peeling

Tindakan chemical peeling dipercaya sebagai salah satu cara menghilangkan bekas jerawat paling ampuh. Sesuai namanya tindakan ini menggunakan bahan-bahan kimia (chemical) untuk melakukan proses peeling atau pengangkatan sel kulit mati.

Tindakan chemical peeling ini murni ada di ranah dokter. Artinya mulai dari proses konsultasi hingga pelaksanaan tindakan chemical peeling harus atas kendali seorang dokter yang berkompeten.

Selain digunakan untuk melakukan pengelupasan kulit, tindakan chemical peeling juga akan dapat meremajakan kulit wajah.

3. Melakukan Mikrodermabrasi

Cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat di pipi yang terakhir adalah dengan melakukan tindakan mikrodermabrasi. Sama seperti tindakan chemical peeling, pada kegiatan mikrodermabrasi semua harus dilakukan oleh seorang dokter yang memiliki skill.

Tindakan ini dapat digolongkan sebagai prosedur kosmetik yang bersifat non bedah. Nantinya tindakan akan berupa penyemprotan partikel kecil di area kulit tertentu, setelah sebelumnya dilakukan pembersihan wajah.

Setelah tahapan tersebut selesai dilakukan, akan dilanjutkan dengan tahapan berikutnya oleh dokter yang melakukan perawatan. Yakni menggosok pada bagian kulit wajah secara perlahan dan hati-hati dengan sebuah alat yang menyerupai berlian.

Hasil dari tindakan yang dilakukan ini adalah tampilan kulit wajah yang sangat halus dan cerah. Oleh karena itulah tindakan Mikrodermabrasi ini sangat populer. Sehingga sering digunakan oleh penderita jerawat yang telah sembuh untuk menghilangkan bekas hitam di wajah. 

Demikian uraian tentang cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi, baik dengan penggunaan bahan alami yang murah maupun yang menggunakan tindakan medis beserta obat-obatan kimia. Selamat mencoba! Baca artikel tentang kesehatan lainnya hanya di Sapa Sehat ku!

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dan bekasnya sampai tuntas1

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Sampai Tuntas: Panduan Lengkap

Jerawat dan bekasnya adalah dua masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang. Jerawat dapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *