Cara Mengurangi Keringat Berlebih di Ketiak secara Alami

Pernahkah Anda mengalami keringat berlebih pada ketiak? Tentunya hal ini lumayan menggangu, terutama jika berada di tempat umum. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui cara mengurangi keringat berlebih di ketiak.

Sebelum masuk ke pembahasan cara mengurangi keringat berlebih di ketiak, ketahui terlebih dahulu faktor-faktor penyebabnya.

Faktor Umum Penyebab Ketiak Basah 

Secara umum ada beberapa faktor penyebab ketiak basah:

1. Panas

Penyebab keringat berlebih di ketiak yang pertama adalah cuaca panas. Berkeringat merupakan cara tubuh untuk menurunkan suhu secara alami.

Misalnya saja, ketika udara sedang panas atau setelah berolahraga, suhu tubuh akan meningkat. Dalam keadaan tersebut tubuh akan mengeluarkan keringat untuk mendinginkan tubuh.

2. Kelenjar Keringat Terlalu Aktif

Kondisi tubuh yang mengeluarkan keringat berlebih tanpa adanya pemicu disebut hyperhidrosis. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh kelenjar keringat yang terlalu aktif. Kondisi ini tentunya bisa menggangu kenyamanan, baik secara fisik maupun emosional.

Selain itu, ada pula kondisi yang disebut axillary hyperhidrosis, yaitu keringat berlebih di sekitar ketiak. Kondisi ini membuat penderitanya tidak percaya diri menggunakan pakaian berwarna terang. Noda keringat akan tampak jelas dan bisa membuat pakaian cepat rusak.

Keringat berlebih di ketiak tidak hanya menggangu penampilan, namun juga menimbulkan bau tidak sedap. Banyak orang yang menggunakan deodorant untuk mengatasi ketiak basah. Akan tetapi, terkadang bau deodorant yang bercampur keringat justru memperburuk keadaan.

Oleh sebab itu, cara mengurangi keringat berlebih di ketiak perlu diketahui oleh setiap orang.

6 Cara Mengurangi Keringat Berlebih di Ketiak

Berikut cara mengurangi keringat berlebih di ketiak tanpa menggunakan produk deodorant, ala Sapasehatku.

1. Mencukur Ketiak

Mengatasi keringat berlebih di ketiak dapat dilakukan dengan mencukur rambut pada ketiak. Pada umumnya rambut memiliki kelembapan yang tinggi, termasuk rambut ketiak. Bagi Anda yang mengalami keringat berlebih di bawah lengan, maka mencukurnya sangatlah penting.

Baca Juga :  Ketiak Gatal, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mencukur ketiak bisa menyebabkan produksi keringat lebih sedikit. Selain itu, mencukur ketiak juga bisa mengurangi bau yang berhubungan dengan keringat.

2. Mengeringkan Ketiak Setelah Mandi

Setelah mandi, tunggu beberapa menit sebelum berpakaian untuk mengeringkan ketiak. Tindakan ini penting dilakukan jika Anda mandi menggunakan air panas atau hidup di iklim yang lembab atau panas.

Mengeringkan tubuh sebelum berpakaian dapat membantu mencegah ketiak berkeringat. Sebaliknya, membiarkan ketiak tetap basah saat berpakain akan menambah kelembaban ketiak. Dengan demikian akan menimbulkan bau ketiak.

3. Menggunakan Pakaian Longgar dan Menyerap Keringat

Memakai pakaian yang ketat bisa menimbulkan noda ketiak di baju. Hal ini juga bisa membuat Anda lebih banyak berkeringat. Cobalah menggunakan pakaian yang lebih longgar dan bisa menyerap keringat.

Pakaian tersebut akan membuat ketiak lebih dingin dan mencegahnya berkeringat lebih sehingga menimbulkan noda pada pakaian. Selain itu, Anda bisa memilih pakaian dengan kain ringan, tipis dengan pori-pori yang baik.

Hindari menggunakan pakaian berwarna gelap saat berada di cuaca panas, karena pakaian tersebut lebih mudah menyerap panas.

4. Menghindari Makanan Pemicu Keringat

Beberapa pilihan makanan mungkin perlu Anda hindari untuk mencegah keringat berlebih. Salah satu makanan pemicu keringat ketiak adalah makanan pedas.

Hal ini dikarenakan tubuh bereaksi terhadap makanan pedas dengan cara mengeluarkan keringat untuk menurunkan panas akibat makanan pedas.

5. Mengonsumsi Makanan yang Bisa Mengurangi Keringat

Beberapa makanan dapat mengurangi jumlah keringat yang diproduksi tubuh. Hal ini dikarenakan makanan-makanan tersebut dapat menenangkan kelenjar keringat yang terlalu aktif.

Makanan penurun keringat dapat berupa air, dengan kandungan kalsium tinggi. Minum banyak air dan makan makanan dengan kadar air tinggi bisa membantu tubuh tetap dingin dan menceah keringat pada ketiak yang berlebihan.

Baca Juga :  Jamur Pada Ketiak : Gejala, Pencegahan, dan Cara Atasi

Selain itu, Anda bisa mengonsumsi pisang, sayuran dan buah-buahan dengan kadar air tinggi. minyak zaitun, gandum, dan teh hijau juga bisa membantu mengurangi keringat berlebih.

6. Menghindari Kafein 

Kafein dapat merangsang sistem saraf dan meningkatkan produksi keringat. Selain itu juga menyebabkan tekanan darah naik, meningkatkan detak jantung, dan merangsang kelenjar keringat bekerja lebih tinggi.

Demikian faktor yang menyebabkan ketiak basah secara umum dan cara mengurangi keringat berlebih di ketiak. Semoga bisa membantu Anda mengatasi permasalahan ketiak basah sehingga membuat Anda lebih percaya diri.

About admin

Check Also

jamur pada ketiak

Jamur Pada Ketiak : Gejala, Pencegahan, dan Cara Atasi

Ketiak yang terasa gatal tentunya membuat membuat tidak nyaman, terlebih saat berada di keramaian. Anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published.