Cara Menghilangkan Noda Bekas Jerawat Dalam 1 Malam

Jerawat pasti umum terjadi pada remaja, baik perempuan maupun laki-laki. Hal ini tentu cukup menyebalkan, apalagi jika meninggalkan noda bekas jerawat. Untuk itu berikut kita ulas tips cara menghilangkan noda bekas jerawat dalam 1 malam.

cara menghilangkan noda bekas jerawat dalam 1 malam

Jerawat sendiri merupakan kondisi kulit saat folikel tersumbat oleh minyak dan kulit mati. Biasanya jerawat akan menimbulkan noda hitam bekas jerawat maupun kemerahan. Lalu menghilangkan bekas jerawat pakai apa? simak ulasan hingga akhir

Penyebab Jerawat

Sebelum kita bahas tips cara menghilangkan noda bekas jerawat dalam 1 malam, alangkah baiknya kita mengetahui apa saja sih penyebabnya. Berikut beberapa penyebab jerawat :

1. Menyentuh Wajah Dengan Tangan Kotor

Penyebab yang peratama adalah kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan yang kotor. Bakteri atau kotoran bisa menempel pada wajah dan menyumbat pori-pori, apalagi jika kamu jarang membasuh wajah. Akan membuat wajaha rentan terkena jerawat.

2. Memencet Komedo

Sebagian orang berpikir bahwa memencet komedo akan lebih mudah dalam membersihkan wajah. Namun ternyata hal tersebut menjadi salah satu penyebab terjadinya jerawat. Karena bisa melukai dan membuat jaringan kulit rentan sobek.

Apabila kebiasaan ini terus terjadi apalagi dalam kondisi kulit yang sudah berjerawat, dapat semakin menimbulkan kerusakan bahkan akan menimbulkan luka yang membekas.

3. Mencuci Wajah yang Salah

Mencuci wajah merupakan salah satu kunci untuk mencegah timbulnya jerawat. Namun memcuci wajah yang salah juga malah mengakibatkan wajah berjerawat. Apalagi jika terlalu sering mencuci wajah.

Karena hal tersebut membuat kulit iritasi dan semakin sensitive sehingga akan rentan terkena jerawat. Untuk itu, cukup cuci wajah seperlunya, jangan terlalu sering

4. Produk Tidak Cocok

Penyebab ke empat adalah produk yang tidak cocok atau tidak tepat yang mengakibatkan penumpukan komedo. Apalagi bagi pemiliki kulit berminyak. Untuk itu, pemilihan produk juga harus sesuai dengan kondisi kulit.

Baca Juga :  Ciri-Ciri Jerawat Mau Sembuh yang Biasa Dijumpai

5.Konsumsi Makanan Tertentu

Penyebab yang terakhir adalah konsumsi makanan penyebab jerawat. Seperti yang kita ketahui, memang ada beberapa makanan yang membuat kulit mudah berjerawat. Seperti makanan gorengan atau berminyak, tinggi karbohidrat, cokelat maupun kacang.

Cara Menghilangkan Noda Bekas Jerawat Dalam 1 Malam Mudah

Menghilangkan bekas jerawat pakai apa? Setelah kita ketahui penyebab timbulnya jerawat pada kulit wajah. Kita akan bahas tips cara menghilangkan noda bekas jerawat dalam 1 malam. Karena tentunya noda bekas jerawat akan cukup menggangu penampilan.

Dan membuat kita merasa sedikit insecure. Untuk itu berikut cara menghilangkan noda bekas jerawat dalam 1 malam :

1. Baking Soda

Cara menghilangkan noda bekas jerawat dalam 1 malam yang pertama adalah menggunakan baking soda. Baking soda memiliki kandungan Kristal sodium bicarbonate yang memiliki fungsi untuk mengelupas kulit mati pada wajah penyebab jerawat. Berikut langkahnya 

  • Siapkan bahan yaitu beberapa sendok the baking soda serta air secukupnya
  • Kemudian campurkan baking soda dan air hingga mengental
  • Oleskan campuran pada area bekas jerawat
  • Selanjutnya diamkan selama kurang lebih 2 menit
  • Dan yang terakhir basuk wajah dengan air hangat

Namun cara menghilangkan noda bekas jerawat dalam 1 malam ini kurang dianjurkan bagi wajah yang sensitive. Karena dikhawatirkan menimbulkan iritasi pada wajah.

