Cara Menghilangkan Bintik-Bintik Di Wajah Tapi Bukan Jerawat

Pernah Anda mengalami bintik-bintik di wajah tapi bukan jerawat? Ya itu biasanya disebut dengan milia. Milia merupakan sebuah penyakit yang umumnya dikenal dengan “jerawat bayi”.

Hal ini dikarenakan kebanyakan milia timbul pada bayi yang baru lahir. Namun, selain bayi milia ini juga dimiliki oleh orang dewasa, biasanya milia ini disalah artikan sebagai komedo. Milia ini juga sering dianggap sebagai jerawat karena bentuknya mirip jerawat yang berwarna putih.

Cara Menghilangkan Bintik-Bintik Diwajah Tapi Bukan Jerawat

Nah, untuk lebih lengkapnya mengenai milia ini simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Bintik-bintik di Wajah atau Milia

Milia tidak terjadi begitu saja, ada beberapa penyebab muka bintik-bintik kecil ini, berikut diantaranya:

1. Penggunaan Krim Steroid dan Rusaknya Kulit Karena Ultraviolet

Untuk Anda yang menggunakan krim steroid dalam jangka Panjang bisa jadi Anda mengalami milia ini. Selain itu kerusakan kulit akibat sinar matahari dalam jangka Panjang dan dermabrasi atau perawatan pengelupasan kulit juga bisa menyebabkan milia.

2. Adanya Endapan Sel Kulit Mati dan Protein Yang Menumpuk

Bintik-bintik di wajah tapi bukan jerawat ini memang tidak membahayakan, tapi sangat mengganggu penampilan Anda. Salah satu penyebabnya adalah adanya endapan protein yang Bernama karati yang terperangkap dalam kelenjar keringat seperti biang keringat.

Hal ini menyebabkan wajah membentuk bintik-bintik putih. Selain penumpukan protein penyakit ini juga terjadi karena menumpuknya sel kulit mati yang tidak dibersihkan sehingga membentuk kotoran wajah.

Cara Menghilangkan Bintik-Bintik Di Wajah Secara Alami

Biasanya milia ini dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari atau beberapa bulan. Meski demikian, ada cara menghilangkan bintik-bintik di wajah tapi bukan jerawat ini bisa dihilangkan secara alami untuk mempercepat proses penyembuhan, berikut diantaranya:

1. Membersihkan Wajah Secara Rutin

Cara menghilangkan milia yang pertama yakni dengan membersihkan wajah secara rutin. Dengan membersihkan wajah akan menjaga Kesehatan wajah. Gunakan sabun cuci muka yang lembut dan bebas kandungan paraben.

Baca Juga :  Apakah Minyak Zaitun Bisa Menghilangkan Jerawat? Ini Jawabannya

Dengan membersihkan wajah juga akan membantu mengangkat kotoran yang terjebak dalam pori-pori. Hal ini tentu akan mampu mengecilkan milia bahkan bisa menghilangkannya dengan cepat.

Jika sudah selesai membersihkan wajah, tepuk-tepuk dengan lembut agar tetap terjaga kelembaban. Membersihkan wajah tak hanya digunakan untuk menghilangkan milia saja namun juga bisa untuk menjaga kulit agar bebas dari munculnya bintik hitam di wajah.

2. Eksfoliasi Wajah

Dengan menggunakan eksfoliasi atau pengelupasan kulit mati ini bisa menghilangkan bintik-bintik di wajah tapi bukan jerawat secara alami. Eksfoliasi ini dapat membantu Anda untuk menghilangkan sel kulit mati maupun kotoran lain yang terperangkap di kulit.

Dengan menggunakan metode ini juga dapat menjaga kulit wajah Anda dari zat iritan yang menjadi penyebab bintik-bintik di wajah. Tak hanya itu hal ini juga bisa menjaga agar keratin kulit tidak diproduksi secara berlebihan.

Pada umumnya eksfoliasi ini dilakukan dengan menggosokkan scrub secara perlahan pada wajah lalu membilasnya. Gunakan scrub wajah dari bahan alami penghilang jerawat maupun produk perawatan kulit yang mengandung eksfoliator yang dijual di toko-toko kecantikan.

Namun jangan gunakan metode ini terlalu sering, hal ini bisa menyebabkan kulit Anda iritasi.

3. Gunakan Sunscreen

Cara menghilangkan bintik-bintik kecil selanjutnya adalah dengan menggunakan sunscreen. Selain melindungi wajah dari sinar matahari, sunscreen juga bisa mengurangi iritasi kulit. Gunakan sunscreen yang khusus untuk wajah dengan SPF minimal 30 atau lebih tinggi.

Pastikan juga sunscreen yang Anda gunakan tidak mengandung kandungan yang beresiko membuat kulit alergi atau sensitif.

4. Semprotkan Air Mawar

Cara menghilangkan milia selanjutnya adalah dengan menyemprotkan air mawar ke wajah. Air mawar ini berfungsi sebagai anti radang pada wajah. Anda bisa menyemprotkannya pada area wajah yang terdapat bintik-bintik sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.

Baca Juga :  Jerawat di Ketiak? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pastikan air mawar ini tidak terkena mata Anda, karena hal ini akan membuat mata Anda iritasi.

5. Oleskan Masker Madu

Masker madu dipercaya sebagai penghilang bintik-bintik di wajah tapi bukan jerawat secara alami. Hal ini dikarenakan madu adalah agen antimikroba yang akan membantu mengurangi peradangan. Meski milia tidak disebabkan oleh bakteri, namun masker madu ini bisa memperbaiki kulit Anda.

Cara menggunakan masker madu ini cukup mudah, Anda tinggal mencampurkan 3 sampai 4 sendok makan madu dengan 1 sendok makan kayu manis. Jika sudah tercampur selanjutnya panaskan menggunakan microwave selama 30 detik lalu oleskan ke wajah dan diamkan 10 menit. Selanjutnya bilas dengan air bersih.

6. Jangan Memencet Bintik Putih

Sama dengan jerawat, jangan pernah memencet bintik kecil putih. Dengan melakukan hal ini Anda bisa menghilangkan bintik-bintik di wajah, namun jika Anda dengan paksa memencet bintik kecil ini akan menyebabkan keluarnya darah, bopeng bekas jerawat, hingga bekas luka.

Tentu dengan ini akan memperparah keadaan. Tak hanya itu, dengan memencet bintik-bintik di wajah tapi bukan jerawat ini juga akan beresiko menyebabkan kuman berkembang biak di area tersebut hingga menimbulkan infeksi.

Cara Menghilangkan Bintik-Bintik Di Wajah Secara Medis

Jika dengan menggunakan cara secara alami namun milia tidak kunjung hilang maka disarankan untuk segera konsultasikan konsultasikan dengan dokter. Berikut beberapa cara secara medis yang bisa Anda coba:

1. Gunakan Krim Retinoid

Cara medis yang pertama yakni dengan menggunakan krim retinoid. Beberapa hasil ilmiah merekomendasikan penggunaan krim ini untuk menghilangkan bintik-bintik di wajah tapi bukan jerawat.

Retinoid akan bekerja membuang sel kulit mati serta merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Tak hanya itu retinoid juga mengandung vitamin A yang tentunya sangat penting untuk menjaga Kesehatan kulit.

Baca Juga :  7 Makanan yang Membuat Jerawat Hilang

Namun saat Anda rutin menggunakan krim retinoid jangan lupa juga oleskan sunscreen. Hal ini dikarenakan retinoid dalam membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari.

2. Deroofing

Deroofing merupakan metode yang paling banyak direkomendasikan oleh dokter. Nantinya dokter akan menggunakan pisau bedah steril Bernama lacet untuk membuat lubang kecil di permukaan kulit.

Selanjutnya, dokter akan mendorong bintik-bintik di wajah tapi bukan jerawat ini secara perlahan dengan menggunakan jarum ekstraktor komedo. Tindakan ini hanya boleh dilakukan oleh dokter atau ahli, jadi jangan sekali kali mencobanya di rumah.

3. Cryotherapy

Cara melakukan Tindakan ini dengan cara membekukan milia dengan cairan nitrogen khusus. Sayangnya cara ini menimbulkan efek samping yakni lepuhan atau bengkak selama beberapa hari.

4. Produk Perawatan Kulit Glycolic Acid dan Asam Salisilat

Cara selanjutnya yakni carilah produk untuk menghilangkan bintik-bintik yang mengandung asam salisilat dan glycolic acid. Salah satu contoh produknya adalah obat jerawat adapalene. Pasalnya, produk-produk yang mengandung zat tersebut mampu mengeksfoliasi kulit.

5. Kuretase

Dengan melakukan kuretase adalah salah satu pilihan menghilangkan milia secara medis. Nantinya dokter akan mematikan area kuli, mematikan milia, selanjutnya menutup kulit menggunakan kawat panas.

Penutup

Itulah pembahasan tentang milia atau bintik-bintik di wajah tapi bukan jerawat. Mungkin terkesan tidak membahayakan namun milia akan sangat mengganggu penampilan Anda. maka dari itu penting tahu untuk menghilangkan milia ini secara cepat.

Tak hanya terfokus kepada menghilangkan milia, Anda juga harus lebih peduli terhadap Kesehatan kulit agar tidak terjadi penyakit-penyakit yang akan mengganggu Anda seperti milia ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba cara-cara yang sudah disarankan.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published.