Cara Menghilangkan Jerawat Nanah dalam Semalam

Cara menghilangkan jerawat nanah dalam semalam bisa dilakukan melalaui berbagai cara yang ada di artikel ini. Jerawat nanah kecil memerlukan penanganan yang harus diatasi sesegera mungkin agar tidak menyebabkan infeksi dan bertambah parah.

cara menghilangkan jerawat nanah dalam semalam

Penyebab jerawat nanah umumnya terjadi karena pecahnya pembuluh darah akibat sering memencet jerawat. Jika sudah bernanah, hal ini membuktikan jerawat sudah terinfeksi oleh bakteri. Menangani masalah jerawat bisa dilakukan dengan cara berikut

Cara Hilangkan Jerawat Nanah dalam Semalam

Berikut ini adalah cara menghilangkan jerawat nanah dalam semalam yang bisa dilakukan melalui perawatan kulit dan menggunakan obat jerawat yang memiliki kandungan efektif.

1. Membersihkan Wajah

Cara menghilangkan jerawat nanah dalam semalam tidak boleh dilakukan sembarangan karena jerawat ini sudah masuk ke tahap peradangan yang tinggi. Cara yang bisa dilakukan untuk upaya yang utama yaitu sebagai berikut:

  • Rajin mencuci muka agar kulit wajah selalu bersih.
  • Jangan memencet jerawat dan menyentuhnya karena bisa memperparah infeksi.
  • Jangan pakai kosmetik sampai tidur. Bersihkan sisa kosmetik yang menempel sebelum tidur menggunakan micellar water agar lebih bersih.
  • Pilihlah sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit. Hal ini karena kebutuhan jenis kulit berbeda-beda tiap orang. Ada yang cocok untuk kulit kering dan ada pula untuk berminyak sampai kombinasi.
  • Bersihkan wajah di malam hari menggunakan double cleanser. Terutama jika Anda beraktivitas di luar lapangan seharian atau memakai make up seharian.

2. Menggunakan Obat Jerawat

Obat jerawat efektif mengatasi jerawat yang bernanah karena kandungan ekstra yang ada di dalamnya. Berikut adalah beberapa kandungan yang banyak ditemukan untuk obat jerawat bernanah di apotik:

  • Benzoil peroksida: Untuk membunuh bakteri penyebab nanah pada jerawat yang meradang.
  • Asam salisilat: Untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk.
  • Retinoid: Untuk mengontrol minyak berlebih dan membersihkan pori-pori yang tersumbat akibat minyak.
Baca Juga :  10+ Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

3. Pakai Bahan Alami

Berdasarkan penelitian, jerawat bernanah juga dapat disembuhkan melalui pemakaian bahan alami. Namun, cara ini sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Hal ini karena sebagian orang yang memiliki jenis kulit sensitif tidak bisa menggunakannya.

Berikut adalah cara menghilangkan jerawat bernanah dengan bahan alami:

  • Bawang putih. Gunakan tiga siung bawang dan haluskan. Kemudian oleskan pada area yang berjerawat. Tunggu 10-15 menit.
  • Jus jahe. Jahe memiliki kandungan antibakteri yang bisa menghilangkan jerawat. Oleh sebab itu, jus jahe bisa menjadi opsi Anda untuk menyembuhan jerawat bernanah.
  • Daun papaya. Gunakan 2 helai daun dan buatlah sarinya dengan menggunakan air. Selanjutnya, oleskan sari daun papaya ke bagian yang berjerawat.

4. Terapi Laser Fotodinamik

Umumnya, dokter kecantikan akan mengonsultasikan Anda untuk melakukan terapi laser untuk jerawat nanah yang tak kunjung sembuh. Cara ini adalah metode yang cukup efektif untuk menghilangkan jerawat bernanah atau jerawat yang sudah parah peradangannya.

Cara kerjanya yaitu dengan mengoleskan larutan tertentu ke seluruh wajah. Kemudian, dokter kecantikan atau dokter kulit akan mengaplikasikan laser tersebut ke wajah Anda. Laser ini berfungsi menghancurkan jerawat yang bernanah.

Penutup

Demikian cara menghilangkan jerawat nanah dalam semalam melalui berbagai metode. Mulai dari perawatan kulit, memakai obat jerawat, sampai menggunakan bahan alami yang efektif untuk menghilangkan jerawat yang bernanah. Semoga bermanfaat.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published.