Cara Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi, Aman dan Efektifkah?

Muncul jerawat di wajah? Tak perlu panik, coba saja cara alami seperti menggunakan pasta gigi. Cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi memang terdengar unik tapi dipercaya mampu mengatasi masalah kulit tersebut.

Mengapa Pasta Gigi Bisa Menghilangkan Jerawat?

Barangkali Anda juga heran mengapa cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi. Hal itu dikarenakan kandungan bahan pada pasta gigi yang dianggap dapat menyembuhkan atau menghilangkan komedo dengan efektif.

Pasta gigi mengandung beberapa bahan kimia maupun ekstrak alami seperti hidrogen peroksida, mentol, triclosan, garam, cengkeh, dan lainnya. Salah satu bahan tersebut, yakni triclosan termasuk antibakteri yang biasa ditemukan dalam produk perawatan kulit.

Bahan tersebut memiliki fungsi mengeringkan minyak yang berlebih dan membantu menjaga kebersihan kulit. Untuk itu, pasta gigi dengan kandungan bahan tersebut dinilai bisa mengurangi penyebab timbulnya jerawat sehingga segera teratasi.

5 Langkah Mengatasi Masalah Jerawat dengan Pasta Gigi

Jerawat muncul tiba-tiba di wajah? Santai saja karena Anda bisa menggunakan bahan alami yang tersedia di rumah, yaitu pasta gigi. Inilah cara menghilangkan jerawat menggunakan pasta gigi yang bisa dicoba.

1. Pilih Tepat Jenis Pasta Gigi

Ada banyak jenis pasta gigi yang tersedia. Namun, jangan asal pilih pasta gigi. Sebaiknya, cek terlebih dahulu kandungan pasta gigi tersebut. Tidak disarankan menggunakan pasta gigi lainnya, kecuali pasta gigi yang putih atau herbal.

Hal tersebut dikarenakan pasta gigi putih tidak mengandung kandungan bahan lainnya selain bahan yang berguna untuk menghilangkan jerawat.

2. Bersihkan Wajah

Sebelum menggunakan pasta gigi tersebut, bersihkan wajah dengan cara cuci muka lalu pastikan kulit dalam kondisi kering sebelum dioleskan pasta gigi.

3. Ditambahkan Garam

Apabila ingin memperoleh hasil yang lebih cepat, dapat dicoba dengan menambahkan garam pada pasta gigi sebelum mengoleskannya di wajah. Caranya dengan mencampurkan garam dengan pasta gigi dan ditambahkan beberapa tetes air agar tidak terlalu kental.

Baca Juga :  Makanan yang Bisa Menghilangkan Jerawat: Rahasia Kulit Bersih dan Sehat

4. Oleskan Pasta Gigi ke Jerawat

Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah. Cukup oleskan pasta gigi secukupnya ke bagian wajah yang ada jerawatkan.

5. Diamkan Lalu Bilas

Diamkan selama sekitar 10-15 menit, kemudian bilas menggunakan air dingin. Setelah itu, tepuk-tepuk wajah secara pelan. Jika dirasa kulit terlalu kering, maka dapat diberi pelembab.

Amankah Menghilangkan Jerawat Menggunakan Pasta Gigi?

Meski cara mengatasi jerawat menggunakan pasta gigi ini bisa dilakukan, namun dokter tidak merekomendasikannya. Mengapa demikian?

Pasta gigi yang dioleskan langsung ke jerawat sebenarnya berpeluang mengakibatkan iritasi kulit wajah. Bahkan, kulit bisa memerah dan membuat jerawat makin tampak. Kandungan pasta gigi memang diformulasikan untuk gigi, bukan kulit wajah.

Sebab itu, pasta gigi tidak cocok sebagai obat jerawat. Apalagi jika kulit Anda sensitif, dihimbau untuk tidak mencoba cara mengobati jerawat memakai pasta gigi tersebut.

Tak hanya itu, pasta gigi memiliki pH atau tingkat keasaman yang bisa mengiritasi kulit normal. Jika pH kulit Anda tinggi, dapat menimbulkan ruam dan sensasi rasa terbakar. Pengaruh penggunaan pasta gigi sebagai obat jerawat sebetulnya tergantung sensivitas masing-masing kulit.

Itulah sekadar info dari sapasehatku mengenai cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi yang tidak dianjurkan terutama jika kulit Anda sensitif. Lebih baik periksa ke dokter kulit atau kecantikan untuk memperoleh rekomendasi obat jerawat yang tepat sesuai kondisi kulit.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dan bekasnya sampai tuntas1

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Sampai Tuntas: Panduan Lengkap

Jerawat dan bekasnya adalah dua masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang. Jerawat dapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *