Efektif Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan yang biasa digunakan untuk bumbu masak. Namun, tahukah Anda bahwa bawang putih juga bisa digunakan untuk obat jerawat? Berikut cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih yang populer digunakan.

Bawang putih memiliki kandungan antibakteri, antijamur, dan antiseptic sehingga bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Lalu, bagaimana cara pengaplikasiannya dan apa saja kandungan bawang putih untuk jerawat?

Kandungan Bawang Putih Untuk Jerawat 

Bawang putih mempunyai kandungan allicin yang efektif untuk menyerang bakteri penyebab jerawat. Cara kerja allicin di bawang putih berfungsi untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan dengan meningkatkan sirkulasi darah.

Dengan demikian, ini akan membuat kulit lebih banyak mendapatkan nutrisi dan akhirnya menyembuhkan pembengkakan kulit karena jerawat.

Tak hanya itu, di dalam bawah putih terdapat tiosulfinat untuk antibakteri. Oleh karena itu, pemakaian bawang putih dapat menyembuhkan jerawat yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Kandungan lain pada bawang putih yaitu adanya vitamin dan mineral yang dapat menghilangkan jerawat. Contohnya seperti Vitamin C, Vitamin B-6, selenium, dsb.

Metode Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih 

Lalu, bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih? Anda bisa melakukan berbagai metode untuk menyembuhkan jerawat. Ada yang menggunakan dari ekstraknya dan ada pula yang mengolah bawang putih untuk siap diolesi ke wajah.

Berikut adalah beberapa metode penggunaan bawang putih untuk menghilangkan jerawat:

  1. Bawang putih mentah yang dihaluskan dengan blender atau dijus.
  2. Bawang putih mentah yang diblender kemudian dilakukan pemanasan menggunakan kompor.
  3. Membuat bubuk bawang putih kering.
  4. Membuat ekstrak dari bawang putih.

Cara-cara di atas bisa dilakukan dengan mudah. Secara umum, cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih dilakukan melalui dua cara yaitu dioleskan secara langsung dan ada pula yang dikonsumsi.

Baca Juga :  Sabun Muka untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Laki-Laki

1. Dioleskan ke Wajah 

Cara pertama in sangat mudah diaplikasikan, Anda cukup siapkan 3-4 siung bawang putih.

Lalu, haluskan dan oleskan ke tampat yang berjerawat. Tunggu beberapa menit kemudian bersihkan bawang putih dengan bilas dengan air.

2. Dikonsumsi 

Bawang putih juga bisa dikonsumsi dan cukup efektif untuk mengatasi jerawat. Ini adalah pilihan yang cocok bagi Anda yang memang suka dengan bawang putih. Jika tidak, maka cukup oleskan pada wajah Anda.

Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Cincang bawang putih.
  2. Tambahkan ke berbagai makanan yang ingin Anda makan.

Bisa juga dengan membuat jus bawang putih mentah yang dicampur dengan cengkeh untuk menetralkan bau dari bawang putih. Setelah dicampur, lakukan penyaringan agar butir-butir kasar tidak ikut masuk dan supaya Anda bisa langsung meminumnya.

3. Bawang Putih dan Yoghurt

Tak hanya dicampur dengan cengkeh untuk dikonsumsi, cara lainnya adalah dengan mencampurkan bawang putih dan Yoghurt yang kemudian dioleskan ke area berjerawat.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Siapkan 4 siung bawang putih yang dihaluskan.
  2. Ambil satu sendok Yoghurt.
  3. Selanjutnya, campurkan kedua bahan tersebut hingga tercampur merata.
  4. Jika sudah, oleskan campuran ke wajah yang berjerawat.
  5. Sambil lakukan pijatan lembut agar olesan bisa terserap oleh wajah.
  6. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air.

Itulah cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih yang efektif dan mudah. Bawang putih adalah bahan alami yang sering dijumpai sehingga mudah ditemukan. Cara mengatasi jerawat ini juga harus memperhatikan reaksi alergi kulit, cocok apa tidak.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published.