2. Menggunakan Bawang Merah

Cara yang kedua yaitu menggunakan bawang merah. Bawang merah memiliki kandungan antimicrobial yang berkhasiat melawan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat. Jadi selain bisa menghilangkan bekasnya juga bisa mencegah terjadinya jerawat.

Cara alami menghilangkan jerawat dan noda jerawat menggunakan bawang merah juga cukup mudah. Berikut langkahnya :

  • Siapkan bawang merah, dan kupas kulitnya
  • Parut bawang merah yang sudah dikupas hingga halus
  • Kemudian oleskan pada area berjerawat dan bekasnya 
  • Tunggu selama kurang lebih 5 menit
  • Kemudian tinggal bilas menggunakan air bersih
Baca Juga :  5 Cara Agar Jerawat Tidak Tumbuh Lagi, Dijamin Berhasil

Bawang merah mengandung antimicrobial yang mampu melawan bakteri penyebab munculnya jerawat dan menghilangkan bekasnya pada kulit.

3. Menggunakan Es Batu 

Iya menggunakan es batu, jadi tidak perlu heran bahwa ternyata es batu bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Rasa sejuk dari es batu bisa menghilangkan jerawat yang meradang. Berikut caranya :

  • Bungkus es batu menggunakan kain
  • Kemudian tempelkan es batu pada area wajah yang berjerawat maupun bekasnya
  • Ulangi hingga kemerahan pada wajah berkurang

4. Menggunakan Mentimun

Cara Menghilangkan noda bekas jerawat dalam 1 mala yang keempat adalah menggunakan mentimun. Karena yang perlu kamu ketahui bahwa ternyata mentimun memiliki beberapa kandungan yang bisa menghilangkan jerawat serta bekasnya. Bahkan flek hitam pada wajah.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, berikut langkah yang bisa kamu lakukan :

  • Parut mentimun hingga halus
  • Kemudian kamu bisa oleskan pada area yang berjerawat dan bekasnya
  • Tunggu hingga kurang lebih 5 menit dan kemudian bilas menggunakan air

5. Air Lemon

Cara alami menghilangkan bekas jerawat dalam 1 malam yang terakhir yaitu menggunakan air lemon. Kandungan disinfektan pada lemon bisa menyembuhkan infeksi. Selain itu asam pada lemon bisa membunuh bakteri penyebab jerawat pada kulit. Berikut cara pembuatannya:

  • Peras lemon hingga mengeluarkan air
  • Kemudian tambahkan sedikit air agar wajah tidak terlalu perih 
  • Oleskan campuran tadi pada area wajah yang berjerawat dan bekasnya
  • Tunggu hingga satu malam
  • Dan basuh wajah pada pagi harinya

Seperti penggunaan baking soda, menghilangkan bekas jerawat menggunakan air lemon kurang dianjurkan pada kulit wajah yang kering dan sensitive. Untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit.

Obat Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Obat apa yang bisa menghilangkan jerawat dan bekasnya? Jadi apabila kamu sudah melakukan cara alami menghilangkan bekas jerawat diatas namun kurang bekerja pada kulit kamu. Kamu bisa mencari alternative obat untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Baca Juga :  Jerawat di Alis dan Cara Mengatasinya

1. Acnes Sealing Jell

Obat acnes ini memiliki kandungan yang bisa membantu meratakan tekstur kulit kamu yang kasar akibat jerawat atau kulit mati yang menumpuk pada kulit dan bisa menyebabkan jerawat baru tumbuh. Selain itu obat ini juga kaya akan antioksidan dan anti inflamasi

2. Acnol Lotion 

Acnol lotion bisa mengeringkan jerawat sekaligus mengurangi minyak berlebih penyebab jerawat. Kamu bisa gunakan obat ini 1-2 kali sehari

3. Vitacid 0,5% Lotion

Kandungan obat satu ini mampu mengobati jerawat dan menghilangkan bekasnya serta membantu daam produksi kolagen. Dalam menggunakan obat ini sebaiknya hindari pada pagi dan siang hari atau terpapar sinar matahari.

Penutup

Itu dia penyebab jerawat serta cara alami menghilangkan bekas jerawat dalam 1 malam. Namun jika kamu telah melakukan cara alami menghilangkan bekas jerawat diatas dan masih belum mampu mengobati jerawat pada kulit kamu.

Kamu bisa mencoba 3 rekomendasi obat diatas yang bisa membantu mengurangi bekas jerawat. Semoga bermanfaat.

About admin

Check Also

cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Minyak Zaitun

Penasaran seperti apa cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun? Zaitun ialah minyak alami yang diekstrak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *