Ciri-ciri Benjolan di Ketiak Karena Kanker, Waspada!

Pernahkah Anda mengalami benjolan di ketiak? benjolan di ketiak pada umumnya tidak berbahaya, namun tidak menutup kemungkinan berbahaya karena merupakan tumbuhan kanker. Kali ini akan dibahas ciri-ciri benjolan di ketiak karena kanker.

Berdasarkan Ukuran

Benjolan biasa ukurannya tidak membesar atau tetap sama. Sedangkan ciri-ciri benjolan di ketiak karena kanker memiliki ukuran yang cenderung membesar. Bahkan benjolan tersebut bisa saja berdarah.

Berdasarkan Letaknya

Pada umumnya, benjolan biasa hanya terletak di satu area saja. Sedangkan letak benjolan kanker payudara adalah di ketiak dan payudara karena jaringannya masih terhubung.

Pada kanker kelenjar getah bening, kanker tersebut disebabkan oleh mutasi sel-sel darah karena berkurangnya daya tahan tubuh. Gejala dari kanker ini adalah munculnya benjolan di ketiak, leher, dan selangkangan. Sehingga, area munculnya benjolan tersebut tidak hanya di ketiak.

Berdasarkan Kepadatannya

Ciri-ciri benjolan di ketiak karena kanker adalah benjolan keras di ketiak jika ditekan. Sedangkan jika benjolan terasa lunak ketika ditekan, maka benjolan tersebut bukanlah tanda kanker.

Melakukan Tes Keakuratan

Cara paling efektif untuk mengenali benjolan kanker adalah dengan melakukan beberapa pemeriksanaan, seperti pemeriksaan fisik, imagin, histopatopolgi atau biopsy.

Pada umumna dalam kasus kanker payudara, benjolan akan muncul di payudara dan juga ketiak. melalui ultrasonografi (USG) payudara, maka hasil pemeriksaan bisa memberikan gambaran apakah benjolan tersebut jinak, mencurigakan, ataupun ganas.

Risiko kanker payudara ini disebabkan oleh beberapa faktor.

Faktor Risiko Kanker Payudara

Ada beberapa faktor risiko kanker payudara yang tidak bisa dihindari, misalnya saja faktor genetik, usia, dan lainnya. Berikut beberapa faktor tersebut:

1. Faktor Genetik

Faktor penyebab kanker payudara ini memiliki kemungkinan terjadi kanker payudara sebesar 5-10%. Akan tetapi, ada juga penderita kanker payudara yang tidak memiliki riwayat keluarga dengan penyakit tersebut.

Baca Juga :  Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami

Hal tersebut bisa diakibatkan oleh faktor lingkungan, sehingga kanker ini bisa dicegah melalui gaya hidup yang sehat.

2. Faktor Usia

Risiko kanker bisa semakin besar pada wanita berusia tua. Pada umumnya kasus kanker payudara ini ditemukan pada wanita berusia di atas 50 tahun.

Selain itu, penyakit ini juga memiliki risiko besar pada wanita yang mengalami menstruasi pertama kali pada usia di bawah 12 tahun.

3. Faktor Kehamilan

Wanita yang pertama kali mengalami kehamilan pada usia di atas 30 tahun dan tidak menyusui memiliki kemungkinan terkena kanker payudara lebih tinggi.

4. Faktor Lain

Faktor lain yang memiliki risiko kanker payudara adalah memiliki riwayat kanker payudara atau kanker ovarium sebelumnya. Selain itu, paparan radiasi di area dada pada usia anak-anak dan remaja juga memiliki risiko terkena kanker payudara.

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan tentunya kita harus mencegahnya.

Cara Mencegah Kanker Payudara

Beberapa cara mencegah kanker payudara adalah sebagai berikut:

1. Menjaga berat badan tetap ideal

Wanita dengan berat badan berlebih atau obesitas setelah masa menopause memiliki risiko kanker payudara 20-40% lebih tinggi diandingkan wanita dengan berat badan normal.

2. Mengonsumsi makanan sehat

Memiliki pola makan yang sehat sangatlah penting. Untuk makanan pencegah kanker payudara, Anda bisa mengonsumsi buah, sayuran, kacang-kacangan (termasuk kacang kedelai, minyak sehat), dan antioksidan tinggi.

Selain itu, menghindari makanan yang banyak mengandung lemak juga berperan penting dalam menghindari kanker payudara.

3. Melakukan pola hidup sehat

Pola hidup sehat yang dapat Anda lakukan contohnya rajin berolahraga, berhenti merokok, dan membatasi minuman beralkohol.

4. Menyusui bayi secara teratur

Menyusui bayi bisa membantu menurunkan risiko kanker payudara hingga 16%. Hal ini dikarenakan menyusui bisa membantu keseimbangan hormone, mencegah paparan zat pemicu kanker, dan juga menghindari kerusakan sel payudara.

Baca Juga :  6 Cara Menghilangkan Lemak di Bawah Ketiak, Efektif!

Demikian ciri-ciri benjolan di ketiak karena kanserta cara menghindarinya. Semoga Anda bisa terhindari dari kanker payudara ini.

About admin

Check Also

pencukur bulu ketiak

Pencukur Bulu Ketiak : Tips Memilih Alat yang Baik!

Memilih alat pencukur bulu ketiak yang tepat sangat dibutuhkan. Jika Anda menggunakan alat pencukur bulu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *