17 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat bisa dibilang susah-susah gampang karena tidak semua berhasil di beberapa orang. Setiap orang punya jenis dan kondisi kulit yang berbeda-beda sehingga cara dan treatment yang cocok juga berbeda.

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

Jerawat hilang mungkin menjadi kebahagiaan tersendiri, tapi setelah itu ada masalah baru yang harus diatasi. Bekas jerawat warna merah dan hitam lebih mudah diatasi dibandingkan bopeng karena tekstur kulit sudah mengalami kerusakan.

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat secara Alami

Bopeng menjadi masalah serius bagi banyak orang karena tekstur wajahnya tidak lagi mulus, melainkan ada lubang lubang kecil. Tekstur kulit yang sudah rusak maka akan sangat sulit untuk dikembalikan.

Tapi tidak ada salahnya mencoba beberapa cara menghilangkan bopeng bekas jerawat versi Sapa Sehat Ku berikut ini.

1. Lidah Buaya

Sifat anti-inflamasi antibakteri yang terkandung dalam gel lidah buaya membuatnya bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit dan memperbaiki masalah kulit. Salah satu masalah kulit yang bisa diatasi dengan gel lidah buaya adalah bopeng.

Beberapa manfaat lidah buaya yang baik untuk kesehatan kulit, termasuk mengatasi bopeng adalah meningkatkan respons imun sistem kekebalan terhadap peradangan, meningkatkan produksi serat kolagen dan elastin serta mengurangi peradangan.

Cara menghilangkan bopeng bekas wajah adalah mengoleskan gel lidah buaya ke bopeng lalu pijat. Biarkan gel tersebut menempel di wajah selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin. Anda bisa mengulangi cara ini 2 atau 3 kali dalam sehari.

2. Sari Lemon

Umumnya, lemon sering dimanfaatkan sebagai pencerah bekas luka dan pemutih alami. Selain itu, lemon ternyata juga memiliki manfaat lain berupa mengangkat sel kulit mati, meningkatkan elastisitas kulit dan mempercepat regenerasi kulit.

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan sari lemon juga sangat mudah. Anda tinggal memeras lemon hingga menghasilkan sejumlah sari lemon segar. Setelah itu, oleskan sari lemon tersebut ke bopeng dengan cotton bud atau ujung jari.

Bilas dengan air bersih setelah sari lemon didiamkan selama 10 menit di wajah. Anda bisa menggunakan mengoleskan sari lemon sebanyak 1 atau 2 kali dalam sehari. Untuk menambah khasiatnya, Anda bisa mencampurkan sari lemon dengan madu.

3. Gunakan Minyak Kelapa

Bahan lain yang bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan bopeng di pipi adalah minyak kelapa. Bahan alami yang satu ini memiliki kandungan asam lemak sehat dan vitamin E yang cukup tinggi sehingga baik dimanfaatkan untuk kulit.

Untuk mendapatkan khasiat dari minyak kelapa ini, Anda harus memanaskan minyak kelapa terlebih dahulu. Tapi, tidak perlu panas-panas, cukup hangat saja lalu oleskan minyak tersebut ke bagian bopeng di wajah lalu pijat lembut sekitar 10 menit.

Setelah itu, diamkan selama satu jam hingga kandungan minyak kelapa menyerap ke dalam kulit. Selanjutnya, bilas menggunakan air hangat sampai bersih. Anda bisa melakukan cara mudah ini 1 atau 2 kali dalam sehari.

4. Konsumsi Sumber Vitamin E

Vitamin E berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan membantu regenerasi sel kulit bopeng. Ada beberapa makanan yang memiliki kandungan vitamin E cukup tinggi, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau dan lain sebagainya. 

Bagi Anda yang ingin lebih praktis, maka bisa mengkonsumsi vitamin E yang sudah dikemas dalam bentuk kapsul atau obat herbal. Meski masalah kulit berada di luar, tapi Anda juga harus berusaha menyembuhkan bopeng dari dalam tubuh. 

Apabila kebutuhan vitamin E dalam tubuh terpenuhi dengan baik, maka lebih mudah bagi kulit untuk menyembuhkan berbagai masalah kulit yang ada, termasuk bopeng bekas jerawat.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi

5. Baking Soda

Umumnya, baking soda atau soda kue digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan roti. Ternyata, bahan yang bisa kita temukan di dapur ini juga sering dimanfaatkan sebagai exfoliant ringan untuk membantu memudarkan bopeng atau jaringan parut.

Cara menghilangkan bopeng bekas wajah dengan baking soda tidaklah rumit, Anda cukup memasukkan 2 sendok soda kue ke dalam mangkuk lalu larutkan dengan air hingga menjadi pasta encer. Jika sudah tercampur rata, oleskan campuran ke bopeng. 

Diamkan selama beberapa menit agar kandungan dalam baking soda menyerap, lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa mengulangi cara ini sekali sehari selama beberapa minggu. 

6. Cuka Apel

Biasanya, cuka sari apel digunakan untuk membantu mencerahkan pigmentasi pada kulit karena sifat asam yang dimilikinya. Fungsi lain dari cuka apel adalah mengangkat sel kulit mati, memperbaiki sel kulit dan merangsang produksi kolagen.

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan cepat adalah dengan mencampurkan cuka apel ke dalam air dalam jumlah yang sama. 

Setelah itu, celupkan kapas ke dalam larutan cuka apel lalu oleskan ke bopeng bekas jerawat dan diamkan selama sekitar 5 menit. 

Setelah itu, bilas dengan air bersih dan Anda bisa mengulanginya setiap hari. Bagi Anda yang baru pertama mengaplikasikan cuka apel ke wajah, biasanya akan muncul rasa cekit-cekit tapi itu tidak jadi masalah.

7. Kentang

Siapa bilang kentang hanya bisa berfungsi sebagai bahan makanan? Kandungan pati yang cukup tinggi di dalamnya mampu menghilangkan bopeng sekaligus noda bekas jerawat di kulit wajah.

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat dengan kentang bisa Anda mulai dengan memarut 1 kentang lalu saring dengan kain untuk mendapatkan sarinya. Setelah itu, oleskan sari kentang pada bopeng atau noda bekas jerawat. 

Bilas dengan air bersih setelah 20 menit. Selain mengambil sari kentang, Anda juga bisa melakukan cara yang lebih mudah, yakni memotong kentang menjadi irisan tebal lalu menggosokan ke kulit selama satu menit.

8. Kunyit

Sudah menjadi rahasia umum jika jenis rempah rempah yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk penyembuhan kulit karena kandungan kurkumin yang tinggi. Kunyit juga punya sifat anti-inflamasi yang mempercepat penyembuhan bopeng.

Cara menghilangkan bopeng bekas wajah dengan kunyit sangatlah mudah, Anda harus mencampur 1 sdm bubuk kunyit dengan sedikit perasan lemon hingga membentuk pasta. Oleskan campuran ke bagian kulit yang bopeng bekas jerawat. 

Setelah 15 menit, bilas wajah dengan air bersih lalu tepuk-tepuk secara perlahan dan jangan lupa untuk mengoleskan pelembab. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa tambahkan 1 sdt minyak kelapa extra-virgin dan 1 sdm yoghurt tawar.

9. Madu

Madu sudah dikenal sebagai salah satu bahan makanan dengan sejuta khasiat yang luar biasa, mulai dari kesehatan sampai kecantikan. Selain itu, madu punya sifat antibiotik yang bagus sehingga membantu proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

Itulah mengapa madu juga sering dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat secara alami, termasuk bopeng dan noda kehitaman bekas jerawat. Cara menghilangkan bopeng bekas wajah tinggal mengoleskan madu ke bagian wajah bopeng

Agar tidak menempel ke berbagai tempat, Anda bisa memakai kain kasa atau perban pada wajah lalu biarkan semalaman. Setelah bangun di pagi hari, Anda bisa membersihkan olesan madu tersebut dengan air bersih. 

10. Witch Hazel

Banyak obat alami jerawat yang sering kita jumpai di pasaran dan salah satu obat terbaik untuk bopeng adalah witch hazel. Akhir-akhir ini, witch hazel menjadi bahan favorit produsen skincare karena kandungan lengkap di dalamnya. 

Baca Juga :  Apakah Daun Sirih Bisa Menghilangkan Jerawat?

Witch hazel dipercaya mampu mengurangi kemerahan, mengontrol peradangan dan menurunkan pertumbuhan bakteri pada kulit. Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda cukup mengoleskan gel witch hazel ke kulit wajah.

Sebaiknya, Anda melakukan tes alergi terlebih dahulu bagi yang pertama kali mencoba. Jika dalam 15 menit tidak timbul keluhan apapun, Anda bisa melanjutkan pemakaian gel ini pada seluruh wajah dengan aman dan nyaman.

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat dengan Treatment 

Penggunaan bahan alami mungkin bisa dijadikan pilihan, tapi treatment dengan tindakan medis akan memberikan hasil yang lebih memuaskan. Meski begitu, Anda harus mengenal setiap treatment untuk bopeng kulit wajah agar tidak salah memilih.

Untuk menjawab apakah bopeng bisa hilang, penting untuk menyimak ulasan dari sapasehatku berikut ini.

1. Chemical Peeling

Treatment yang satu ini cukup populer di berbagai klinik kecantikan karena mampu menghilangkan bopeng bekas jerawat. Penggunaan larutan kimia ke wajah bekerja dengan cara membuat kulit mengelupas sehingga jaringan parut berkurang.

Cairan kimia yang digunakan setiap sesi peeling berbeda-beda, tergantung pada perkembangan dan kondisi kulit wajah ketika treatment. Asam salisilat dan asam glikolat merupakan dua bahan utama yang sering digunakan dalam peeling.

Kedua bahan tersebut berfungsi mengurangi bekas jerawat sekaligus mengurangi peradangan pada jerawat. 

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami dalam 1 minggu ini tergolong aman jika dilakukan oleh profesional dan Anda dapat merasakan efek memutih karena asam salisilat.

Cara menghilangkan bopeng bekas wajah ini tidak boleh dilakukan terlalu sering karena dapat mengikis kulit dengan lebih cepat. Oleh karena itu, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis.

2. Krim Penghilang Bekas Jerawat

Beberapa kondisi bopeng juga sering disarankan untuk memakai krim penghilang bekas jerawat, termasuk bopeng. Krim penghilang bopeng ini bisa Anda beli tanpa resep dokter, tapi tetap harus berhati-hati untuk obat yang bersifat keras.

Obat ini bekerja dengan cara mengurangi gejala, seperti kemerahan dan gatal serta melembabkan kulit. Namun, dibutuhkan kesabaran ekstra karena cara ini biasanya menghabiskan waktu yang cukup lama, mulai dari bulanan hingga tahunan.

Jika kulit wajah Anda cocok dengan kandungan obat penghilang bekas jerawat, maka bopeng bisa sembuh dengan lebih cepat. Itulah mengapa Anda harus tahu obat jerawat yang cocok sebagai cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang sudah lama.

Sebagai antisipasi, ada baiknya Anda mengoleskan obat tersebut ke bagian belakang telinga terlebih dahulu untuk mengecek, apakah Anda memiliki alergi terhadap kandungan di dalam obat tersebut baru kemudian dilanjutkan pemakaian biasa. 

3. Dermabrasi

Cara ampuh lain yang patut Anda coba untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat adalah dermabrasi. Dermabrasi berupa sejenis kawat kecil halus yang berputar untuk melukai kulit wajah sehingga dapat mengangkat lapisan atas kulit lebih dalam.

Setelah kulit dilukai, maka akan tumbuh lapisan kulit baru yang lebih sehat dan halus. Tujuan utama dari cara menghilangkan bopeng bekas wajah ini adalah mengganti sel kulit yang sudah rusak akibat bopeng.

Pasien yang melakukan prosedur ini biasanya akan dilakukan bius lokal atau umum, tergantung pada tingkat keparahan bopeng. Dermabrasi sering dijadikan solusi bagi pemilik bopeng karena mampu menciptakan kulit yang merata.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Bintik-Bintik Di Wajah Tapi Bukan Jerawat

Hasil treatment dermabrasi bisa Anda lihat setelah 10 hari hingga 3 minggu. Pastikan Anda mempercayakan cara menghilangkan bopeng bekas wajah pada pria dan wanita ini pada dokter spesialis kulit untuk menghindari risiko luka.

4. Laser Resurfacing

Terapi laser umumnya memiliki prinsip kerja yang sama dengan chemical peeling dan dermabrasi, yakni mengencangkan lapisan tengah kulit dan menghilangkan lapisan atas atau epidermis sehingga bisa menjadi solusi untuk mengatasi bopeng. 

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat menggunakan laser resurfacing dirasa lebih efektif karena hasilnya bisa lebih cepat. Fungsi utama laser ini adalah untuk merangsang regenerasi kulit pada bekas jerawat, termasuk bopeng.

Hanya saja, ada usaha lebih yang harus Anda lakukan setelah menjalani laser bopeng ini, yakni dengan menutup bagian wajah dengan perban selama 3 sampai 10 hari untuk menjaga kebersihan area wajah agar bisa cepat pulih.

5. Dermal Filler

Dermal filler juga sering menjadi treatment yang disarankan dokter spesialis kulit untuk mengatasi bopeng bekas jerawat. Treatment ini melibatkan prosedur suntik wajah untuk mengisi bopeng pada kulit agar tidak terlalu dalam dan terlihat lebih rata.

Prinsip kerjanya adalah dengan mengisi kulit pada bagian yang bolong pada wajah menggunakan senyawa tertentu, seperti kalsium hidroksiapatit atau asam hialuronat. Meski hasilnya hanya sementara, tapi hasilnya bisa bertahan hingga beberapa tahun.

Ada juga yang bertahan beberapa bulan saja, tergantung pada produk filler yang digunakan. Melalui cara menghilangkan bopeng bekas wajah ini, Anda mungkin bisa merasakan hasilnya secara instan tapi pertimbangkan juga beberapa risikonya.

Beberapa risiko tersebut antara lain reaksi alergi, infeksi kulit dan iritasi kulit. Oleh karena itu, penting untuk memilih dokter spesialis atau ahli kecantikan yang terpercaya dalam melakukan prosedur suntik wajah ini.

6. Microneedling

Treatment microneedling semakin populer di berbagai klinik kecantikan sebagai salah satu tindakan agar tetap awet muda. Bukan hanya itu, microneedling juga sering dijadikan solusi untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat secara efektif.

Bopeng pada kulit menjadi tanda adanya kekurangan kolagen di bagian tersebut sehingga Anda membutuhkan treatment ini agar produksi kolagen pada kulit bisa meningkat. 

Prinsip kerja cara menghilangkan bopeng bekas wajah ini adalah menusukkan bagian bopeng agar produksi kolagen meningkat sehingga cekungan bekas jerawat akan terisi. Jika tekstur kulit sudah mulai naik, maka bopeng kulit akan lebih tersamarkan. 

Namun, bagian kulit Anda sedang tidak meradang karena tindakan ini tidak disarankan bagi mereka yang masih memiliki jerawat aktif. Efektifnya, tindakan ini dilakukan berulang kali setiap beberapa minggu, misalnya 2 sampai 6 minggu.

7. Cangkok Kulit Wajah

Tindakan terakhir yang bisa Anda jadikan cara menghilangkan bopeng bekas wajah adalah cangkok kulit wajah bopeng. Tindakan yang terakhir ini terbilang cukup ekstrem karena melibatkan tindakan operasi dengan memotong jaringan kulit sehat. 

Potongan kecil jaringan kulit tersebut nantinya akan digunakan untuk mengisi kekosongan di bagian bopeng. Biasanya, kulit di belakang telinga yang akan diambil jaringannya. 

Cara menghilangkan bopeng bekas wajah untuk pria dan wanita ini tidak hanya membantu mengatasi bopeng jerawat tapi juga sebagai perawatan lanjutan setelah dermabrasi. 

Kombinasi antara dermabrasi dengan cangkok kulit wajah tentu akan memberikan hasil yang lebih maksimal.

Untuk melihat hasilnya, Anda harus lebih konsisten dalam melakukan cara menghilangkan bopeng bekas wajah yang dirasa cocok. Setiap cara punya kelebihan masing-masing jadi pastikan Anda memilih cara yang paling sesuai kondisi kulit.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published.