Efektif! Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Hidung

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang bisa dibilang paling merepotkan. Apalagi, jika yang tumbuh adalah jerawat batu pada bagian hidung. Banyak orang mencari tahu bagaimana cara menghilangkan jerawat batu di hidung.

Karena jika jerawat batu ini tumbuh di bagian hidung, akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Seiring dengan berjalannya waktu dan tumbuhnya jerawat, maka akan ada rasa sakit dan juga nyeri pada bagian hidung. 

Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Hidung

Selain menjaga pola hidup dan konsumsi makanan penghilang jerawat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat batu ini. Memang prosesnya tidak bisa dalam sekejap. Namun, cara-cara yang akan dibahas di bawah ini, dijamin membantu dan efektif untuk meredakan jerawat batu pada bagian hidung. 

1. Hindari Menyentuh Jerawat Dengan Tangan 

Cara pertama untuk menghilangkan jerawat batu terutama pada bagian hidung adalah menghindari untuk menyentuh jerawat dengan tangan. Rasa sakit dan tidak nyaman pada bagian hidung karena jerawat. 

Mungkin saja, membuat Anda merasa ingin menyentuh jerawat dan memencetnya. Namun, Anda harus menahan perasaan itu. Menyentuh jerawat batu apalagi memencetnya, bisa membuat kondisi jerawat menjadi semakin parah. 

Apalagi, jika Anda menyentuh jerawat batu dengan keadaan tangan yang kotor. Bakteri pada tangan akan berpindah pada kulit. Hal ini bisa memperparah kondisi dari jerawat batu. 

2. Kompres Dengan Air Hangat Untuk Meredakan Nyeri 

Cara menghilangkan jerawat batu di hidung kedua adalah mengompres jerawat. Jika, rasa nyeri pada jerawat sudah tidak tertahankan lagi. Anda bisa mencoba meredakannya dengan cara mengompres jerawat dengan air hangat. 

Namun, ingat saat Anda mengompres jerawat. Pastikan untuk tidak terlalu menekan jerawat. Karena tekanan tersebut bisa menyebabkan jerawat pecah. Keadaan jerawat bisa bertambah parah karena pecah sebelum waktunya.

Baca Juga :  Pelembab Acnes untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

3. Gunakan Masker

Cara menghilangkan jerawat batu di hidung selanjutnya adalah menggunakan kompres. Anda bisa menggunakan masker atau membuat masker dari bahan alami. Usahakan untuk menggunakan masker yang anti bakteri dan meredakan jerawat. 

Contohnya, seperti masker teh, masker lidah buaya, masker lemon atau jeruk nipis, dan sebagainya. Anda juga bisa menggunakan produk masker yang memang dikhususkan untuk mengatasi masalah jerawat pada kulit. 

4. Pastikan Wajah Selalu Dalam Keadaan Bersih 

Hal yang paling penting ketika kulit sedang berjerawat adalah selalu memastikan bahwa kulit wajah dalam kondisi bersih. Karena itu, Anda harus rajin dan rutin membersihkan kulit wajah. Terutama dalam keadaan yang sedang berjerawat. 

Namun, ingat untuk tidak menggosok wajah terlalu keras saat berjerawat. Karena bisa melukai kulit terutama pada bagian jerawat batu di hidung. Selain itu, gunakan produk pembersih wajah yang memiliki sifat melembapkan. 

Jadi, kulit tidak terasa kering dan ketarik ketika selesai mencuci wajah. Kulit wajah pun tidak kehilangan kelembaban alaminya. Karena selain bersih, kulit wajah juga harus terjaga kelembapannya, agar jerawat batu segera sembuh. 

5. Gunakan Obat Oles 

Jika, keadaan jerawat batu semakin parah dan terasa sangat sakit. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan obat oles ataupun sabun penghilang jerawat yang cocok untuk wajah Anda. Gunakan obat yang mengandung vitamin A dan retinoid untuk meredakan jerawat. 

Namun, sebaiknya menggunakan obat oles sebagai opsi terakhir. Karena, ketergantungan pada obat ini untuk meredakan jerawat adalah hal yang kurang baik.  Lebih baik, untuk merawat kulit dan menjaga kebersihannya sampai jerawat kempes dengan alami. 

Itulah cara menghilangkan jerawat batu di hidung yang efektif untuk dilakukan. Cara-cara di atas memang tidak bisa menghilangkan jerawat secara instan. Namun, cukup efektif untuk membantu meredakan jerawat pada bagian hidung.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Jerawat Pasir dengan Cepat Dalam 1 Hari

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published.