Cara Menghilangkan Kutil di Ketiak dengan Efektif

Pernahkah Anda mengalami kulit yang tumbuh di ketiak? Bagaimana cara menghilangkan kutil di ketiak? Kutil sendiri merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Virus penyebab kutil tersebut adalah Human Papillomavirus (HPV).

Virus HPV bisa menginfeksi siapa saja. Pada umumnya penyebaran virus ini melalui kontak langsung dengan penderita kutil lainnya. Biasanya penderita kutil ini tertular virus tersebut dari orang sekitarnya.

Munculnya ketiak di area tertentu, misalnya ketiak, sering membuat tidak percaya diri. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara menghilangkan kutil di ketiak.

Cara Menghilangkan Kutil di Ketiak Secara Alami

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan kutil secara alami. Bahan-bahan tersebut antara lain:

1. Lemon

Kulit bermanfaat untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit. Selain itu, lemon juga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan kutil di ketiak dan juga di bagian tubuh lainnya.

Kandungan vitamin C yang terdapat pada lemon berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Lemon juga bisa diandalkan untuk melawan virus yang menjadi penyebab timbulnya kutil.

Cara menghilangkan kutil di ketiak dengan lemon sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengoleskan air perasan buah lemon setiap hari. Cara ini dilakukan hingga kutil mengecil dan hilang dengan sendirinya.

2. Kulit Pisang

Selain menggunakan lemon. Cara menghilangkan kutil di ketiak juga bisa menggunakan kulit pisang. Kandungan enzim proteolitik pada kulit pisang bisa membantu menghilangkan jaringan kutil. Gunakan bagian dalam kulit pisang yang berwarna putih.

3. Cuka Apel

Cara menghilangkan kutil di ketiak berikutnya adalah dengan menggunakan cuka apel.

Cuka apel memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Kandungan asam yang terdapat dalam cuka apel dipercaya bisa mengeringkan kulit di sekitar daging tumbuh, sehingga daging tersebut akan lepas.

Baca Juga :  4 Cara Agar Ketiak Tetap Kering Sepanjang Hari

Cara menghilangkan kutil di ketiak dengan cuka apel adalah dengan mengoleskannya ke atas daging yang tumbuh. Setelah itu, perban bagian yang Anda olesi dengan cuka apel tersebut.

Setelah itu, biarkan sekitar 15-30 menit, lalu buka perban dan bersihkan kulit hingga bersih.

4. Madu

Cara menghilangkan kutil di ketiak selanjutnya adalah dengan menggunakan madu. Tidak perlu diragukan lagi bahwa madu memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat madu tersebut adalah untuk kesehatan kulit, termasuk menghilangkan kutil.

Madu memiliki kompenen alami yang bisa menutup keluarnya oksigen dari dalam kulit yang terinveksi virus kutil. Diharapkan nantinya virus tersebut akan mati secara perlahan.

5. Bawang Putih

Bumbu dapur ini bisa dijadikan salah satu cara menghilangkan kutil di ketiak secara alami. Bawang putih mengandung zat allicin yang bisa menghancurkan enzim dari virus kutil. Selain itu, sifat antivirus dan antibakteri dari bawang putih mampu membunuh virus harpes.

Cara menghilangkan kutil di ketiak dengan dengan bawang putih adalah dengan menghaluskan satu suing bawang putih.

Setelah itu, oleskan bawang putih tersebut ke bagian daging yang tumbuh, lalu bungkus dengan perban semalaman. Saat pagi hari, basuhlah bagian tersebut hingga bersih.

6. Tea Tree Oil

Tea tree oil bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan kutil yang tumbuh di bagian tubuh. Sifat antivirus dan antiseptik dari tea tree oil ini sangat ampuh untuk mengatasi virus penyebab kutil.

Cara menggunakan tea tree oil untuk menghilangkan kutil adalah dengan mengoleskan minyak ini ke kutil menggunakan cotton bud. Setelah itu, tutup bagian yang diolesi tersebut dengan plester selama semalaman. Lakukan beberapa hari hingga kutil mengeris dan terlepas sendiri.

Baca Juga :  Benjolan di Ketiak yang Harus Diwaspadai

7. Soda Kue

Tidak hanya bisa dijadikan bahan untuk membuat kue. Soda kue mengandung antiseptic dan antiradang yang berguna untuk menghilangkan kutil. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok cuka dan soda kue. Setelah itu, oleskan campuran tersebut pada kutil.

Anda bisa menggunakan soda kue ini dua kali sehari hingga kutil benar-benar hilang.

8. Air Nanas

Nanas memiliki kandunan asam dan enzim yang bisa membantu menghancurkan benjolan kutil pada kulit. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus menggunakan air nanas secara rutin agar kutil tersebut bisa cepat hilang.

9. Minyak Oregano

Minyak oregano memiliki sifat antobiotik yang mampu mengatasi bakteri dan mengendalikan infeksi. Jenis Minyak ini sering digunakan untuk menghilangkan ketil di leher, tangan, dan ketiak secara alami dan efektif.

Akan tetapi, jika Anda memiliki kulit yang sensitif,  sebaiknya hindari penggunaan minyak oregano ini. Bahan yang terkandung dalam minyak ini bisa menyebabkan iritasi dan sensasi seperti terbakar pada kulit.

10. Daun Basil

Kandungan antivirus yang ditemukan pada daun basil efektif untuk menghancurkan virus penyebab kutil. Cara menggunakan daun basil untuk menghilangkan kutil sangatlah mudah. Anda hanya perlu menumbuknya hingga halus dan beri sedikit air.

Setelah itu, oleskan tumbukan daun basil tersebut ke area kutil yang ingin dihilangkan.

Selain menghilangkan kutil dengan bahan Alami, Anda juga bisa menghilangkan kutil secara medis.

Cara Menghilangkan Kutil Secara Medis

Berikut beberapa pilihan untuk menghilangkan kutil melalui medis.

1. Cantharidin

Obat ini bekerja dengan melepuhkan kutil yang tumbuh agar mempermudah pengangkatan kutil tersebut. Cara menggunakan obat ini adalah dengan mengoleskannya di atas kutil lalu biarkan hingga mengering, setelah itu tutup menggunakan plaster selama 4-6 jam.

Baca Juga :  Benjolan di Ketiak Saat Menyusui dan Penyebabnya

Setelah itu, lepas plaster dan cuci dengan air dan sabun pada area tersebut. Luka lepuh pada kulit akan terbentuk dalam 24 hingga 48 jam.

Lepuhan tersebut akan mengering bersamaan dengan lepasnya kutil dalam beberapa hari kedepan. Setelah itu, dokter akan memotong lepuhan dan kutil yang telah mati tersebut.

2. Cryotherapy

Cara ini hanya bisa dilakukan oleh dokter. Dokter akan memotong kutil Anda dengan pisau yang kecil dan tajam, setelah itu mengaplikasikan zat beku dengan lisi kapas atau disemprotkan.

Cryotherapy dilakukan dengan pemberian bius lokal untuk mencegah perjadinya rasa nyeri selama proses ini berlangsung.

3. Operasi Pengangkatan Kutil

Operasi ini merupakan operasi kecil, jaringan kulit yang terkena kutil tersebut akan dilepaskan.

4. Peeling

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengobati kutil secara medis adalah dengan menggunakan obat peeling atau pengupas kulit. Anda bisa beli obat penghilang kutil di apotik karena dijual bebes atau bisa juga dengan menggunakan resep dokter.

Pada umumnya, obat bebas yang bisa dibeli di apotik digunakan untuk mengatasi kutil yang lebih ringan. Salah satu zat yang terkandung dalam zat tersebut adalah asam salisilat. Zat tersebut dipercaya bisa menghilangkan berbagai penyakit kulit, seperti jerawat, kutil, dll.

Cara menggunakan obat tersebut adalah dengan mengompres bagian kutil yang tumbuh dengan air hangat selama beberpa menit. Setelah itu keringkan dan oleskan obat pada kutil. Diamkan selama 24-48 jam.

Itulah beberapa cara menghilangkan kutil di ketiak yang bisa Anda lakukan. Anda bisa memilih dengan bahan alami ataupun medis sesuai kebutuhan.

About admin

Check Also

pencukur bulu ketiak

Pencukur Bulu Ketiak : Tips Memilih Alat yang Baik!

Memilih alat pencukur bulu ketiak yang tepat sangat dibutuhkan. Jika Anda menggunakan alat pencukur bulu …

Leave a Reply

Your email address will not be published.