10+ Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Jerawat sering kali muncul di wajah dan pastinya akan membuat Anda merasa terganggu, bahkan merasa tidak percaya diri. Banyak faktor yang menjadi penyebab munculnya jerawat di wajah. Namun, tidak perlu khawatir berlebihan karena ada cara menghilangkan jerawat secara alami.

Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami

Bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami? Bahan alami apa yang bisa menghilangkan jerawat? Bagaimana cara mencegah jerawat di wajah? Yuk, simak langsung penjelasan lebih lengkapnya dengan membaca artikel tentang cara-cara menghilangkan jerawat ini hingga akhir!

Beberapa Faktor Penyebab Timbulnya Jerawat di Wajah

Apa penyebab jerawat terus muncul? Sebelum mengetahui cara menghilangkan jerawat dan bekasnya, ada baiknya Anda memahami faktor penyebab timbulnya jerawat di wajah. Berikut ini beberapa penyebab munculnya jerawat, yaitu:

  • Faktor genetik
  • Produksi sebum pada wajah berlebihan.
  • Ada sumbatan campuran sel kulit mati dan sebum pada folikel rambut.
  • Adanya bakteri pada wajah.
  • Pengaruh hormon yang biasanya terjadi pada masa pubertas.
  • Penggunaan kosmetik yang tidak tepat di wajah.
  • Stress.
  • Pola makan yang tidak sehat.
  • Pola hidup tidak sehat.
  • Tidak menjaga kebersihan dengan baik dan tepat.

10+ Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami di Wajah

Bagaimana cara menghilangkan jerawat? Cara mengatasi bekas jerawat dan jerawat dapat dilakukan dengan dua cara yaitu cara alami dan cara non-alami. Metode non-alami untuk mengatasi jerawat dilakukan menggunakan obat menyembuhkan jerawat dari bahan-bahan kimia.

Cara menghilangkan bekas jerawat dan jerawat seperti itu tentu saja memiliki resiko terlebih jika obat yang digunakan tidak cocok atau bahkan menimbulkan ketergantungan. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan cara menghilangkan jerawat secara alami.

Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan mudah menggunakan berbagai bahan alami untuk menghilangkan jerawat yang dianggap lebih aman. Berikut ini beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat versi Sapa Sehat Ku, yaitu:

1. Mengoleskan Cuka Apel

Cara menghilangkan jerawat secara alami untuk remaja yang pertama adalah menggunakan cuka apel. Cuka apel memiliki kandungan antiseptik alami yang memiliki manfaat untuk membunuh bakteri penyebab jerawat di wajah.

Anda bisa mendapatkan cuka apel di berbagai tempat, misalnya toko online, marketplace, atau langsung pergi ke toko yang menjualnya. Setelah mendapatkannya, pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dulu hingga bersih. 

Kemudian, tuangkan cuka apel di atas kapas dan oleskan cuka apel pada wajah yang berjerawat. Diamkan dulu selama 5 menit, kemudian bilas wajah menggunakan air bersih.

2. Mengoleskan Masker Campuran Madu dan Kayu Manis

Masker campuran madu dan kayu manis juga dapat digunakan sebagai salah satu cara alami menghilangkan jerawat. Hal ini karena kedua bahan alami tersebut merupakan bahan alami yang memiliki kandungan antioksidan tinggi.

Selain itu, madu dan kayu manis memiliki sifat antibakteri tinggi, sehingga mampu mengatasi peradangan yang terjadi akibat jerawat.

Bagaimana cara membuat masker madu dan kayu manis? Anda hanya perlu mencampurkan dua sendok makan madu dan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam mangkuk kecil. Aduk hingga kedua bahan tersebut tercampur dengan rata.

Setelah membersihkan wajah, oleskan masker campuran madu dan kayu manis tersebut ke wajah. Diamkan dulu selam kurang lebih 10 hingga 15 menit agar kandungan masker alami meresap ke dalam wajah.

Setelah 15 menit, Anda bisa langsung membilas masker hingga bersih menggunakan air bersih. Jangan lupa tepuk-tepuk wajah dengan perlahan ya.

3. Menggunakan Tea Tree Oil

Pakai apa biar jerawat hilang? Bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat lainnya adalah tea tree oil atau minyak esensial dari pohon teh. Tea tree oil bisa Anda dapatkan dengan membelinya langsung di toko atau secara online di marketplace.

Baca Juga :  9 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Jerawat, Efektif!

Kandungan tea tree oil memang dianggap mampu melawan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan yang terjadi di kulit wajah. Bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami di hidung menggunakan tea tree oil?

Tuangkan 1 sendok tea tree oil ke dalam wadah dan campurkan dengan 9 sendok air. Setelah itu gunakan kapas untuk mengoleskan campuran tersebut ke bagian wajah yang terdapat jerawat. Kemudian, Anda juga bisa menambahkannya dengan mengoleskan pelembab.

4. Memanfaatkan Tanaman Lidah Buaya

Salah satu jenis tanaman yang mudah ditemukan dan memiliki banyak manfaat adalah lidah buaya. Contoh manfaat dari tanaman lidah buaya adalah menghilangkan jerawat di wajah. 

Kandungan polifenol pada tanaman lidah buaya memang dikenal ampuh untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Cara menghilangkan jerawat secara alami menggunakan tanaman lidah buaya memang sangat populer dan banyak digunakan. Selain itu, cara memanfaatkan tanaman lidah buaya sebagai masker wajah pun mudah dilakukan oleh siapa saja.

Anda hanya perlu mencari tanaman lidah buaya dan membersihkannya terlebih dahulu menggunakan air. Sebaiknya, cari tanaman lidah buaya yang agak besar agar bisa mendapatkan lebih banyak daging tanaman tersebut.

Kupas kulit lidah buaya dan ambil daging tanaman tersebut yang berwarna bening. Jika tidak ingin mengupas kulit tanaman tersebut, maka Anda bisa menghilangkan duri-durinya saja.

Setelah itu, oleskan daging tanaman lidah buaya ke bagian wajah secara menyeluruh. Kemudian, diamkan masker wajah lidah buaya tersebut agar kandungan bahan alaminya meresap ke wajah. Masker wajah lidah buaya ini bisa didiamkan hingga 30 menit.

Setelah itu, bilas masker lidah buaya yang ada di wajah menggunakan air bersih.

5. Menggunakan Putih Telur

Salah satu contoh bahan alami menghilangkan jerawat di wajah adalah putih telur. Putih telur memang mengandung enzim lysozyme yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat meradang pada wajah.

Anda bisa memisahkan putih telur dengan kuning telur terlebih dahulu dan jangan sampai ada kuning telur yang tercampur. Kemudian, oleskan putih telur ke seluruh bagian wajah. Anda juga bisa mencampur putih telur dengan perasan air lemon sebelum dioleskan sebagai masker di wajah.

Setelah itu, diamkan masker putih telur yang sudah dioleskan di wajah kurang lebih selama 15 menit hingga putih telur kering. Kemudian, Anda bisa langsung membilas wajah dengan air bersih biasa atau air hangat.

6. Memakai Masker Mentimun

Bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat lainnya adalah mentimun. Sejak dulu, mentimun memang sudah sering digunakan sebagai masker di wajah. Hal ini karena mentimun memiliki banyak kandungan bermanfaat untuk kulit.

Beberapa kandungan mentimun yang baik untuk kesehatan kulit adalah vitamin, asam amino, dan antioksidan tinggi. Selain menyehatkan, ketiga kandungan mentimun tersebut juga memiliki manfaat untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat pada wajah,

Cara menghilangkan jerawat secara alami menggunakan mentimun bisa dilakukan dengan memotong-motong mentimun menjadi bagian yang lebih tipis. Kemudian, menempelkannya pada seluruh bagian wajah.

Kemudian, biarkan dulu selama kurang lebih 30 menit agar kandungan yang ada di dalam masker mentimun tersebut terserap dengan baik ke kulit wajah.

Sebaiknya, jangan gunakan potongan mentimun yang ada di kedua ujungnya karena biasanya memiliki kandungan getah yang lebih banyak.

Baca Juga :  Cara Mencuci Muka yang Benar Untuk Menghilangkan Jerawat

7. Membuat Masker Alpukat

Masker wajah yang terbuat dari buah alpukat juga dapat digunakan sebagai salah satu cara alami menghilangkan bekas jerawat. Kandungan vitamin  E pada alpukat dipercaya dapat mengurangi peradangan kulit berjerawat.

Cara menghilangkan jerawat secara alami menggunakan alpukat adalah dengan memanfaatkan daging buah alpukat. Daging buah alpukat dapat dihaluskan dan dicampur dengan madu. Campuran daging buah alpukat dan madu dapat digunakan sebagai masker wajah.

Oleskan masker wajah yang sudah dibuat ke seluruh bagian wajah. Kemudian, biarkan dulu selama kurang lebih 30 menit agar kandungan yang ada di dalam masker alpukat tersebut terserap dengan baik ke kulit wajah.

Setelah 30 menit, Anda bisa langsung membilasnya menggunakan air bersih. Perhatikan baik-baik, sebelum menggunakan masker wajah ini pastikan Anda sudah mencuci wajah dengan bersih terlebih dahulu.

8. Memanfaatkan Teh Hijau

Cara menghilangkan jerawat secara alami juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan teh hijau. Jenis teh hijau yang satu ini memang dikenal memiliki kandungan antioksidan tinggi.

Selain itu, teh hijau juga memiliki kandungan flavonoid dan tanin yang diduga dapat melawan bakteri dan mengurangi peradangan karena jerawat. Teh hijau juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyeduh teh hijau menggunakan air mendidih selama kurang lebih 5 menit. Biarkan dulu teh tersebut hingga menjadi dingin. Setelah itu, Anda bisa menggunakan bola kapas untuk mengoleskan teh hijau ke wajah. Selain itu, teh hijau juga dapat dimasukkan ke botol semprot dan disemprotkan ke wajah secara menyeluruh.

Tunggu hingga teh hijau mengering sebelum dibilas menggunakan air bersih.

Sisa daun teh hijau yang ada juga dapat digunakan sebagai masker wajah. Anda hanya perlu mencampurkannya dengan sedikit madu. Campuran teh hijau dan madu dapat dioleskan ke wajah untuk dijadikan masker. Setelah masker kering, Anda bisa langsung membilasnya menggunakan air bersih.

9. Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang paling wajib ada di setiap masakan. Selain bisa membuat masakan terasa lebih sedap, bawang putih ternyata memiliki banyak manfaat lainnya. Salah satunya adalah bawang putih digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan jerawat.

Cara menghilangkan jerawat secara alami di pipi menggunakan bawang putih memang jarang dilakukan. Hal ini karena beberapa orang tidak menyukai bau menyengat dari bawang putih. Namun, ternyata bawang putih cukup efektif digunakan untuk menghilangkan jerawat.

Cara memanfaatkannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu memotong bawang putih hingga menjadi bagian-bagian yang tipis atau kecil. Kemudian, tempelkan bawang putih tersebut ke jerawat yang ada di wajah. Diamkan dulu selama kurang lebih 15 menit sebelum dibilas dengan air.

Selain menghilangkan jerawat, Anda juga bisa menggunakan cara yang sama untuk menghilangkan bekas jerawat yang ada di wajah.

10. Menggunakan Perasan Jeruk Lemon

Cara alami untuk menghilangkan jerawat selanjutnya adalah menggunakan air perasan jeruk lemon. Masker wajah dari air perasan jeruk lemon mengandung asam askorbat tinggi yang efektif digunakan untuk menghilangkan jerawat.

Anda bisa memeras jeruk lemon, kemudian mengoleskannya di wajah. Kemudian, biarkan dulu selama kurang lebih 15 menit agar kandungan yang ada di dalam masker perasan jeruk lemon tersebut terserap dengan baik ke kulit wajah.

Setelah itu, jangan lupa untuk langsung membilasnya menggunakan air bersih.

Baca Juga :  Mitos Jerawat Ada yang Kangen, Bagaimana Faktanya?

Air perasan jeruk lemon memang sering digunakan sebagai masker untuk menghilangkan jerawat. Namun, sebaiknya cara ini tidak terlalu sering digunakan. Selain itu, jika kulit Anda sensitif, sebaiknya juga tidak menggunakan air perasan jeruk lemon sebagai masker.

11. Membuat Masker Tomat

Masker alami untuk menghilangkan jerawat lainnya adalah masker dari tomat. Tomat dapat digunakan sebagai masker wajah karena memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi. Jenis masker alami yang satu ini memang cukup efektif dan banyak digunakan.

Bagaimana cara membuat masker wajah dari tomat? Anda hanya perlu membersihkan tomat dengan menggunakan air mengalir. Setelah itu, potong tomat hingga menjadi bagian yang lebih tipis. Tempelkan potongan tomat tersebut ke wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya.

Selain itu, cara menghilangkan jerawat secara alami dan bekasnya juga dapat dilakukan dengan memotong tomat menjadi bagian lebih kecil dan menghancurkannya hingga halus. Tomat yang sudah hancur bisa dioleskan ke seluruh wajah.

Diamkan masker tomat selama kurang lebih 30 menit hingga mengering. Setelah itu, Anda bisa membilas masker tomat yang sudah mengering menggunakan air bersih.

12. Memanfaatkan Madu

Madu dikenal sebagai bahan alami yang umumnya digunakan sebagai campuran ketika membuat masker dari bahan-bahan alami seperti di atas. Selain sebagai campuran masker, madu juga dapat digunakan secara langsung sebagai bahan alami untuk menghilangkan jerawat.

Anda hanya perlu membersihkan wajah terlebih dahulu hingga bersih. Setelah itu, siapkan madu dan oleskan madu ke wajah menggunakan kuas masker atau alat lainnya. Diamkan masker madu di wajah kurang lebih selama 30 menit hingga masker tersebut mengering.

Setelah masker madu mengering, Anda bisa mencuci wajah untuk membersihkan masker madu menggunakan air bersih.

Cara yang Dapat Dilakukan untuk Mencegah Timbulnya Jerawat

Cara menghilangkan jerawat secara alami dapat digunakan ketika jerawat sudah terlanjur muncul di wajah. Setelah jerawat menghilang, pastikan untuk melakukan berbagai upaya atau tindakan agar jerawat tidak lagi timbul di wajah.

Apa saja upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya jerawat di wajah? Berikut ini beberapa upaya atau kebiasaan sehat yang dapat dilakukan untuk mencegah jerawat di wajah, yaitu:

  • Hindari mengkonsumsi makanan penyebab jerawat.
  • Jangan lakukan berbagai kebiasaan penyebab munculnya jerawat.
  • Pastikan untuk rutin melakukan olahraga.
  • Jangan lupa minum air mineral yang cukup setiap hari.
  • Pastikan untuk mengkonsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayur agar tubuh tetap sehat dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.
  • Pastikan untuk menjaga kebersihan, terutama pada benda-benda yang sering menempel di wajah, misalnya, bantal tidur, kacamata, ponsel, dan lain sebagainya.
  • Rajin mencuci tangan agar tidak ada bakteri yang menempel di wajah ketika tangan menyentuhnya.
  • Rutin mencuci wajah dengan sabun khusus wajah terutama setelah beraktivitas di luar ruangan.
  • Jika menggunakan make up, maka pastikan untuk selalu membersihkan make-up di wajah hingga benar-benar bersih.
  • Gunakan make-up yang sesuai dengan kondisi kulit wajah dan pastikan make-up tersebut tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya bagi kesehatan kulit.

Itulah beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami yang dapat dilakukan ketika jerawat sudah terlanjur muncul di wajah. Selain menggunakan cara tersebut, lebih baik Anda juga melakukan berbagai upaya pencegahan agar jerawat tidak kembali muncul di wajah. Selamat mencoba dan baca artikel tentang kesehatan wajah lainnya hanya di sapasehatku.com ya!

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *